Selain emas yang bisa Anda jadikan investasi jangka panjang adalah batu permata. Seperti juga bahan bakar, yang suatu sat akan langka, begitu juga dengan batu permata. Proses pembantukan batu permata juga sangat lama, sehingga makin sering batu permata diambil, maka akan semakin langka dan makin berharga juga barang tersebut. Di antaraa jenis batu permata lainnya, berlian merupakan jenis termahal dan paling banyak disimpan untuk investasi. Harga berlian mengikuti pasaran internasional yang mengalami kenaikan setiap tahun. Menurut Jeanny, sales director dari Felice, berlian memiliki karakter tersendiri yang menentukan kualitasnya. Semakin sempurna berlian, maka semkain melambung harganya. Kesempurnaan berlian dilihat dari beberapa kriteria berikut ini, yang dikenal dengan 4C:

1. Cut (Asahan). Berlian yang bagus diasah dengan proporsi yang baik, sehingga menentukan kilau cahaya yang dipantulkan.

2. Clarity (Kejernihan). Berlian yang berkualitas sangat bagus, bersih dari kotoran, yang disebut juga dengan sidik jari alam.

3. Color (Warna). Dibanding dengan berlian berwaena, berlian berwarna putih memiliki kualitas paling baik.

4. Carat (Karat). Ukuran karat berlianĀ  yang direferensikan untuk investasi sebagaiknya di atas 1 karat = 0,2 gram. Untuk investasi sebagaiknya memilik yang berkarat besar.

Agar kualitasnya tetap terjaga maka perawatan berlian perlu diperhatikan. Cacar sedikit saja bisa mempengaruhi harga jualnya. Semakin lama disimpan denga model yang unik dan langka, nilai jual berlian pun kian tinggi, terlebih jika koleksi Anda menjadi incaran kolektor.



Related Post


  • Tips Mengembangkan Hobi Menjadi Investasi
  • Tips Tepat Berinvestasi Uang Untuk Hasil Terbaik
  • Tips Membeli Ponsel Buatan China
  • Tips Memilih Kipas Angin (Ceiling Fan) Ruang Anda
  • Tips Cerdas Mengalokasi Aset Menurut Usia

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner