Dalam pengelolaan keuangan rumah tangga, sebaiknya Anda memiliki maksimal 2 rekening, dimana satu sebagai  lalu lintas dana dan satu lagi untuk tabungan yang bisa ditambah setiap bulan. Semakin banyak rekening yang Anda miliki semakin banyak membutuhkan biaya untuk pengelolaannya –Apalagi jika dana yang Anda simpan tidak terlalu banyak. Saat ini banyak bank yang menawarkan hadiah-hadiah untuk menarik kepada para calon nasabahnya yang akan membuka rekening tabungan. Mulai dari boneka atau handphone ketika membuka rekening tabungan sampai dengan mobil dan rumah pada saat undian tabungan. Namun, apabila Anda berpegang pada prinsip-prinsip tertentu, Anda tidak perlu bimbang untuk memilih membuka rekening di sebuah Bank:

1. Menawarkan One Stop Facilities. Pastikan bank yang Anda pilih memiliki fasilitas lengkap (One Stop Facilities) agar Anda bisa dengan mudah melakukan berbagai transaksi. Misalnya, memiliki layanan pembayaran mulai dari kartu kredit (bukan hanya kartu kredit yang dikeluarkan pihak bank), telepon, telepon selular, PLN, internet, pembelian ticket pesawat, purchase untuk keperluan berbelanja non tunai (dapat berfungsi sebagai kartu debit) dan sebagainya.

2. Jaringan Pelayanan. Sebaiknya bank memiliki jaringan kantor cabang dan ATM di tempat-tempat yang mudah Anda jangkau, baik di kawasan rumah maupun tempat kerja. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mengurus dokumen tabungan jika sewaktu-waktu Kartu ATM atau buku tabungan hilang.

3. Menawarkan Bermacam Media Transaksi. Akan lebih menyenangkan lagi jika bank pilihan Anda juga memiliki fasilitas phone banking, internet banking atau sms banking. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot pergi ke bank untuk melakukan berbagai pembayaran atau sekedar untuk mengecek transfer masuk dari rekan bisnis Anda. Hitung-hitung mengurangi biaya perjalanan bolak-balik ke ATM atau bank dan tentu saja lebih aman.

4. Tak perlu tergiur dengan hadiah yang banyak ditawarkan bank-bank. Percuma saja jika Anda membuka banyak rekening tapi tidak ada isinya. Anda tak akan memenangkan hadiah tersebut. Lagipula, banyak rekening sama saja dengan banyaknya biaya administrasi dan pajak yang harus Anda bayar setiap bulan.

5. Program Tabungan. Makin bagus lagi jika bank memiliki program tabungan berjangka atau jenis tabungan lainnya untuk mengakomodasi kebutuhan Anda menabung tanpa diganggu oleh penarikan tunai sewaktu-waktu.

6. Tergabung Dalam Jaringan ATM Besar. Last but not least, di jaman ini, transaksi nirbatas (no boundaries) sudah bukan merupakan hal yang langka. Anda bisa melakukan transfer ke rekening tujuan Bank lain atau bahkan bisa melakukan transaksi penarikan tunai di luar negeri. Untuk keperluan tersebut Bank yang Anda pilih sebaiknya tergabung pada salah satu jaringan-jaringan (switching) besar seperti jaringan ATM Bersama, PRIMA ataupun ALTO. Keanggotaan Bank pada jaringan-jaringan tertentu, bisa Anda lihat pada logo dibagian belakang kartu ATM atau Anda bisa menanyakan langsung kepada customer service Bank yang Anda pilih tersebut.



Related Post


  • Tips Rajin Pangkal Kaya
  • Tips Kupas Tuntas Keuntungan Simpanan Dollar
  • Tips Bijak Memilih Pengembang KPR yang Bonafit
  • Tips Sukses Bermain Saham
  • Tips Memilih Membeli Atau Mengontrak Rumah

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner