Oct
22nd

Ada sejumlah Negara tujuan yang banyak diminati para pelajar Indonesia untuk memperoleh beasiswa. Bentuk beasiswa umum yang diberikan langsung oleh universitas di Amerika Serikat adalah Teaching Assistanships (TA), Research Assitanceships (RA), dan Followship. Bagaimana cara memperolehnya? Berikut tipsanda akan memberikan informasinya:

1. Mendaftar langsung ke universitas yang Anda pilih dan minati.

2. Pastikan universitas yang Anda plih memberikan financial assistant pada mahasiswanya. Informasi ini bisa ditemukan di bagian admission dari web universitas. Universitas-universitas besar biasanya memberikan financial assistant, tapi tidak selalu. Itu sebab, ini perlu dipastikan dulu sebelum mendaftar. KArena tujuan Anda mencari beasiswa.

3. Setelah dipastikan universitas itu memberikan beasiswa, selanjutnya adalah mencari informasi biaya-biaya apa saja yang ditanggung mereka. Sebab, ada universitas yang menanggung semua biaya, termasuk biaya hidup selama di sana, tapi ada juga yang hanya menanggung separuhnya. Jika bertanya langsung ke bagian admission dengan berkirim email.

4. Siapkan berkas-berkas yang menjadi syarat perndaftaran, seperti ijazah, transkrip, surat rekomendasi, dan membayar biaya pendaftaran.

5. Memberikan hasil nilai TOEFL dan GRE General Test resmi dari ETS (www.ets.org). Beberapa universitas terkemuka juga mengharuskan mengambil GE Subject Test, misalnya GRE Computer Science, GRE Biology, GRE Economics dan sebagainya. Di Jakarta, cabang ETS terletak di Menara Emporium, Jl. Rasuna Said, Kuningan. Biaya TOEFL sekitar US$60 dan GRE sekitar US$120.

6. Saat mendaftar, secara otomatis Anda langsung dipertimbangkan sebagai calon penerima beasiswa. Tapi ini tidak selalu. Kadang-kadang Anda mesti mengisi form permohonan beasiswa secara terpisah. Hal in perlu dipastikan. Jangan sampai sudah mendaftar tapi belum ada form permohonan yang kemudia lupa diserahkan.

7. Mendaftar lebih dari satu universitas.Ini tak lain untuk memperbesar peluang. Meskipun professor yang Anda hubungi sudah menunjukkan tanda-tanda positif, tapi posisi Anda dibandingkan dengan pelamar-pelamar lain tetap tidak diketahui. Mendaftar 3-4 universitas yang berbeda adalah jumlah yang masih masuk akal.

8. Sekedar info, untuk mengetahui informasi lengkap mengenai kulih di Amerika Serikat, serta berbagai tawaran beasiswa full maupun partial, kunjungai situs AMINEF. Yaitu di http://www.aminef.or.id. Beberapa universitas yang memiliki banyak mahasiswa Indonesia, antara lain: Univesitas of Wincosin-Madison (http://www.wisc.edu) dan University of Washington (http://www.washington.edu). Untuk informasi tambahan tentang beasiswa ke Amerika Serika, bisa juga mengunjungi www. Amerikaserikat.com.



Related Post


  • Tips Fengshui Meraih Sukses Lewat Meja Kerja
  • Tips Mudah Menghentikan Cegukan
  • Tips Jitu Mendapat Beasiswa
  • Tips Mempersiapkan Kembali ke Bangku Kuliah Lagi
  • Tips Memperkirakan Kenaikan-Penurunan Harga Emas

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner