Reuni sekolah biasanya diselenggarakan untuk kembali menjalin tapi slaturohim yang lama terputus karena kesibukan ataupun lokasi kerja dan tempat tinggal yang saling berjauhan. Selain itu, harapan dari para peserta terhadap acara reuni adalah bisa mengingat kembali suka dan duka pada masa sekolah dulu.Suksesnya sebuah acara reuni sekolah, tidak terlepas dari perencanaan dan perancangan acara jauh-jauh hari sebelumnya. Apa saja yang perlu dipersiapkan? Ide-ide apa yang dapat menyegarkan dan mencairkan kekakuan sebuah acara reuni? Simak Tips berikut ini:

1. Kumpulkan Daftar Teman. Langkah pertama yang harus Anda tempuh adalah mengumpulkan daftar seluruh teman-teman yang akan Anda undang pada acara reuni tersebut. Anda bisa memanfaatkan jaringan pertemanan online yang kini sudah sangat familiar di lingkungan Anda, misalnya facebook atau Blackberry Messanger (BBM). Buat group di facebook atau BBM dan sampaikan maksud Anda untuk mengadaakan acara reuni tersebut. Sehingga Anda tidak perlu melakukan tatap muka langsung untuk membicarakan gagasan ini, cukup dilakukan secara online saja.

2. Bentuk Panitia Kecil. Apabila Daftar sudah terkumpul semua, dan mayoritas dari mereka setuju untuk diselenggarakannya reuni sekolah, buat segera tim kecil atau panitia kecil reuni sekolah. Tidak perlu susah-susah, sampaikan di forum Facebook atau BBM siapa saja yang mau menjadi panitia atau setidaknya mengelola  acara ini nanti. Kalau karena kesibukkan masing-masing peserta reuni masih sangat tinggi, tawarkan kesedian 2 orang sebagai contact person untuk masing-masing kota: 1)Kota sekolah Anda; 2)Kota Jakarta, karena mayoritas dari peserta reuni biasanya berada di daerah asal dan tempat merantau di Jakarta. Contact Person (CP) Chapter Daerah Asal bertugas menyiapkan sarana pendukung (tempat dan kelengakapan acara) sedangkan Contact Person (CP) Chapter Jakarta bertugas melakukan koordinasi teman-teman Anda yang berada di Jakarta, misalnya dalam hal koordinasi waktu dan dana iuran (jika dibutuhkan)

3. Tentukan Waktu  Pelaksanaan. Diskuasikan lah bersama teman-teman dalam forum online tersebut, menganai waktu pelaksanaan. Oleh karena, lokasi teman-teman Anda sudah terpisah-pisah kota atau bahkan Negara, maka sebaiknya ambil saat yang tepat dimana mereka bisa berkumpul kembali di kota asala mereka, yakni pada momen hari raya lebaran (idul fitri). Pada momen ini, biasanya orang-orang yang merantau akan mudik ke kampung halaman mereka. Pastikan lebih jauh, H plus berapa acara ini memungkinkan buat seluruh peserta reuni.

4. Kumpulkan Foto. Guna mendukung serunya acara reuni, ada baiknya, Anda mewajibkan kepada seluruh peserta reuni untuk mengumpulkan foto-foto masa lalu, yang dikirimkan secara online melalui email ata BBM Anda secara personal. Mengapa secara personal? Karena foto-foto ini akan bisa menjadi sesuatu hal yang unik ketika ditayangkan pada saat acara reuni berlangsung. Sehingga suasana nostalgia pun semakin seru.

5. Cari Lokasi Reuni. Mencari dan menetapkan lokasi reuni merupakan kewajiban dari Contact Person (CP) Chapter daerah asal.  CP tersebut sekaligus harus bisa melakukan survey harga, makanan, serta kelengkapan sarana penyelenggaraan. Berapa harga per porsi? Apa saja menu yang ditawarkan? Apa saja kelengkapa sarana yang dibutuhkan? Viewer, LCD, sound system? Apabila akan diselenggarakan di salah satu rumah peserta reuni, pastikan juga kesanggupan dan lahan parker yang tersedia.

6. Dress Code. Untuk mengemas suasana reuni yang unik, adakalanya Ada mengusulakn dress code yang akan dipakai saat reuni sekolah berlangsung. Akan menggunakan tema Batik, pakaian SD/SMP/SMA kala masa dahulu, atau memakai busana yang trend di tahun 80-an atau 90-an seperti celana baggy/Cut Bray, baju flannel, dsb.

7. Kado Silang. Siapkan acara tukar menukar kado atau lazim dikenal dengan kado silang. Acara ini biasanya mampu untuk menghangatkan suasana karena ada unsur penasaran terhadap kado yang akan diterima dari teman-teman Anda. Anda bisa menyiapkan kado silang berupa: Buku Pelajaran ‘Favorit’ ketika sekolah dulu, topi SD masa itu, atau barang-barang khas dari kota Anda apabila Anda seorang perantau yang sudah tidak tinggal di kota diman sekolah Anda berada.

8. Tukat Cerita Seru.  Sebagai pengisi Acara reuni, selain acara ‘kesan-kesan’ dan  ‘ceritakan diri Anda’ yang sudah menjadi menu wajib acara reuni, sampaikan pada forum terlebih dahulu (agar mereka benar-benar mempersiapkannya) cerita-cerita seru atau saru semasa sekolah dulu, yang mungkin merupakan hal tabu untuk diceritakan ketika sekolah dulu, atau rahasia lucu atau asmara teman sekola Anda, dan masih banyak lagi.

9. Bintang Tamu. Jangan lupan untuk menghadirkan bintang tamu dalam acara reuni tersebut. Siapa dia? Dia bisa jadi merupakan Mantan Guru Fovorit, Wali Kelas Anda, Mantan Guru Anda yang paling ‘killer’ ketika itu, dan sebagainya. Mintalah pendapatnya mengenai masing-masing peserta reuni ketika masih bersekolah dulu. Sebagai balas budi atas jasanya selama Anda dibimbing olehnya, maka tidak ada salahnya Anda dan teman-teman memberikan kenang-kenangan pada Beliau pada momen ini.

10. Foto Bersama. Last but Not least, pastikan bahwa acara ini diakhiri dengan acara foto bersama, lengkap dengan ‘bintang tamu’ yang diundang. Sehingga acara ini bisa menjadi sebuah kenang-kenangan manis bagi siapa pun yang hadir pada momen acara reuni sekolah ini.



Related Post


  • Tips Memantau Perkembangan Anak di Sekolah
  • Tip Cermat Memilih Pra-Sekolah Untuk Si Kecil
  • Tips Sukses Berburu Sekolah Idaman Untuk Buah Hati
  • Tips Sukses Membuat Pesta Amal
  • Tips Fengshui Meraih Sukses Lewat Meja Kerja

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner