May
19th

Kata siapa ibu hamil (bumil) tak perlu olahraga. Olahraga pada ibu hamil bisa membantu tubuh menjadi lebih bugar agar proses persalinan lebih mudah dan lancar. Namun, tak semua olah raga cocok dilakukan ibu hamil. Sebelum melakukan olahraga, ada beberapa hal yang patut diperhatikan ibu hamil. Salah satunya tentu adanya rekomendasi dari dokter kandungan. Selain itu, 2 jam sebelum berolahraga sebaiknya sempatkan diri makan karbohidrat dan ikan serta jangan lupa melakukan pemanasan dan peregangan sekita 5-10 menit. Setelah semua persiapan selesai, berikut ini adalah beberapa olahraga yang cocok dilakukan untuk ibu hamil:

1. Berjalan Kaki. Olahraga ini bisa Anda lakukan selama 20 menit setiap hari. Lakukan dengan gerakan santai, jangan terburu-buru. Nikmati setiap langkah yang diayunkan sambil menghirup udara segar dan pemandangan yang hijau. Jangan lupa pilih medan yang berumput, tidak licin dan tidak berbatu.

2. Senam. Anda bisa melakukan olahraga yang satu ini di kelas-kelas khusus ibu hamil. Kelas seperti ini memiliki instruktur senam yang akan membantu setiap gerakan senam Anda. Apalagi, senam memiliki gerakan yang berbeda di setiap trimester kehamilannya. Jangan lupa untuk menghindari gerakan berlebihan, seperti melompat dan memutar tubuh dengan cepat.

3. Hypnobirthing. Anda mungkin baru mendengar istilah yang satu ini. Hypnobirthing merupakan cara relaksaksi dengan memberikan usapan yang bertujuan mempermudah persalinan. Selain itu, program ini pun bertujuan memasukkan pikiran positif kepada ibu hamil dengan membanyangkan hal-hal yang menyenangkan.

4. Yoga. Olahraga yang satu ini biasanya menjadi favorit para ibu hamil. Pada intinya, olahraga yang satu ini melatih otot-otot tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu, gerakan yoga pun dipercaya dapat memperlancar proses persalinan, meningkatkan kepercayaan diri, serta mampu memengaruhi keseimbangan menta dan emosional. Untuk melakukan olahraga yang satu ini butuh waktu selama 30-40 menit setiap kali latihan. Tak perlu sering-sering, cukup 2-3 kali dalam seminggu.

5. Berenang. Olahraga yang satu ini dapat menguatkan otot, melatih paru-paru, dan jantung ibu hamil. Sebaiknya Anda memilih gaya bebas dan gaya dada. Hindari melakukan gaya punggung atau gaya kupu-kupu, karena terlalu berat. Hal lain yang perlu diingat adalah lakukan gerakan dengan tenang dan santai, jangan terburu-buru.



Related Post


  • Tips Memilih/Melakukan Olah Raga Aman Saat Hamil
  • Tips Cermat Menggunakan Kosmetika Ketika Hamil
  • Tips Merawat Kesehatan Mulut & Gigi Ibu Hamil
  • Tips Selalu Nyaman Beraktifitas Olahraga
  • Tips Berpuasa Ramadan Bagi Ibu Hamil

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner