Tempat wisata, umumnya selalu menjadi tempat yang ‘nyaman’ bagi sasaran kejahatan. Kehilangan uang, paspor, dan barang-barang berharga lainnya ketika Anda sedang asyik-asyiknya menikmati obyek wisata, tentu merupakan pengalaman paling buruk! Rencana perjalanan Anda yang menyenangkan bisa berubah menjadi hal yang menyebalkan. Bisa-bisa sebagian waktu Anda hanya dihabiskan untuk mengurus berbagai hal di kantor polisi atau pihak yang berwajib lainnya. Menyebalkan bukan? Untuk itu, berikut ini tips sederhana agar Anda terhindar dari sasaran kejahatan “si tangan terampil” atau copet selama berwisata:

1. Selalu berhati-hati dan waspadalah terhadap berbagai bentuk pencurian yang dilakukan copet jika Anda berada di bus, atau tempat-tempat umum seperti café, restoran, bandara, subway (bila bepergian ke luar negeri), dan tempat-tempat wisata dan keramaian lainya. Satu hal yang penting, jangan biarkan diri Anda lengah ketika sedang asyik melihat dan menikmati obyek-obyek wisata atau sesuatu yang menarik buat Anda.

2. Tinggalkan barang-barang berharga seperti perhiasan dan uang dalam jumlah banyak di hotel tempat Anda menginap. Kebanyakan hotel (khususnya yang berbintang) menyediakan safe deposit box untuk menyimpan barang berharga Anda tersebut. Pastikan hanya Anda yang mengetahui nomor atau kunci pembukanya.

3. Barang-barang berharga tertentu yang memang tidak bisa ditinggalkan seperti paspor, kartu kredit, dan uang sebaiknya disimpan di dalam tas pinggang, ikat pinggang berkantung (money belt), ataupun tas yang dapat digantung di leher Anda. Agar lebih aman lagi memang ada beberapa orang yang menyimpannya di kantung dalam baju maupun underwear atau bra. Dengan demikian, barang berharga Anda jauh dari jangkauan atau terhindar dari tangan-tangan ‘terampil’ tersebut.

4. Jangan pernah menyimpan paspor, kartu kredit dan uang di dalam tas punggung (backpack) maupun tas tali (Strapbag). Karena saat Anda lengah, jenis tas tersebut sangat mudah untuk dijangkau atau disilet pencopet.

5. Bawa dan simpanlah sejumlah uang kecil seperlunya untuk keperluan jalan di kantung yang mudah dijangkau. Jadi, dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan dompet ketika berada di tempat-tempat ramai.

6. Jika Anda duduk, baik itu di bangku restoran, di taman ataupun di bangku bus, atau kendaraan umum lainnya, jangan sekali-kali meletakkan tas Anda yang berisi barang-barang berharga, di bawah kursi atau disisi Anda. Karena ketika Anda lengah sebentar, Pencopet akan dengan cepat dan mudah menyambarnya. Melilitkan tas di bangku juga tidak direkomendasikan karena pencopet akan lihai untuk memotong talinya dan mengambil barang Anda (banyak terjadi di Kawasan Paris, Prancis). Lebih baik letakkan tas di pangkuan Anda.

7. Jangan memperlihatkan pandangan Anda kosong atau memperlihatkan wajah yang ragu-ragu, takut atau bingung. Terlebih di tempat yang memang sama sekali baru Anda kunjungi. Pandangan seperti itu akan mengundang orang untuk berbuat kejahatan. Mereka pun tak segan untuk mendekati Anda. Pasanglah muka yang tegas dan percaya diri sehingga orang yang hendak berbuat jahat pun jadi berpikir 2 kali untuk mendekati Anda.

8. Jangan terlalu paranoid dan takut untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada. Sebab, bagaimana pun juga Anda bepergian untuk menikmati suasana tempat wisata yang sudah direncanakan tersebut. Jangan lupa, tetaplah berada dalam grup seandainya Anda bepergian dalam satu rombongan atau grup. Ini berguna untuk bisa saling membantu jika Anda mengalami kesulitan.



Related Post


  • Tips Menghindari Cinta Lokasi Saat Liburan
  • Tips Tepat Memilih Tas Kamera Untuk Beriwisata
  • Tips Jadi Cewek Ber-Etika Dgn 3 Kata Sederhana
  • Tips Cerdas Membeli Barang Bekas
  • Tips Sederhana Merawat Kulit Wajah Kering

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner