May
30th

Tips Sukses Bermain Saham

May 30th, 2011 | By | Category: Tips Keuangan, Tips Usaha

Modal berupa saham yang Anda tanam di suatu perusahaan akan digunakan untuk pengembangan bisnis. Ketika bisnis tersebut menghasilkan laba, Anda akan mendapatkan sebagian keuntungan sesuai dengan persentase modal yang ditanam. Apalagi jika perusahaan itu merupakan korporasi besar yang telah dipercaya. Jutaan rupiah akan mengalir ke dompet Anda setiap tahunnya. Namun, bagaimana Anda bisa memiliki akses ke perusahaan atau korporasi yang besar tersebut? Hal ini bisa dijembatani dengan cara ‘bermain saham’. Sebuah riset mengungkapkan, ”21% nasabah bank di Inggris sudah memindahkan sebagian tabungan mereka ke lantai bursa” (www. Finance-portal.com) . Karena memutar uang di pasar modal jauh lebih ‘menghasilkan’ daripada sekedar menumpuknya di Bank. Bagaimana memulainya? Berikut ini tips sukses bermain saham:

1. Membuka Rekening di Perusahaan Efek. Awali dengan memiliki rekening di perusahaan efek. Mereka nantinya akan menjadi pialang saham yang berperan sebagai perantara perdagangan antara Anda dengan perusahaan yang Anda tanam. Proses ini semudah membuka rekening tabungan di Bank.

2. Memilih Pialang Saham secara Efektif. Sebelum memutuskan Perusahaan Efek mana yang akan dipilih, sebaiknya Anda terlebih dahulu menghubungi beberapa dari mereka dan bendingkan pelayanan serta biaya yang ditawarkan. Pertimbangkan pula jenis kebutuhan, apakah Anda sekedar ingin memanfaatkan jasa pialang mereka saja atau disertai layanan tambahan seperti konsultasi investasi.

3. Masukkan Saldo. Selanjutnya, Anda harus memasukkan uang sebagai saldo yang akan digunakan oleh para pialang dalam bertransaksi saham di lantai bursa. Sekedar informasi, sepuluh juta rupiah sudah dapat Anda jadikan modal untuk turun ke lantai bursa. Cukup murah bukan?

Bagaimana Anda mengontrol uang Anda yang dipergunakan oleh para pialang di lantai bursa? Untuk membaca tren saham, Anda harus memahami trik-trik di lantai bursa. Berikut ini tipsnya:

1. Pertama. Jauhi risiko tertipu. Jangan membeli produk investasi yang tidak begitu dimengerti. Pelajari berbegai sumber informasi, seperti buku, referensi serta majaah bisnis dan keuangan, untuk membuka wawasan Anda terhadap perkembangan global.

2. Kedua. Siasati dampak krisis, ikuti pemberitaan untuk mengetahui bisnis mana yang menjanjikan di saat sulit.

3. Ketiga. Hindari kerugian besar. Kontrol perkembangan harga saham yang kini dapat dilakukan secara online melalui indoexchange, 12 investor dan Yahoo Finance.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap bermain saham?



Related Post


  • Tips Sukses Berbisnis Bersama Teman
  • Tips Cerdas Mengalokasi Aset Menurut Usia
  • Tips Memperkirakan Kenaikan-Penurunan Harga Emas
  • Tips Tepat Berinvestasi Uang Untuk Hasil Terbaik
  • Tips Bijaksana Mengatasi Anak Saat Terjatuh

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner