Jun
9th

Siapa yang tidak ingin impiannya terwujud, termasuk impian diterima bersekolah di universitas di luar negeri yang diimpikan. Namun, untuk masuk universitas tersebut, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Meskipun begitu, tidak ada yang tidak mungkin jika Anda berusaha. Anda tetap memiliki kesempatan untuk masuk universitas impian. Pada artikel sebelumnya dijelaskan mengenai Tips Cermat Memilih Jurusan Kuliah, nah pada artikel ini akan diuraikan lebih detail mengenai 10 tips bagaimana memiliki universitas di luar negeri:

1. Tentukan Target. Tentukan di Negara mana Anda ingin melanjutkan kuliah lagi. Di Negara tetangga saja atau ke Negara-negar di luar asia yang memberikan beasiswa lebih menarik. Jika belum mempunyai target, berarti Anda belum mempunyai titik focus. Hal ini dpat menyebabkan usaha yang Anda lakukan akan setengah-setengah. Jadi, tetapkan target terlebih dahulu!

2. Pilih Spesialisasi. Jangan lupa memikirkan bidang studi yang diinginkan. Bukan jurusan, tapi spesialisasi yang ingin ditekuni. Piliha ini dapat Anda tentukan berdasarkan bisang studi yang Anda ambil sebelumnya atau berdasarkan bidang tugas pekerjaan yang saat ini Anda geluti. Anda juga daapt memilih bidang studi yang sama sekali berbeda dari latar pendidikan, tetapi sangat Anda minati. Dari awal tentukan bidang yang Anda sukai dan banyaklah belajar tentang itu. Memilih program kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuan tentu akan lebih menyenangkan. Pada waktu belajar pun tidak akan mengalami kesulitan, bahkan menemukan kenikmatan. Satu hal dalam memilih program kuliah, walaupun cocok dengan bakat dan hobi, sebaiknya tetap harus mempertimbangkan kabutuhan pasar tenaga kerja dan trennya.

3. Pertimbangkan Bidang Studi Untuk Beasiswa. Jangan lupa mempertimbangkan kepentingan lembaga penyedia beasiswa. Buat skala prioritas mengenai bidang studi apa yang menarik minat Anda dan yang sesuai dengan arahan kebijakan penyedia beasiswa. Ini akan bermanfaat untuk pedoman Anda. Benyak Negara menawarkan beasiswa dengan kuota yang cukup besar setiap tahunnya. Misalnya, Jepang, Jerman, Prancis, USA, Swiss, Australia dan lain-lain. Rajin-rajinlah browsing internet untuk mengetahui kapanpendaftaran dibuka dan ditutup.

4. Cari informasi. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai bidang studi dan universitas idaman Anda di luar negeri, Anda perlu mencari informasi sebanyak mungkin. Gunakan internet untuk mempermudah pencarian, termasuk informasi beasiswa yang Anda butuhkan. Bisa juga mencari informasi di situs universitas. Banyak universitas di luar negeri yang menawarkan beasiswa untuk program spesifik dengan pendanaan berbasis project, kerjasama, atau foundation. Dari situs universitas, masuklah ke bagian research group. Biasanya banyak laboratorium atau kelompok peneliti yang menawarkan posisi untuk graduate student dengan dana berbasis project. Kelebihan dari cara ini adalah Anda bisa membidik langsung universitas idaman.

5. Pilihan Lokasi. Lokasi kampus sebaiknya juga menjadi pertimbangan utama, karena Anda akan kuliah dan tinggal minimal 2-4 tahun di sini. Pertimbangkan juga apakah lokasi kampus dekat dengan temapt kerja, komunitas bisnis. Cari tahu bagaimana lingkungan pergaulan, cuacanya dan lain-lain yang dianggap perlu. Anda bisa bertanya kepada saudara atau teman yang sudah tinggal disana. Bisa mencari data  lewat buku dan browsing.

6. Ranking. Untuk beberapa mahasiswa, rangking sekolah sangatlah penting, termasuk juga rangking program/jurusan pada universitas yang bersangkutan. Banyak yang beranggapan ranking menunjukkan kualitas pendidikan yang akan diterima. Pada beberapa kasus, hal ini mungkin saja benar. Namun, perlu diketahui bagaimana sebuah rangking program tersebut didepat. Contohnya, universitas yang memiliki ranking tinggi biasanya disebabkan fasilitas dan ketersediaan sumber-sumber daya lainnya di universitas tersebut. Sebagai konsekuensinya, mahasiswa harus membayar biaya yang mahal atau universitas tersebut akan menerima lebih banyak mahasiswa sehingga rasio jumlah mahasiswa dalam satu kelas menjadi besar. Akibatnya, hal ini akan membuat mahasiswa kesulitan dalam menangkap pelajaran.

7. Pebaiki Bahasa Inggris. Salah satu syarat belajar di luar negeri ataupun mendapatkan beasiswa di luar negeri adlaah memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik. Semakin bagus bahasa inggris Anda, maka semakin luas kesempatan untuk melamar ke banyak universitas. Sebagai nformasi, umumnya S2 di luar negeri mensyaratkan TOEFL PBT min. 550 atau IELTS 6.0. Ambilah tes jauh-jauh hari (sekita 2-6 bulan sebelum tenggat) supaya ketika Anda mengajukan aplikasi nanti tidak bingung dengan urusan tes ini. Jika perlu, ambil kursus bahasa asing lain, jika Anda memilih bersekolah di Negara yang tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama.

8. Rencana Studi. Buatlah study plan atau rencana belajar dan motivation letter yang bagus dan ‘menjual’. Kedua surat ini adalah poin penting dan disini Anda akan dinilaidari cara bertutur. Buatlah deskripsi yang scientific, sistematis, jujur dan mencerminkan kekuatan Anda.

9. Surat Rekomendasi. Agar lebih meyakinkan mintalah surat rekomendasi. Semakin tinggi jabatan structural perekomendasi, makin besar pula peluang Anda. Perekomendasi sebaiknya bergelar S3. Akan lebih bagus lagi jika si pemberi rekomendasi adalah kepala jurusan atau dekan (jika Anda berada di lingkungan kampus)

10. Buat Kontak. Untuk universitas yang berada di luar negeri, biasanya terdapat link Prospectus Students atau International Students yang sangat penting untuk dijajaki. Di link ini, akan dijelaskan informasi yang penting bagi mahasiswa intenasional, mulai dari bidang studi, kurikulum, tuition fee, smpai pada city/town guide. Saat membuka link universitas, usahakan untuk membuat kontak dengan staf di universitas tersebut. Mulailah denganmengirimkan e-mail kepada mereka. Perkenalkan diri dengan sopan dan nyatakan ketertarikan Anda trehadap posisi tersebut. Jangan lupa menyebutkan prestasi dan kelebihan Anda yang lain. Jika tidak dibalas, jangan putus asa, masih banyak yang lain. Memang waktu yang dibutuhkan untuk menjalin kontak ini cukup lama. Jadi siapkan kesabaran Anda.



Related Post


  • Tips Cermat Memilih Jamu Instan
  • Tips Cermat Memilih Jurusan Kuliah
  • Tips Cerdik Berkencan Secara Hemat
  • Tips Praktis Meraih Beasiswa Ke Amerika Serikat
  • Tips Cermat Kupas Tuntas Memilih Linux

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner