Ruang kerja masa kini dirancang seefisien mungkin. Bahkan kadang tak menyisakan ruang privacy. Pada rancangan ruang kerja bersama modern, ruang kerja masing-masing pegawai hanya dibatasi oleh partisi pendek berukuran sekitar 2 x 1  meter, dengan ketinggian partisi yang bervariasi, antar 1 hingga 1.5 meter. Hal ini bertujuan untuk memudahkan penataan serta komunikasi dan interaksi antar pegawai. Namun disisi lain, privacy pegawai menjadi semakin berkurang. Pahami etikanya agar kenyamanan kerja antar rekan kerja tidak terganggu:

1. Silence Please. Gunakan nada suara seakan-akan Anda berada di ruang perpustakaan. Tidak semua orang bisa mendengar suara keras. Banyak pula yang suka suasana tenang, dan tida bisa berkomunikasi kerja dalam kondisi bising.

2. Hampiri Teman. Kalau Anda hendak mengajak bicara rekan kerja, hampiri dia terlebih dahulu, lalu ajak dia ngobrol. Bila dari jauh Anda sudah berteriak, rekan kerja yang lain pasti akan terganggu.

3. No Speaker Phone. Masih berkaitan dengan audio things, jangan gunakan speaker jika menelepon atau menerima telepon kantor ataupun ponsel pribadi. Selain bising, Anda tentu tidak ingin pembaicaraan pribadi Anda terdengar oleh seisi ruangan, bukan?

4. Setting Ringtone. Tidak salah kalau Anda suka pada ringtone telepon seluler Anda. Pasti Anda akan memilih lagu atau suara favorit. Hal ini jadi masalah, kalau diset sangat keras sehingga bisa terdengar ke seluruh ruangan ketika ada telepon masuk. Apalagi kalau lagu ringtone yang Anda pilih, tidak sesuai selera rekan kerja yang lain.

5. Jangan Tinggalkan Handphone di Meja. Jangan pernah meninggalkan handphone dalam waktu lama, sebut saja ketika makan siang. Tidak mungkin siang hanya 10 menit, minimal 30 menit. Jadi jangan tinggalkan telepon seluler Anda di kantor dengan volume suara maksimal. Kalau Anda berada pada posisi rekan kerja Anda, pasti jengkel mendengar telepon terus berdering sementara pemilik telepon sedang pergi. Kalaupun ditinggal, set volume ringtone menjadi silent, supaya tidak ada yang terganggu.

6. Gunakan Earphone. Musik bagi sebagaian besar orang, seperti penyemangat hidup. Mendengarkan music di saat sedang stress memang disarankan para ahli. Namun bukan berarti selera music Anda pasti disukai rekan kerja yag lain. Jadi, kalau memainkan music, jangan terlalu keras. Hidup rekan kerja Anda akan nyaman jika Anda menggunakan earphone. Dan satu lagi, seseorang kadang tidak sadar ikut menyanyikan lagu yang didengarnya lewat earphone dengan suara keras. Hal ini juga bisa mengganggu tetangga sebelah.

7. Rahasia! Kaum wanita biasanya senang berkeluh kesah pada teman sekerja. Dan kalau sedang semangat bercerita, seringkali lupa kalau suaranya makin lama makin keras, sehingga akan terdengar oleh rekan kerja yang lain. Kalau sangat pribadi, lakukan di temapt yang lebih privasi, ruangan meeting misalnya. Tapi, kalau Anda mau semua orang mendengar cerita Anda, dan mereka tidak keberatan, tidak menjadi soal Anda melakukannya di ruang kerja.

8. Anti Bau. Karena terbuka, tidak ada pembatas, tidak hanya suara yang akan terdenar, bau tidak sedap pun menjadi mudah tercium. Jadi, jangan gunakan wewangian yang sangat kuat di ruang kerja. Dan juga, jaga agar bau badan Anda tidak berbau tak sedap. Kalau Anda sering tugas keluar kantor, biasanya baju pun menjadi berbau tak sedap. Karena itu, sebaiknya bawa baju ganti, minimla baju bagian atas.

9. Bersih Dari Makanan. Masih berkaitan dengan bau, jaga kebersihan meka kerja Anda dari makanan yang berbau tak sedap, belum tentu teman Anda setuju. Jangan pula menyimpan makanan di dalam laci meja, baunya akan menyebar dengan cepat. Meja kerja mencerminkan kepribadian pemiliknya. Dan Anda membawa image perusahaan. So, jaga kebersihan meja Anda reputasi Anda dan perushaan terlihat baik di mata klien.

10. Minta Izin. Meski ruangan kerja dirancang terbuka, anggap saja tidak ada pintu antara area kerja Anda dan teman Anda, namun jika Anda mengambil sesuatu jangan lupa untuk minta izin dan segera mengembalikannya. Dan jangan pula melihat-lihat meja kerja teman tanpa izin. Anda juga tidak mau meja kerja Anda dimasuki orang tanpa ijin, bukan?

11. Gunakan Messanger. Bila ingin berkomunikasi dengan rekan kerja tanpa suara, gunakan saja messanger, seperti YM atau Yahoo Messanger. Lebih jelas dan tidak mengganggu.

sumber



Related Post


  • Tips Etika Ngobrol di Kantor
  • Tips Jadi Cewek Ber-Etika Dgn 3 Kata Sederhana
  • Tips Bekerja Di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga
  • Tips Etika Resign Kerja Dengan Elegan
  • Tips Hemat Ruang Untuk Menyimpan Koleksi Buku

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner