Kampus Anda akan membuat sebuah event, sayangnya proses persiapannya mentok did an. Sudah mencari sponsor sana sini, meminta sumbangan dari para alumni, tapi dana masih saja kurang. Tenang ada cara lain, Anda kan bisa minta sumbangan dari tempat umum. Selain efektif untuk mengumpulkan dana, cara-cara ini juga membikin Anda dan teman-teman panitia yang lain semakin kompak. Berikut ini tipsanda.com akan memberikan cara cerdas bagaimana mengumpulkan dana dengan mudah:

1. Its Only A Box. Lakukan: 1) Berdiri di tempat yang sering dilalui orang seperti lampu merah atau halte; 2) Cantumkan di bagian box, nama acara yang akan Anda gelar berikut nama kampus. Jangan lupa pakai jaket almamater; 3) Minta teman-teman yang goog looking sebagai pembawa box. Jangan Lakukan: Pakaian serba terbuka dan perhiasan mencolok bagi panitia wanita.

2. Pengamen Dadakan. Lakukan: 1) Berdayakan teman-teman yang jago nyanyi dan main gitar; 2) Pilih lokasi yang ramai, misalnya sekitar jajanan pinggir jalan saat jam makan siang. Jangan Lakukan: 1) Memaksa minta bayaran walau pengunjung sudah menolak dengan halus; 2) Bergerombol saat mengemen sehingga membuat pengunjung terganggu.

3. Makanan. Lakukan: 1) Sesuaikan jenis masakan yang akan dijual dengan momen yang ada. Misalya, menu buka puasa saat bulan Ramadhal, atau brownies dan cokelat saat Hari Valentine; 2) Kalau repot memasak, sebaiknya beli makanan jadi saja. Pilih yang sudah terjamin kualitasnya, lalu naikna sedikit harganya. Jangan Lakukan: 1) Menaikkan harga terlalu tinggi, karena berharap keuntungan besar dalam waktu cepat; 2) Menjual makanan sisa kemarin dengan harga murah. Kalau ternyata sudah kadaluarsa, kan malah menambah masalah.

4. Car Wash. Lakukan: 1) Minta izin pihak kampus untuk menggelar car wash di lahan parkir kampus; 2) Pastikan juga pihak kampus mau menyediakan air dan rela tempatnya jadi becek. Jangan Lakukan: 1) Bawa  peralatan cuci mobil dari rumah; 2) Pastikan sabun yang dipakai tidak membuat cat kendaraan luntur dan spons bebas dari debu bahkan kerikil supaya kendaraan tidak tergores. Jangan Lakukan: Keasyikan main air dengan teman-teman saat mencuci mobil pelanggan (buang waktu) sehingga membikin pelanggan bête!

5. Cuci Gudang. Lakukan: 1) Kumpulkan pakaian, sepatu, dan aksesori para panitia dan kerabat yang sudah tidak terpakai untuk dijual; 2) Untuk memudahkan saat penjualan, temple label harga di setiap barang. Jangan Lakukan: Menjual pakaian yang kondisinya rusak. Misalnya: kancing baju tidak utuh, bolong atau terkena lunturan.



Related Post


  • Tips Cermat Bagaimana Mempersiapkan Dana Pensiun
  • Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan
  • Tips Lebaran Nyaman Tanpa THR
  • Tips Kreatif Mendekorasi Rumah Anda
  • Tips Menggaet Pekerjaan Melalui Portofolio Kreatif

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner