Anda sudah berganti-ganti metode pelangsingan / perampingan tubuh, tapi tak kunjung kelihatan hasilnya? Coba beberapa resep turun temurun yang digunakan para puteri keraton ini. Alami, sehat dan tentu saja aman, berikut ini resepnya:

1. Daun Jati Belanda. Umumnya jamu galian singset yang telah dikenal di Indonesia, mengandung unsur daun ini. Menurut para ahli, daunnya mengandung zat alkaloids, damar dan zat samak. Nah, bagian dari daun jati belanda inilah yang dipakai untuk mengurangi pembentukan lemak, menguruskan dan merampingkan tubuh. Resep: Ambil 2 pucuk lembar daun jati belanda, cuci bersih dan potong-potong lecil. Lalu direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas air. Setelah dingin, air tersebut disaring, lalu diminum 2-3 kali sehari. Agar rasanya lebih enak, boleh ditambahkan dengan gula secukupnya.

2. Daun Salam. Selain untuk memasak, daun slam mengandung flavonoid dan tanin yang dapat digunakan untuk mengbati berbagai macam penyakit, antara lain: kolesterol tinggi, asam urat tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, maag dan diare. Resep: Pilih 5 atau 7 helai daun salam yang masih segar. Setelah dicuci bersih, masak dengan air secukupnya sampai mendidih. Kemudian disarin, setelah dingin minum sebelum makan siang dan makan malam.

3. Jeruk Nipis. Selain untuk memasak, banyak digunakan untuk obat, seperti batuk, sariawan dan flu. Buah jeruk nipis mengandung banyak air dan vitamin C, potassium dan asam folat yang tinggi. Dengan rasa asam, jeruk nipis dapat melarutkan lemak. Resep: Peras satu buah jeruk nipis, lalu airnya dapat dicampur sedikit air putih. Lalu minum secara teratur atau sebelum Anda makan.

4. Buah Delima. Ternyata buah delima tak hanya buahnya yang bisa dinikmati. Tanaman delima memiliki berbagai macam khasiat mulai dari akar sampai kulit kayu. Salah satunya daun delima, yang ternyata dapat melangsingkan tubuh. Resep: Ambil 2 lembar daun delima muda, cuci bersih dan tumbuk halus, remas-remas dan tambahkan air hangat kurang lebih 3 gelas, campur sedikit garam, lalu peras dan saring. Minumlah 2-3 kali sehari sebanyak setengah gelas, lakukan secara teratur.

5. Buah Nanas. Nanas selain dikenal sebagai sumber vitamin C, juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit antara lain radang tenggorokan dan sembelit. Yang paling penting untuk kaum perempuan, nanas berguna mengatasi kegemukan! Resep: Sediakan satu buah nanas yang tidak terlalu matang. Kupas lalu cuci sampai bersih. Potong kecil lalu jus atau parut, kemudian peras airnya. Minum air nanas sekaligus dan lakukan 2 kali sehari.

6. Daun Kemuning. Khasiat kemuning sebagai obat untuk mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Disamping itu, daunnya berguna mengatasi masalah kelebihan lemak pada tubuh. Resep: Ambil segenggam penuh daun kemuning, ditambahkan segenggam penuh daun mengkudu (Morido Citrifolia) dan setengah jari kelingking temugiring (Curcuma Heyneano). Semua bahan ditumbuk sampai halus, sambil ditambahkan 1 cangkir air lalu peras, dan diminum pagi hari sebelum sarapan.

7. Kunyit. Selain sebagai bumbu dapur dan zat pewarna alami, kunyit juga dimanfaatkan sebgai obat tradisional. Kandungan utama kurkumin dan minyak atsiri, berfungsi untuk pengobatan seperti: penyakit hepatitis, gangguan pencernaan, anti mikroba dan anti kolesterol. Resep: Ambil dua ruas kunyit, bersihkan, haluskan dan peras airnya. Lalu campur ke dalam air putih dan beri sedikit air asam. Minum secara teratur.

8. Wortel dan Mentimum. Wortel dikenal mempunyai bnayak kandungan betakarotin. Sedangkan timun mempunyai kandungan air yang berlimpah. Uniknya, paduan ramuan keduanya ini ternyata juga mampu melangsingkan tubuh lho! Resep: Caranya ambil 2 atau 3 batang wortel dan 1 buah mentimum berukuran sedang lalu diparut dan diperas. Untuk memperkaya rasa dapat Anda bubuhi sari jeruk nipis. Jus ini diminum sedikitnya 2 kali sehari, sampai Anda memiliki berat yang sesuai.

9. Rimpang Bangle. Bangle (Zingiber Purpereum Roxb) masih dalam kaluarga (family) dari tanaman jahe, namun dengan tampilan warna ungu. Bangle ini pun telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional. Salah satu khasiat bangle karena mengadung enzim Lipase, yang dapat meluruhkan dan menghambat penumpukan lemak pada tubuh. Resep: Ambil 2 ruas rimpang bangle, cuci bersih dan rebus. Dinginkan lalu minum airnya. Bisa beri sedikit gula atau madu serta sedikit jeruk nipis, agar rasanya tidak menusuk hidung.

10. The Hijau. The hijau juga telah lama dikenal sebagai salah satu pembakar lemak dan pengobatan tradisional. The hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Resep: Seduh the hijau dengan air panas lalu dinginkan, dan minum. Sebaiknya diminum sebelum menyantap makanan. The hijau akan membantu menahan asupan lemak. Atau, bisa juga minum the hijau sebelum Anda latihan olahraga, ini pun akan membantu membongkar lemak di bawah kulit lebih cepat.



Related Post


  • Tips Bergaya Busana Agar Berpenampilan Langsing
  • Tips Memulai Belajar Memasak (Bagi Pemula)
  • Tips 10 Langkah Aman Menghindari Malapraktik
  • Tips Memilih Obat Alami Yang Aman & Rasional
  • Tips Kreatif Memilih Tujuan Liburan Sekolah

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner