Mar
12th

Tips Sukses Wawancara Kerja Via Telepon

Mar 12th, 2011 | By | Category: Tips Karir

Umumnya, wawancara kerja dilakukan secra face-to-face oleh perusahaan, tapi ada kalanya prosedur wawancara dilakukan via telepon. Biasanya, wawancara kerja seperti ini dilakukan bia perusahaan berada di luar kota atau luar negeri untuk menghemat waktu dan biaya. Mekanisme ini bertujuan sebagai proses penyaringan awal para kandidat karyawan, sebelum mengundang mereka untuk bertatap muka. Meskipun wawancara hanya dilakukan via telepon, tak berarti proses wawancara initak penting. Kesan tentang diri Anda, justru akan terlihat dari bagaimana Anda berbicara dan bagaimana Anda menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh interviewer. Karena itu, simak Tips sukses wawancara kerja via telepon berikut ini:

1. Siap Sedia. Biasanya interview kerja via telpon ini bisa dilakukan dengan perjanjian sebelumnya atau tanpa perjanjian, yang berarti pihak perusahaan bisa menghubungi Anda kapan saja untuk melakukan wawancara. Karena itu, saat mengajukan lamaran, ada baiknya Anda mulai mempersiapkan diri dengan mecari tahu segala hal yang berkaitan dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Hal ini bisa Anda lakukan dengan  mengunjungi website perusahaan terkait. Jangan lupa juga, siapkan jawaban yang menjelaskan mengapa Anda adalah kandidat terbaik untuk menempati posisi tersebut. Bila wawancara dilakukan tak terduga, cobalah minta perusahaan atau pewawancara untk menghubungi kembali dalam waktu 5-10 menit. Katakan bahwa Anda perlu mencari tempat yang lebih tenang dan mempersiapkan alat tulis untuk mencatat beberapa hal penting. Yang tak kalah penting, periksa kekuatan sinyal jaringan ponsel Anda, jagan sampai wawancara terputus, hanya karena sinyal yang buruk. Agar lebih aman, minta pewawancara untuk menghubungi Anda ke pesawat telepon (jika ada). Dengan wawancara via telpon ini, Anda bisa mempunyai keuntungan untuk mengintip jawaban dari buku panduan atau catatan yang sudah Anda persiapkan .

2. Cari Posisi Aman. Menghadapi wawancara via telepon bukan berarti bisa duduk santai sesuka hati, karena Anda tidak bertatap muka langsung dengan pewawancara. Wawancara via telepon juga membutuhkan posisi duduk yang baik. Karena, posisi tubuh Anda akan berpengaruh pada intonasi suara Anda. Pilihlah posisi yang paling nyaman bagi Anda, entah itu dengan duduk tegak atau berdiri. Usahakan keadaan di sekeliling Anda dalam suasana tenang dan tak banyak orang. Selain itu, hindari melakukan kegiatan lain selama proses interview, seperti membaca e-mail, komentar di facebook, mendengarkan radio atau menghentikan pembicaraan sejanak untuk berbicara dengan orang lain. Pantang juga dilakukan saat wawancara adalah mengunyah makanan, meski itu hanya permen karet. Selain konsentrasi akan terbagi, sikap seperti itu juga akan menimbulkan kesan tak serius di mata pewawancara. Layaknya wawancara tatap muka, dalam wawancara via telepon, sikap Anda akan dinilai.

3. Practice Make Perfect. Berbicara di telepon apalagi untuk interview kerja memang tak semudah kelihatannya, karena itu ada baiknya berlatih menjawab pertanyaan sebelum menghadapi wawancara. Apalagi bila wawancara dilakukan dengan perjanjian, Anda bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri. Agar lebih maksimal, mintalah seorang teman membantu latihan wawancara dengan merekam suara Anda. Dari hasil rekaman tersebut, Anda dapat mengoreksi kekurangan-kekurangan apa saja yang dapat diperbaiki saat menjawab pertanyaan. Selain itu, metoda ini dapat membantu Anda lebih rileks dalam menghadapi wawancara.

4. Siapkan Waktu Berpikir. Ada baiknya Anda mencerna setiap pertanyaan sebelum menjawab. Rangkailah setiap kalimat dengan tepat. Jawaban cepat yang seadanya, justru akan membuat Anda terkesan terburu-buru dan tidak serius.

5. Saat Wawancara Berlangsung. 1) Tak lupa untuk selalu menggunakan Bapak atau ibu untuk menyebut pewawancara. Dengan begitu suasana wawancara tetap terasa formal dan saling menghormati. 2) Jangan menyela pertanyaan dari pewawancara, apaun itu, bahkan untuk melakukan koreksi sekalipun. Tunggulah sampai pewawancara menyelesaikan pertanyaannya, setelah itu Anda baru berbicara. 3) Jawablah pertanyaan dengan tersenyum, ini akan membuat intonasi suara Anda terdengar bersahabat dan percaya diri. Cobalah untuk berlatih ‘membuka mulut’ ketika berbicara di telepon, sehingga suara Anda tidak terdengar seperti bergumam di seberang sana. 4) Sediakan segelas air, untuk membasahi tenggorokan Anda.



Related Post


  • Tips Membaca Tanda-Tanda Hasil Wawancara Kerja
  • Tips Mengenal Larangan Dalam Interview Kerja
  • Tips Rahasia Wawancara Kerja dari Para Ahli
  • Tips Fengshui Meraih Sukses Lewat Meja Kerja
  • Tips Tepat Busana Wawancara Kerja Untuk Pria

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner