Kata vegetarian sendiri sebenarnya berasal dari bahasa latin vegetus, yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup (jadi tak ada hubungannya dengan sayuran). Namun sebenarnya patangan memakan makanan yang berasal dari daging hewan ini adalah salah satu ajaran ahli filsafat Phytagoras, yang kemudian diikuti Plato, Epicurus, Plutarch dan ahli filsafat lainnya. Anda ingin mulai menjadi vegetarian? Jangan takut untuk mencobanya. Semua pasti ada jalannya. Memang ada orang yang bisa dengan mudah menyesuaikan diri menjadi vegan. Namun ada juga yang tidak bisa begitu saja menjadi seorang vegetarian. Berikut ini tipsanda.com akan memberikan tips 8 langkah mudah menjadi vegetarian:

1. Step #1. Pertimbangkan apa alasan Anda menjadi seorang vegetarian. Jika Anda sudha yakin, maka bersungguh-sungguhlah. Anda bisa bergabung dengan milis kelompok vegetarian. Dari kelompok ini, Anda bisa tahu banyak tentang kehidupan seorang vegetarian.

2.Step #2. Setelah mantap dengan keputusan Anda, bentuk pola makan baru secara bertahap. Misalnya perlahan konsumsi daging merah diganti dengan daging ayam.

3. Step #3. Setelah berhasil, perlahan gantilah daging ayam dengan meat substitute seperti veggie nuggets, veggie hot dogs atau veggiew burger. Sebenarnya daging pengganti ini dibuat dari jamur, tempe, tahu atau beras yang diolah dengan menambahkan aroma atau rasa daging. Jadi, rasanya sudah pasti mirip daging.

4. Step #4. Jangan lupa pilih variasi makanan. Termasuk kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan Anda memperoleh segala nutrisi yang diperlukan tubuh setelah asupan gizi dari hewan berkurang. Konsumsilah makanan segar sebisa mungkin. Setidaknya ini juga membantu proses kelengkapan asupan nutrisi pada tubuh. Makanan yang dimasak terlalu lama atau dimasak berulang-ulang, kandungan gizinya pun banyak berkurang.

5. Step #5. Jika Anda berkomitmen untuk menjadi vegetarian atau vegan, sebaiknya konsumsi makanan-makanan terbaik. Jadi, carilah maknaan organic atau Anda bisa memulai menanam bahan makanan di halaman rumah. Makan organic ini biasanya tumbuh tanpa pestisida atau atau zat kimia untuk kesuburan. Anda tak perlu khawatir denga racun darim kamanan. Lalapan juga bisa jadi pelengkap manu Anda.

6. Step #6. Tambahkan produk kacang kedelai di menu, kecuali Anda alergi terhadap kedelai. Kedelai adalah sumber protein yang bagus. Ditambah lagi kedelai memiliki kelebihan lain bagi kesehatan, yaitu membantu Anda terlindungi dari kanker.

7. Step #7. Cobalah berkreasi dengan bahan-bahan makanan. Anda bisa mencoba masakan etnik ala India, China, Thailand, Italia dan Meksiko. Masakan dari negara-negara tersebut biasanya tak berdaging.

8. Step #8. Kalau sudah nyaman dengan pola makan baru ini, teruskan. Namun, jika Anda mulai bingung dengan menu makanan, restoran vegetarian sekarang sudah banyak. Menunya pun sedap-sedap. Bisa juga Anda membeli buku resep makan vegetarian. Selain rasanya lebih pas dengan selera. Anda juga bisa lebih yakin tak ada kandungan daging di dalamnya dibanding membeli masakan jadi di luar.



Related Post


  • Tips Wisata Kuliner Unik Di Pulau Bali
  • Tips Mudah Memeliharan Ikan Dalam Kolam
  • Tips Cepat dan Alami Mengatasi Suara Serak
  • Tips Membuat Jantung Hati Dengan Seni Origami
  • Tips Mudah Memilih Kamera Digital Untuk Pemula

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner