Bisnis produk inovatif menghasilkan karya berupa suatu produk yang belum ada di pasaran. Rata-rata bisnis yang diuraikan di sini adalah bisnis-bisnis unik yang belum ada pemainnya di Indonesia, sehingga peluang pasarnya masih terbuka sangat luas. Hampir tidak ada pesaingnya jika Anda bisa memulai sesegera mungkin. Penasaran? Berikut ini akan dipaparkan 10 bisnis produk paling inovatif di tahun 2011 ini:

1. Bisnis Sudoku Tissue Toilet. Review Bisnis: Asal Negara Jepang, website: Http:// www.hisupplier.com/a-sudoku-toilet-tissue/. Sudoku adalah sebuah permainan seperti teka-teki silang yang berupa angka, yang dapat membuat pemainnya berpikir. Permainan ini sangat popular di jepang. Jadi tujuan perusahaan pembat tisu Sudoku adalah untuk menghilangkan kebosanan orangketika sedang BAB (buang air besar) di toilet. Tisu ini banyak dimintai di Jepang. Strategi : Anda dapat memproduksi tisu dengan permainan Sudoku, teka-teki silang atau permainan lain. Anda juga dapat melakukan sedikit modifikasi pada Sudoku lalu Anda beri nama lain, misalnya 1) Membuat konsep permainan sendiri dengan meniru atau mempelajari Sudoku, 2) Mencari tempat produsen yang bisa mencetak permainan ini di atas kertas tisu tolilet,3) Melakukan kerja sama dengan pusat perbelanjaan seperti hypermarket, supermarket atau minimarket untuk pemasarannya.

2. Bisnis Burger Kaleng. Review Bisnis: Asal Negara Amerika, website: www.canburger.com. Dengan konsep yang mirip seperti daging kurban kemasan kaleng, di Amerika ada produsen yang membuat produk burger yang dikemas dalam kaleng. Umur produk juga lebih lama dibanding burger biasa. Dengan bentuk kaleng seperti ini, burger ini dapat dijual lebih luas di took ritel, supermarket, hypermarket atau minimarket. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah masa umur produk, cita rasa, dan bahan baku yang dipergunakan. Jika produk dapat dibuat dari bahan-bahan yang sehat maka dapat menjadi alternatif manarik. Strategi: Langkah-langkah untuk memulai bisnis ini adalah sebagai berikut: 1) Melakukan riset roduk burger yang bisa awet di kemas di kaleng; 2) Mencoba produk skala kecil; 3) Menghitung biaya produksi; 4) Menjual dan melakukan display produk ini ke pusat perbelanjaan modern.

3. Bisnis Minuman Khusus Anjing. Review Bisnis: Asal Negara Amerika; website: http://www.k9waterco.com. Membuat minuman khusus untuk anjing adalah ide yang sedikit nyleneh, tapi terbukti berhasil di Amerika. Minuman ini diklaim sebagai vitamin bagi anjing agar tubuh anjing sehat dan tidak mengalami dehidrasi dalam tubuhnya. Produk ini dapat Anda beli di www.k9waterco.com. Menurut CEO-nya, Don Magier, produk k9 water mengandung vitamin-vitamin yang dibutuhkan seekor anjing. Vitamin-vitamin yang dikandung produk ini mencakup vitamin yang dikandung produk ini juga dibuat menjadi 4 macam, yaitu rasa ayam, daging, ati, ayam dan kambing. Produk ini terbuat dari bahan-bahan alami, tanpa menggunakan pewarna, dan diklain memiliki kualitas yang tinggi. Menurut pendiri k9 water co ini, salah satu cara pling mudah bagi penyayang anjing untuk menjada hewan kesayangannya adalah memberikan minuman yang sehat sehari-hari. Strategi: Bila Anda ahli dalam mengembangkan produk minuman sendiri maka Anda bisa memproduksi sendiri minuman khusus anjing seperti ide bisni di atas. Namun, jika tidak sanggup melakukanya maka Anda bisa mengajukan diri menjadi agen pemasaran minuman di atas untuk wilayah Indonesia kepada prinsipalnya di Amerika. Berdasarkan perkiraan, cukup banyak dana yang Anda keluarkan untuk bermain di bisnis ini, terutama  biaya untuk membangun merek dan komunikasi pemasaran.

4. Bisnis Bandana Pendingin Otak. Review Bisnis: Asal Negara Amerika; website: http://www/drycreekdesign.com/bandana-coolers.html. Jika terasa pusing, kadang kepala Anda akan terasa panas. Yang paling umum dilakukan jika terjadi kejadian tersebut adalah minum obat sakit kepala atau menempelkan koyo di kening kepala. Tahukah Anda, sebenarnya ada sebuah benda lain yang bisa menolong Anda ketika Anda berada dalam keadaan tersebut? Di Amerika, ada sebuah benda bernama bandana pendingin otak. Cara pemakainnya sama seperti bandana pada umumnya dan dipasang di kepala Anda. Banda juga dapat dikenakan di leher. Ketika stress, bandana ini dapat mendinginkan otak Anda. Bandana ini mempunyai beberapa warna dan desain yang menarik. Bandana ini efektif digunakan untuk durasi 30-60 menit. Jika melebihi dari ini, bandana ini dapat dibasahi kembali dengan air. Strategi: Dalam memulai bisnis ini yang pertama kali dilakukan adalah menemukan konsep produk bandana pendingin versi Anda sendiri. Untuk mengembangkan produk seperti ini, Anda bisa meniru konsep yang sudah ada, kemudia lakukan modifikasi seperlunya. Jika sudah mendapatkan konsepnya, maka Anda bisa mencari tempat prosukdi yang bisa membuatkan produk Anda tersebut.

5. Bisnis Talking Book. Review Bisnis: Asal Negara Inggris, website: http://www.talkingbooks.co.uk/. Membaca buku menjadi tuntutan bagi para pekerja untuk meningkatkan wawasan dan keahlian mereka agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ketrampilan Anda saat ini akan ketinggalan jaman untuk kondisi 10 tahun mendatang. Anda dituntut terus belajar, mengasah kemampan dan meningkatkan ketrampilan agar tidak ketinggalan jaman. Salah satu media yang dapat Anda gunakan dalam mencari ilmu adalah buku. Ya, membaca buku menjadi salah satu jalan untuk menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan yang pada akhirnya akan meningkatkan keahlian dan ketrampilan Anda. Namun, tidak semua orang mempunyai waktu untuk membaca buku karena sibuk. Di Amerika, ada orang yang menjalankan ide yang cukup unik, ia menciptakan talking book atau buku berbicara untuk orang-orang sibuk seperti Anda. Konsepini sama seperti audio untuk lagu. Namun, alat ini adalah audio book atau CD audio yang berisi tentang topic buku tertentu. Talking book brisi nasari  atau cerita persis seperti Anda membaca bukunya langsung. Talking book sangat cocok untuk orang-orang yang tinggal di kota besar yang sering terkena macet dalam perjalanan. Dalam kondisi macet, waktu tidak terbuang percuma karena Anda dapa membaca buku menggunakan talking book. Strategi: Bisnis ini sangat cocok dikembangkan di perkotaan Indonesia karena tututan kerja yang tinggi sehingga orang harus selalu mengembangkan diri aga berprestasi. Yang harus Anda lakukan adalah: 1) Gali tema sebagai bahan memproduksi talking book, eman dapat diambil dari buku yng sedang laris di pasaran; 2) cari orang yang dapat membaca tema tersebut dengan suara yang bagus, 3) Rekam hasilbya dalam bentuk kaset dan CD; 4) Untuk tes pasar, buatlah 3 judul ema yang dijual, lalu cermati respon pasar terhadap produk tersebut.

6. Bisnis Tombol Peredam Marah. Review bisnis: Asal Negara Amerika, Website: www.gadgetshop.com. Ide ini sungguh unik. Ide berawal dari banyaknya orang-orang yang mengalami stress dan depresi sehingga mudah marah. Orang yang sedang marah disarankan untuk menekan tombol peredam marah atau stress button. Produk ini hanya berisi sebuah tombol dengan tiga mode penkanan yaitu mode explotion, punch-out, dan worksheet. Tombol ini disambungkan ke computer dengan sebuah sambungan USB. Ketika Anda menekan tombol mode explotion maka layar computer akan menampilkan sebuah ledakan yang lalu dihitung mundur secara pelahan-lahan hingga ledakan yang terjadi berkurang. Hal ini menggambarkan kemarahan Anda yang makin lama semakin berkurang. Mode kedua, punch put. Ketika Anda menekan moe ini akan ditampilkan di layar sebuah gambar kartun lucu yang sedang dihinggapi kemarahan, kemudian kemarahan itu ditinjunya keluar dari dirinya. Mode ketiga adalah mode worksheet. Mode ini adalah mode yang cocok ditekan bagi Anda yang sedang stress mengerjakan tugas kantor. Pada mode ini akan ditampilkan suatu worksheet yang sedang dikerjakan dengan sempurna oleh Anda. Tentunya worksheet yang ditampilkan adalah worksheet dengan bentuk grafis lucu. Diharapkan dengan mode ini, anda ingat pekerjaan dan bisa dengan tenang mengerjakan tugas kantor kembali. Strategi: Memulai bisnis ini butuh waktu dalam hal pengembangan produk. Jika punya keahlian, Anda bisa kembangkan sendiri.  Namun jika tidak ahli maka bisa menjalin kerja sana dengan para ahli. Ahli-ahli di bidang ini bisa Anda dpatkan di kampus-kampus beken di negeri ini, seperti ITB, UI atau ITS. Langkah-langkahnya sebagai berikut: 1) Kembangkan produk ini versi Anda, 2) Perhitungkan seluruh biaya termasuk biaya riset, 3) Petakan calon-calon konsumen yang kiranya mau membeli produk ini.

7. Bisnis Alat Cuci Helm. Review Bisnis: Asal Negara Amerika, website: http://www.ehow.com/how_5027041_cleanmotorcycle-helmet.html. Kendaraan motor menjadi kendaraan paling banyak dipakai saat ini. Dengan kondisi harga bensin mahal maka penggunaan motor menjadi pilihan yang tepat karena bisa menghemat biaya dan waktu perjalanan. Melihat perkembangan tren di atas, banyak bermunculan usah-usaha terkait dengan motor. Salah satunya adalah cuci motor. Saat ini, banyak di pinggir-pinggir jalan berkembang bisnis cuci motor. Bisnis cuci motor adalah bisnis mudah dan tidak memerlukan  teknologi tinggi. Tenaga kerja yang dibutuhkan pun tidak memerlukan pendidikan tertentu, yang penting hasilnya bersih. Sebenarnya ada perluang yang sangat erat kaitannya denga cuci motor dan peluang ini masih jarang yang melakukan. APakah itu? Yaitu bisnsi helm atau bisnis cuci helm. Helm sudah menjadi teman sehari-hari pengendara motor. Helm yang sering dipakai tentunya kotor dan berbau sehingga kurang nyaman dipakai. Mencuci bagian luar helm mudah, namun yang agak sulit adalah mencuci bagian dalam helm, yaitu busa dan kain penutup di dalam helm. Alat ini berfungsi seperti pengering tangan di restoran uyaitu setelah bagian dalam dari helm dicuci dan dibersihkan, lalu akan dikeringkan seperti disedot dengan tenaga pemanas yang cukup sehingga helm dapat kering dengan cepat. Alat tersebut nantinya dapat Anda gunakan sendiri atau dijual ke usaha-usaha cuci motor yang saat ini sudah berjalan. Strategi : Untuk mencuci helm dalam waktu yang cepat: 1) Buat desain dari produk alat pencuci helm yang praktis sehingga mencuci helm menjadi mudah dan cepat; 2) buat prototupe produk alat pencuci helm ini; 3) Hitung biaya yang dibutuhkan; 4) Perkirakan jumlah pasar dari alat cuci helm.

8. Bisnis Wallpaper Kreasi Sendiri. Review Bisnis: asal Negara Amerika, website: http://www.coobusinessideas.com/. Apakah Anda sudah bosan dengan penampilan dinding rumah Anda? Sekarang Anda bisa memperhias dinding rumah dengan wall paper hasil kreasi Anda sendiri. Ada perusahaan asal Amerika yang memberikan kebebasan pada pelanggannya untuk membuat gambar atau desain yang mau dicetak ke wallpaper. Perusahaan ini juga memberikan pilihan-pilihan desain untuk dipilih pelanggannya apabila pelanggannya tidak memiliki gambar atau desain sendiri. Jika Anda tertarik buka usaha ini, Anda bisa pasarkan melalui internet atau membuka gerai di dekat-dekat komlek perumahan yang menjadi target market usaha Anda tesebut. Strategi: Hal terpenting dalam bisnis ini adalah Anda harus bisa mendapatkan konsumen. Adapun langkah-langkahnya dalam mempoduksinya adalah: 1) Adan harus memperhitungkan biaya cetak; 2) Anda dapat memperhitungkan biaya cetak; 3) Anda kembangkan system pemsaran online melalui website da kembangkan kerja sama dengan took-toko material yang menjual wallpaper. Dengan kerjasama toko, tentu Anda harus berbagi keuntungan dengan pemilik toko tersebut.

9. Bisnis Kacamata Bermusik. Review Bisnis: Asal Negara Amerika, website: http//www.oakley.com/electroncs. Perusahan kacamata terkenal di dunia, Oakley menanamkan perangkat music di dalam satu produk kacamatanya yang diluncurkan di Amerika Utara. Kacamata plus perangkat music atau kacamata bermusik juga berfungsi sebagai perangkat pemutar mp3 atau mp4. Karena pengguna kacama ini kebanyakan remaja, maka kacamata bermusik ini dibuat dengan model yang trendi. Strategi: Untuk memulai bisnis ini, dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Kembangkan konsep produk dari kacamata bermusik bersi lain. Anda bisa memanfaatkan produsen kacamata loka untuk membuat produk kacamata bermusik bersi Anda; 2) Buat kerjasama ekskulisf dengan produsen kacamata untuk memproduksi kacamata tesebut untuk usaha Anda; 3) Hak paten produk harus  diurus; 4) Jual konsep kacamata Anda di toko ritel kacamata yang telah berjalan atau buka tempat penjualan sendiri.

10. Bisnis Bantal rasa Aman. Review Bisnis: Asal Negara Jepang, Website: http://www.gizmag.com/go/3123/ . Bantal biasa digunakan untuk menemani kita tidur. Umumnya, bantal ini digunakan sebagai alas kepala atau teman guling bagi seseorang yang asih sendiri. Sunggu unik orang-orang Jepang, terutama para wanitanya. Di sana, hadir suatu produk berupa bantal yang menemani anita Jepang saat tidur. Bantal ini tidak berbentuk bantal seperti biasa, tapi banyal ini berbentuk tangan pria perkasa yang berotot. Tujuan dari kehadiran bantal tangan pria ini untuk menimbulkan rasa aman dalam diri wanita Jepang pada saat tidur karena seakan-akan ada seorang pria tidur di sampingya. Apakah bantal ini bisa dipasarkan di Indonesia. Strategi: Untuk memulai bisnis ini, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Riset produk bantal asa aman. Buatlah produk yang kiranya  wanita Indonesia suka kepada produk tersebut. Buatlah versi dummy dan suvei ke beberapa wanita terhadap bantal tersebut. 2) Hitung biaya-biaya untuk menentukan harga jual bantal; 3) Bukalah took di pusat perbelanjaan, seperti ITC,d an buka keagenan dan distributor untuk memasarkan bantal tersebut. Kemudian, garaplah pasar online.



Related Post


  • Bagaimana Mengatasi Kegagalan Bisnis Waralaba
  • Tips Mejalankan/Memenangkan Persaingan Bisnis
  • Tips Cermat Bagaimana Mempersiapkan Dana Pensiun
  • Tips Cerdik Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
  • Tips Agar Produk Kecantikan Anda Lebih Awet

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner