Jan
16th

Tips Tampil Fotogenik di Kamera

Jan 16th, 2012 | By | Category: Tips Gaya Hidup

Apakah Anda suka mengoleksi foto diri untuk portfolio pekerjaan? Atau sekedar gemar bereksperimen foto untuk dipasang  di profile picture, situs jejaring sosial atau smartphone? Mungkin sebagian dari Anda seringkali kurang puas dengan hasil pengambilan gambar dari kamera karena tidak sesuai dengan harapan Anda, sebagian yang lain, harus mengambil ulang beberapa kali untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna. Untuk mendapatkan hasil pengambilan gambar yang sempurna dan menarik (fotogenik atau camera face) melalui kamera,  simak tips berikut ini:

1. Ekspresi dan Fokus Mata. Dalam pemotretan, seringkali pengarah gaya meminta model untuk ‘mengisi mata’. Maksudnya adalah sorot yang ekspresif saat menatap kamera. Tatapan yang terlihat kosong akan memberi kesan ‘kurang hidup’. Bukan dengan membelalakkan mata, namun cobalah bicara dengan pikiran dan hati Anda, maka mata Anda akan lebih ekspresif. Berkaca di depan cermin sangat membantu melatih ekspresi.

2. Bahasa Tubuh. Si Sekolah modeling, menjaga postur tubuh saat duduk, berdiri, berjalan  dan cara berbicara memiliki nilai penting. Hal ini menunjang bahasa tubuh saat berpose di depan kamera dalam sebuah sesi pemotretan. Gerakan akan terlihat luwes, elegan dan tidak kaku, sehingga memudahkan pengarah gaya dan fotografer untuk menghasilkan foto yang bagus sesuai busana yang dikenakan. Contohnya, untuk pemotretan dengan busana kebaya, tidak mungkin berpose gagah. Hal ini bisa dilatih sendiri dengan mengubah kebiasaan.

3. Penampilan Serasi. Selain wajah segar, make up dan penataan rambut yang menunjang, model busana yang sesuai dengan bentuk tubuh dan warna kulit, juga memberi banyak pengaruh terhadap hasil pemotretan. Hindari berfoto dengan busana yang membuat Anda terlihat lebih gemuk atau terlihat lebih pendek. Carilah referensi dari majalah fashion atau acara TV sebagai inspirasi untuk mencoba gaya berbusana , bahkan pose yang cocok dan bagus.

4. Jangan Mengandalkan teknologi. Walaupun teknologi  digital imaging mampu menyempurnakan hasil foto, sebaiknya merias wajah tetap perlu dilakukan secara manual untuk menunjang hasil akhir. Biasakan mengaplikasikan riasan dengan halus dan membaur. Karena, inti dari merias wajah adalah menonjolkan kelebihan dan menyamarkan kekurangan pada wajah.

5. Percaya Diri. “Percaya diri, bahwa semua kekurangan dan kelebihan tiap individu merupakan anugerah. Hal ini yang membuat seseorang menjadi unik dan menarik,“ ujar Paula Verhoeven, model dan peragawati Indonesia yang memiliki tinggi tubuh di atas 180 cm. Tanpa keyakinan tersebut, sebuah foto tidak akan menghasilkan sebuah karya yang maksimal.

6. Kesegaran Kulit. Kulit wajah yang terlihat segar dan terawat, sangat bersahabat dengan mata kamera. Jika pemotretan akan berlangsung keesokan harinya, hindari tidur larut malam, karena akan mengakibatkan kulit lebih berminyak dan layu. Untuk mengatasi masalah ini, Bennu, make up artist selebriti, membagikan rahasianya, “Basuh wajah dengan air dingin di pagi hari, karena akan membantu ‘membangunkan’ kulit dan mengecilkan pori. Setelah itu pakailah pelembab wajah.”



Related Post


  • Tips Praktis Merawat Kamera
  • Tips Mudah Memilih Kamera Digital Untuk Pemula
  • Tips Menguasai Spesifikasi Dasar Kamera Digital
  • Tips Tepat Memilih Tas Kamera Untuk Beriwisata
  • Tips Memaksimalkan Hasil Foto Melalui Efek Dinamis

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner