Oct
24th

Salah satu konflik yang muncul di temapt kerja adalah sikap iri hati dari rekan kerja. Bukan tidak mungkin, situasi ini akan menghambat pekerjaan karena Anda tidak dibuat nyaman dengan sikap negatifnya tersebut. Bagaimana ya harus bersikap? Berikut ini, tipsanda.com kan menguraikan tips bagaimana si irir hati di tempat kerja:

1. Tunjukkan bahwa  Anda Tidak Ingin berkompetisi. Rasa iri hati muncul karena rekan kerja merasa mereka ada di tengah-tengah persaingan dengan yang lainnya, sebab itu rasa tidak aman dapat menjadi pemicu seseorang menjadi iri hati. Bersikaplah lebih down to earth pada rekan kerja, tunjukkan kalau Anda mengharagai hasil kerja mereka dan tidak berniat mencuri pekerjaan mereka. Sehingga mengurangi rasa cemas dan iri hati mereka terhadap Anda. Beri pujian jika mereka melakukan pekerjaan dengan baik, dan sampaikan saran dengan santun sehingga mereka bisa meningkatkan prestasi. Pastikan bahwa nada bicara Anda tidak merendahka atau terlalu agresif, karena itu akan membawa hasil sebaliknya.

2. Menghindari Pertengkaran. Meski kesal dengan sikap rekan kerja, namun penting bagi Anda untuk menampilkan kesan kalau Anda tidak terpengaruh sikapnya. Orang yang iri hati memang sengaja ingin memancing emosi, dan mereka juga sengaja ingin  memancing emosi, dan mereka juga gemar menghubung-hubungkan masalah pekerjaan dengan hal-hal yang tidak relevan. Jangan terpancing emosi. Jika rekan tersebut menyadari kalau Anda tidak terpancing, dengan sendirinya mereka akan berhenti.

3. Bersikap Hati-Hati. Orang yang iri hati kadang bertindak berlebihan, misalnya mencoba melakukan sabotase pada teman yang sukses. Jika Anda yang dicemburui, bersikaplah hati-hati. Perhatikan dan catat hal-hal yang bisa membahayakan Anda. Misalnya gossip yang menjelek-jelekkan  Anda, atau bahkan fitnah. Pastikan kalau Anda punya bukti untuk menjelaskan bahwa hal tersebut tidak benar.

4. Bersikap Profesional. Tetaplah bersikap netral dan professional terhadap rekan kerja yang iri hati. Jangan pernah membalas tindakannya dengan cara yang tidak sopan dan kasar. Bila rekan sekantor iri dengan kesuksesan yang Anda raih, tunjukkan kepada mereka mengapa Anda bisa meraih kesuksesan. Berikan mereka contoh bahwa menjadi professionalisme di kantor adalah cara nyata mencapai sukses.

5. Kasih Tahu Atasan. Jika iri hatinya menyebabkan perilaku yang sudah keterlaluan dan tidak bisa ditoleransi lagi, ada baiknya jika dibicarakan dengan atasan. Tidak perlu dengan sikpa mengadu dan mendramatisasi masalah, karena hal ini justru akan menimbulkan masalah baru lagi nantinya. Ceritakan apa adanya saja, sesuai fakta yang ada.



Related Post


  • Tips Menghadapi Persaingan Di Tempat Kerja
  • Tips Mengenal Penyebab Stres Di Tempat Kerja
  • Tips Mengatasi Pemberhentian Hubungan Kerja
  • Tips Mudah Mengelola Stres
  • Tips Peralatan Darurat Wanita Karir

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner