Oct
27th

Buruknya pelayanan rumah sakit dan maraknya kasus malapraktik seakan sudah menjadi fenomena keseharian di negeri ini. Maksud hati ingin mengobati sakitnya, musisi yang mantan suami Camelia Malik, Reynold Panggabean, justru mengalami koma selama 3 hari, akibat salah penanganan penyakit mag akut. Nasib lebih buruk dialami Yulia Ningsih yang harus kehilangan putri pertamanya Norma Andani Safitri akibat salah diagnose, penyakit demam berdarah didiagnosa radang tenggorokan! Menurut Dr. Marius Widjajarta, S.E., yang merupakan Ketua Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI) mengemukakan, “Pelayanan kesehatan di Indonesia memang sudah tidak berdasarkan pada kemanusiaan lagi, tapi lebih memperhitungkan segi bisnis semata. Sering kita menemui paramedic di rumah sakit yang tidak langsung memberikan pertolongan, tapi menanyakan pembiayaan dan orang yang bertanggung jawab terhadap pasien dahulu.” Lalu Apa yang bisa Anda lakukan? Berikut ini Tipsanda.com akan menguraikan 10 langkah Aman menghindari Malapraktik:

1. Satu hal yang paling penting adalah bersikap aktif dan kritis dalam mengetahui dan menentukan tindakan serta segala hal yang berhbungan dengan kesehatan Anda. Bila tidak, segeralah ganti dokter yang tidak enggan menjalankan kewajiban memeberikan informasi kepada Anda.

2. Bila bimbang dengan diagnose seorang dokter, jangan ragu mencari pendapat kedua (second opinion) atau bahkan ketiga (third opinion). Persiapkan pula mental Anda menghadapi berita terburuk.

3. Pastikan obat apa saja yang Anda minum sepengetahuan dokter, baik obat-obatan dengan resep atau yang bisa dibeli bebas. Tanyakan pula ke dokter serta petugas apotek, obat apa saja yang diberikan kepada Anda.

4. Sebelum melakukan pengobatan pastikan dokter Anda mengetahui bila Anda mengidap alergi atau rekasi terhadap suatu obat.

5. Bila harus diopname, pilihlah rumah sakit yang sering dan berhasil meangani pasien dngan penyakit seperti yang Anda derita.

6. Jangan ragu menanyakan ke paramedic tentang keamanan dan higienitas alat-alat yang dipakai, misalnya apakah mereka telah mencuci tangan atau mengganti jarum suntik dengan steril.

7. Bila Anda harus melakukan rawat jalan, tanyakan secra detail apa saja yang boleh dan tidak boleh serta perawatan yang harus dilakukan saat di rumah.

8. Bila Anda harus dioperasi, pastikan dokter Anda telah jelas mengetahui penyakit yang Anda derita dan tindakan yang harus dilakukan. Jangan ragu bersikap kritis, menanyakan detail pelaksanaan dan yang akan Anda hadapi.

9. Pastikan operasi dilakukan oleh dokter yang memeriksa Anda, bukan dokter pengganti. Bila memang harus digantikan, pastikan ia tahu tentang kondisi kesehatan Anda secara mendetail.

10. Tanyakan ke keluarga atau relasi lain yang pernah mengalami penyakit serupa yang Anda alami. Cari tahu bagaimana pengobatan yang mereka lakukan dan bandingkan dengan kondisi yang tengah Anda alami.



Related Post


  • Tips Ringan Memilih Makanan dan Minuman Diet
  • Tips Memilih Obat Alami Yang Aman & Rasional
  • Tips Aman Lembur Malam Bagi Wanita
  • Tips Alami Menghindari Gigitan Nyamuk
  • Tips Aman Merawat Busana Pesta

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner