Apr
12th

Hidup dengan segala sesuatu yang dimiliki belum tentu mengatasi perasaan kesepian, kesendirian dan (bahkan) depresi. Seseorang yang hidup sendiri, cenderung mudah merasa kesepian, sehingga mudah terkena depresi. Demi Moore yang sempat keluar-masuk pusat perawatan akibat depresi setelah bercerai dengan Aston Kutcher, merupakan salah satu contoh ketika seseorang hidup sendiri, kesepian, cemas dan akhirnya menjadi depresi. Hasil penelitian yang dipublikasikan jurnal BMC Public Health, menunjukkan bahwa orang yang memilih hidup sendiri cenderung  dapat terkena depresi 80 % lebih tinggi dibanding orang yang hidup bersama dengan orang lain. Menurut Laura Pukki-Raback dari Finnish Institute of Occupational Health di Halsinki, factor risiko utama depresi pada pria adalah kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, kurangnya dukungan dari tempat kerja atau kehidupan pribadi mereka, sedangkan factor risiko utama depresi pada perempuan adalah sosiodemografi, seperti rendahnya pendapatan dan kurangnya pendidikan. Untuk itu hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegah depresi adalah bagaiman cara mengatasi perasaan kesepian. Berikut ini tips bagaiman mengatasi perasaan kesepian Anda :

1. Menyibukkan Diri. Salah satu cara termudah untuk mengisi kesepian adalah menyibukkan diri Anda dengan bermacam-macam kegiatan. Misalnya, merawat orang lain, seperti mengasuh anak atau keponakan, memelihara binatang, atau mengajar. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan diri sebagai relawan di lingkungan tempat ibadah, sekolah khusus, rumah singgah, dan kegiatan positif lainnya . Jika Anda gemar menulis, kenapa Anda tidak mencoba membuat blog?

2. Terlibat Dengan Komunitas Tertentu. Buatlah suatu kegiatan yang dapat melibatkan Anda dengan suatu komunitas tertentu. Bacalah surat kabar dan majalah sesering mungkin untuk mencari berita konser music, pameran budaya, atau seminar-seminar yang menarik untuk dihadiri. Di tempat itu, Anda akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda, sehingga Anda memiliki teman untuk berbagi. Cara lain yang bisa Anda tempuh adalah dengan bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan hobi Anda, misalnya komunitas sepeda atau komunitas fotografi. Banyak agenda-agenda kegiatan positif yang bisa Anda ikuti dari komunitas-komunitas tersebut. Padatnya kegiatan ini, dapat membuat Anda merasa asyik dengan dunia Anda.

3. Bekerja Lebih Keras Sehingga Mudah Tidur. Salah satu indikator paling umum dari rasa kesepian adalah gangguan tidur, misanya butuh waktu lebih lama untuk tidur, berulang kali terbangun, dan merasa mengantuk sepanjang hari. Kurang tidur, dengan sebab apapun, bisa menurunkan mood, membuat Anda mudah jatuh sakit, dan kekurangan energy.

4. Kenali Bagian Yang Hilang dari Diri Anda. Membuat banyak rencana dengan teman-teman ternyata tidak mengurangi rasa kesepian. Semakin memahami hal yang tidak Anda dimiliki, maka semakin besar jalan keluar yang bisa Anda temukan.

5. Buat Komitment Untuk Berinteraksi Dengan Orang Lain. Emosi negative, seperti perasaan kesepian, iri hati dan rasa bersalah, memainkan peran penting dalam memperoleh kehidupan yang bahagia. Emosi tersebut merupakan tanda penting yang harus direspon. Perasaan kesepian yang dialami seharusnya mendesak seseorang untuk segera berhubungan dengan orang lain.



Related Post


  • Tips Mudah Atasi Chubby Dengan Riasan Cerdik
  • Tips Jitu Mengatasi Menangis Di Kantor
  • Tips Mencegah Stroke di Usia Muda
  • Tips Cerdik Mengatasi Salah Kostum
  • Tips Mengenal Psikologi Warna Busana Kerja

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner