Dunia bergerak sangat dinamis, kebutuhan dan keinginan manusia semakin beragam. Hal ini membuka banyak peluang kerja baru. Sebagai contoh, dulu profesi event organizer belum terlalu diminati. Kini, banyak perusahaan berlomba-lomba mengadakan acara promosi dengan menggunakan jasa event organizer. Maklumlah, persaingan semakin ketat, sehingga pengenalan produk harus dilakukan dengan beragam cara, termasuk di antaranya membuat acara  yang bisa menyenangkan para klien. Fenomena ini bukan hanya terjadi pada bidang event organizer, tetapi juga terjadi pada bidang bisnis lainnya. Karena itu kemampuan memprediksi dan melihat peluang trend di dunia kerja sangat penting untuk meramalkan kebutuhan terhadap skill yang Anda miliki oleh dunia kerja. Ini akan membantu Anda menentukan arah perjalanan karir. Menurut National Association of Colleges and Emplyoyers’ Job Outlook di Amerika Serikat, berikut ini bidang- bidang profesi yang akan booming di tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Mula-mula booming di Negara-negara maju, lalu Negara berkembang seperti Indonesia akan segera mengikuti:

1. Customer Service Representative. Bidang pekerjaan ini memerlukan kemampuan berkomunikasi yang baik, menguasai minimal 2 bahasa (bahasa ibu dan inggris), tanggap dan memiliki kesabaran menghadapi keluhan konsumen.

2. Network System & Data Communication Analyst. Profesi ini berkembang karena pekerjaan zaman sekarang kerap melibatkan jaringan intenet. Bureau of Labour Statistics di Amerika Serikat menyebutkan, selain network dan data communication analyst, tenaga web developer dan administrator juga banyak dibutuhkan di tahun-tahun mendatang.

3. Computer Software Engineer. Bertahun-tahun lalu, orang mengetik dengan bermodalkan mesin tik. Sekarang, bisa dipastikan semua kantor, baik kecil maupun besar, sudah menggunakan computer. Para pakar percaya, bidang pekerjaan ini akan terus berkembang bahkan hingga 15 tahun mendatang.

4. Creative Art. Persaingan di dunia bisnis semakin ketat di tahun-tahun mendatang. Produk dan jasa berlomba-lomba menonjolkan dirinya, bukan hanya dalam bentuk acara ramah tamah dengan klien atau konsumen, mereka juga memasang iklan komersial. Creative art memiliki kontribusi besar untuk kebutuhan ini. Creative art meliputi bidang desain grafis, penulis kreatif, art photo dan art video.

5. Management Analyst. Untuk bisa bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat, para pemimpin perusahaan bukan cuma perlu beriklan. Mereka juga butuh seorang penasehat manajemen yang ikut memetakan arah bisnis dan kebijakan perusahaan.

6. Casual Dining Anda Fast Food expert. Bisnis makanan adalah bisnis yang tidak akan pernah mati. Apalagi jaman sekarang, saat restoran tumbuh subur di mana-mana. Di mall, hotel, dan pinggir-pinggir jalan. Ahli di bidang ini akan terus tumbuh dan banyak dibutuhkan. Mereka bisa menempati posisi sebagai manajer atau direktur food and beverage.

7. Sales & Marketing. Bidang ini termasuk bidang profesi yang tergolong “tua”. Meski demikian, tenaga penjual akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun. Tidak sedikit orang yang menjadi milyuner di bidang ini. Yang penting, And harus pandai berinovasi dan berkomunikasi.

8. Healthcare Expert. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan semakin tinggi. Otomatis, profesi bidang kesehatan semakin dibutuhkan dan diminati. Yang termasuk bisang pekerjaan ini adalah ahli gizi, instruktur olahraga, dokter, perawat, dan tenaga managemen rumah sakit.

Sumber



Related Post


  • Tips Mudah Memulai Profesi Sbg Penulis Profesional
  • Tips Cermat Memilih Jurusan Kuliah
  • Tips Cepat dan Alami Mengatasi Suara Serak
  • Tips Lengkap Seluk Beluk Profesi Disk Jockey (DJ)
  • Tips Cerdas Tampil Cerah Untuk Kulit Gelap

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner