Penuaan pasti akan terjadi sesuai dengan bertambahnya usia. Tapi bila mengetahui tips untuk menundanya, wajah Anda bisa tampak lebih muda dari usia sebenarnya. Berikut ini tipsanda.com akan menguraikan 10 cara menunda penuaan:

1. Sunscreen. Sunscreen Sinar matahari adalah penyebab utama terjadinya penuaan pada kulit, karena proses regenerasi kulit yang terhambat. Karena itu, jangan hanya mengoleskan sunscreen sekali saja, tapi ulangi pemakaiannya kira-kira sejam sekali bila Anda beraktivitas di luar ruangan. Dan oleskan sunscreen di urutan terakhir saat menggunakan skin care.

2. Lakukan pengelupasan kulit seminggu sekali. Pengelupasan diperlukan untuk mengangkat sisa-sisa kulit mati yang juga sering menyumbat pori-pori dan agar moisturizer yang kaya nutrisi bisa diserap maksimal oleh kulit. Selain itu, setelah kulit mati terangkat, proses regenerasi kulit akan menjadi lebih mudah. Selain menggunakan facial scrub yang tidak mengandung bahan-bahan penyebab iritasi, bisa gunakan wash cloth halus yang selalu dijaga kebersihannya.

3. Tambah Asupan Kolagen dan Elastin. Kolagen dan elastin adalah protein yang memelihara kekenyalan, kekencangan, kehalusan, serta mendorong proses regenerasi kulit. Produksi kolagen dan elastin akan menurun seiring bertambahnya usia, karena itu Anda perlu menambah asupan kolagen dan elastin melalui produk perawatan maupun dari makanan atau minuman bernutrisi.

4. Kosmetik Dengan UV Protection. Agar Anda tidak perlu mengoleskan sunscreen berkali-kali, pilih bedak yang mengandung UV protection. Gunakan kosmetik lainnya yang mengandung UV protection, seperti foundation, bedak, lipstick, dan lip balm. Tak hanya kulit wajah yang terlindungi, tapi bibir juga.

5. Rutin Berolahraga. Tanpa Anda sadari, saat berolah raga –baik itu sekedar jalan kaki, maupun berkebun – tubuh akan terasa fit, bersemangat dan awet muda. Mengapa? Karena peredaran darah jadi lebih lancar, asupan nutrisi ke kulit pun tidak terhambat. Kulit sehat dan tampak kencang, tak hanya cantik.

6. Gunakan Produk Anti Aging. Produk anti aging bisa ditemukan dalam bentuk moisturizer, serum, eye cream hingga night cream. Rutin menggunakan produk anti aging bukan berarti kerutan dapat hilang sama sekali tapi paling tidak kerutan dapat disamarkan. Gunakan produk anti aging saat usia memasuki kepala tiga, karena biasanya di masa itulah kerutan mulai tampak terutama di daerah mata.

7. Stop Merokok. Bahaya merokok pada kulit sama buruknya dengan sinar matahari. Selain bahaya dari radikal bebas, rokok dapat mengurangi oksigen masuk ke dalam darah, yang berakibat kulit tampak kusam, kering dan tidak sehat.

8. Rutin Melakukan Facial Massage. Lakukan 4 langkah berikut (ulangi gerakan sebanyak empat kali pada tiap langkah), setiap satu atau dua kali dalam seminggu. Anda akan merasakan wajah menjadi lebih segar, kencang dan garis-garis kerutan bisa berkurang. Gunakan moisturoizer atau campuran minyak esensial sweet almond dan mandarin saat melakukan pemijatan.

9. Ganti Warna dan Model Rambut. Mengubah warna dan gaya rambut dapat memberikan kepuasan tersendiri, suasana hati pun lebih baik. Hindari warna-warna terang, karena justru akan membuat wajah tampak kusam. Coba potongan rambut di atas bahu dengan tambahan poni, wajah Anda akan tampak lebih muda dan segar.

10. Bebaskan Diri dari Stres. Saat Anda tidur tenang adalah saat darah membawa seluruh makanan bagi kulit, membuang racun dan menyuplai nutrisi ke seluruh tubuh. Di kala stress, tidur menjadi tidak tenang, akibatnya kulit tampak lelah dan kusam, sehngga Anda akan tampak lebih tua.



Related Post


  • Tips Sederhana Merawat Kulit Wajah Kering
  • Tips Praktis Tata Rias Wajah
  • Tips Praktis Menggunakan Perona Pipi
  • Tips Menghindari Penuaan Pada Otak
  • Tips Mengenal Hal-hal Yang Dilarang Setelah Peeling

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner