Posisi tubuh yang salah ternyata bisa bermuara pada ganguan kesehatan serius. Ahli ortopedi dan toumatologi, dr. Luther Gatam, Sp. OT, sering menemukan pasien yang datang dengan keluhan fisik akibat kebiasaan postur tubuh yang salah. “Ini terjadi karena kebanyakan orang terbiasa ‘memanjakan’ postur tubuhnya,” ungkapnya. Memang sih kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa memberikan kenikmatan instant, tapi dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah serius. Kebiasaan posisi dan sikap tubuh yang salah dan berlangsung lama ini, slah satunya bisa menimbulkan skoliosis, yakni keadaan tulang belakang yang membengkok atau melengkung ke arah samping. “Jujur, sampai sekarang tidak ada satu cara pun untuk mengembalikan gungsi tulang belakang penderita skoliosis ke kondisi normal, kecuali melaui operasi, atau mengenakan alat penyangga (brace). Pilates, Yoga, chiropractic, atau terapi berenang merupakan terapi bagus yang ‘hanya’ meringankan rasa nyeri yang timbul,” tambah Luther. Lalu posisi tubuh apa saja yang dianggap tidak aman? Bagaimana mencegahnya. Berikut ini adalah tips bagaimana membiasakan menjaga posisi tubuh dengan benar untuk kesehatan Anda:

1. Mengangkat Barang: Untuk barang yang cukup berat, biasakan untuk menekuk lutut dan jangan langsung melakukannya dengan membungkukkan badan. Gunakan kekuatan otot lengan untuk mengangkat barang tersebut dengan kedua tangan, dan jaga posisi barang sedekat mungkin dengan badan. Dengan menegakkan kaki, Anda menggunakan otot tungkai dan paha untuk melakukan pekerjaan berat ini.

2. Ketika Membawa Tas Berbeban Berat: Bila mungkin, bagilah beban tas dengan menentengnya di kedua tangan, atau silangkan tali tas pada tubuh sehinga beban terbagi. Apabila Anda membawa koper beroda, sebaiknya dorong koper dengan cara yang sama seperti ketika Anda mendorong kerangjang belanjaan, yaitu di depan.

3. Saat Bangun Tidur: Masih dalam posisi terlentang, kaitkan keduan telapak tangan dan angkat di atas kepala sambari mengambil napas panjang. Ikuti dengan menghembuskan napas secara perlahan melalui mulut saat menurunkan tangan ke posisi awal. Ulangi 5 kali. Kemudian bergulinglah kea rah tepi tempat tidur, dan gunakan lengan Anda untuk mendorong tubuh ke posisi duduk sambil menjejakkan kaki di lantai. Lalu dorong tubuh untuk berdiri dengan kedua tangan. Berdirilah tegap hingga tubuh benar-benar siap untuk berjalan.

4. Saat Anda ingin relaks: Gunakan punggung sofa atau sepasang bantal untuk menyokong tulang belakang, leher, dan kepala Anda. Jaga agar posisi Anda tetap segaris dan tidak melorot. Hindari pula posisi duduk melorot (slouching), karena pada posisi ini punggung tidk bersandar pada pada kursi secara sempurna, melainkan hanya mengandalkan punggung bagian atas dan tengkuk. Akibatnya, ruas tulang belakang dan otot-oot di ekdua bagian tubuh yang seharusnya berada dalam kondisi relaks itu terpaksa harus bekerja ekstra keras demi menopang tubuh. Agar lebih nyaman, naikkan kedua kaki ke atas dan pastikan bahu Anda tidak melengkung ke dalam, sehingga Anda sulit bernafas.

5. Menelpon: Hindari menelpon dengan mengapit gagang telepon di antara bahu dan leher. Posisi gagang telepon sebaiknya disesuaikan dengan posisi dudu yang tegak, atau posisi berdiri.

6. Duduk di Ruang Kerja: Biasakan untuk duduk dalam posisi tegak dan bersandar pada punggung kursi.

7. Mengenakan Sepatu Tumit Tinggi: Sebaiknya tidak terlalu sering mengenakan sepatu bertumit tinggi lebih dari 3 inci. Apabila terpaksa, sisipi bagian dalam sepatu Anda dengan palapis khusus sepatu yang terbuat dari gel agar kaki Anda tidak tegang.



Related Post


  • Tips Aman Menjaga Sikap Tubuh Ibu Hamil
  • Tips Ringan Menjaga Kesehatan Rambut Berjilbab
  • Tips Sederhana Agar Terhindar dari Nyeri Pinggang
  • Tips Memperbaiki Posisi Tubuh di Depan Komputer
  • Tips Aman Menjaga Kesehatan Area Intim Wanita

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner