Feb
13th

Tips Tepat Membeli Sofa

Feb 13th, 2012 | By | Category: Tips Rumah Tangga

Sepotong benda yang dapat segera menarik perhatian dalam sebuah ruang duduk adalah sofa. Baik sofa dalam bentuk satu set lengkap maupun hanya sebuah sofa dengan 1, 2 atau 3 seater dan tambahan beberapa kursi yang serasi. Karena sofa dapat berpengaruh terhadap keseluruhan dekorasi interior ruang Anda, sebaiknya berikan prioritas utama saat akan membelinya. Bagaimana pun juga, membeli sofa yang berkualitas serta merawatnya dengan baik adalah investasi yang berharga. Membeli sebuah sofa tentu harus mengeluarkan dana yang cukup besar. Oleh karenanya, berikut ini adalah pertimbangan-pertimbangan yang perlu Anda lakukan sebelum membeli sofa:

1. Sesuaikan besar sofa, meja dan kursi pendampingnya (jika ada) dengan ukuran ruangan berikut benda dekorasi lainnya. Jangan sampai area tersebut menjadi sempit untuk berlalu lalang.

2. Perhatikan tinggi punggung sofa. Apakah menghalangi keserasian pandang sat Anda ingin menikmati pernik dekorasi lainnya, seperti lukisan, patung atau lampu-lampu.

3. Sesuaikan dengan pilihan gaya dekorasi secara keseluruhan dan tempat dimana sofa akan diletakkan. Jika diletakkan di ruang tamu yang formal, pilihlah sofa yang tidak terlalu empuk., sebab tamu yang duduk akan kesulitan bangkit dari duduknya. Mereka akan ‘tenggelam’ ditelan sofa empuk Anda. Sebaliknya untuk ruang keluarga, pilih sofa yang tidak bergaya formal, namun lebih empuk, memiliki bantal, dan nyaman untuk beristirahat.

4. Perhatikan bentuk sofa. Saat duduk, telapak kaki harus bisa menginjak lantai dan tidak menggantung. Begitu juga dengan ‘kedalaman’ sofa, harus cukup untuk menampung seluruh badan saat duduk. Bila sofa memiliki bagian untuk meletakkan lengan, pilih yang cukup tingginya dan nyaman. Begitu pula dengan posisi punggung sofa: tidak terlalu tegak dan juga tidak terlalu miring.

5. Bahan pembungkus sofa sangatlah bervariasi. Mulai dari katun, denim, kanvas, polyster, kulit sintetis, sutera, beludru atau kulit asli. Semua bahan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahan dari kulit asli misalnya, bisa awet puluhan tahun, asalkan dirawat dengan benar. Atau bahan dari kain katun, mempunyai aneka ragam corak yang cantik, namun cepat robek.

Sumber



Related Post


  • Tips Praktis Hilangkan Bau Asap Rokok
  • Tips Tepat Memilih Shampoo
  • Tips Cerdas Memilih Membeli Televisi
  • Tips Mencicil Rumah Agar Kantong Tidak Bolong
  • Tips Memilih Membeli Atau Mengontrak Rumah

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner