Feb
26th

Tips Wisata Belanja di Pulau Batam

Feb 26th, 2011 | By | Category: Tips Gaya Hidup

Mendengar kata ‘Batam’ disebutkan, yang pertama muncul dalam benak kita adalah harga barang-barang elektronik yang murah! Yang kedua adalah pergi ke Singapura dengan biaya lebih murah dengan melalui Batam. Kedua hal tersebut tidaklah salah. Batam pada awalnya adalah sebuah wilayah yang dikembangkan pemerintah Indonesia pada era Suharto (tahun 90-an) untuk mengimbangi ramainya lalu-lintas perdagangan di Singapura dan Johor. Dengan dibagunnya kawasan Batam sebagai kota transit dan gerbang masuk ekspor-impor, diharapkan akan tercipta segita emas pusat perdagangan di Asia Tenggara yaitu Singapura-Johor –Batam. Pada awal berkembangnya kawasan Batam, pemerintah membebaskan pajak bea masuk barang-barang asing. Hal ini menyebabkan harga barang-barang di Batam menjadi sangat murah, jauh lebih murah dibandingkan dengan harga barang yang sama di wilayah lain di Indonesia. Namun apakah hanya itu potensi yang dimiliki Batam. Kalau jawaban Anda adalah ‘YA’, berarti Anda belum mengenal Batam yang sebenarnya. Berikut ini Tips wisata belanja di Batam yang harus Anda ketahui sebelum Anda mengunjunginya:

1. Barang Murah. Dahulu, ketika bea masuk perdagangan masih dibebaskan seluruh barang asing yang masuk ke Batam dijual dengan harga sangat murah, khusunya Barang-barang elektronis (Handphone, Laptop, LCD, dsb), parfum, tas dan baju-baju import. Harganya bisa sampai 50% dari harga barang sejenis yang bersedar di kota-kota besar lain di Indonesia. Namun seiring dengan dicabutnya kebijakan bebas bea masuk oleh Pemeritah Kota Kepulauan Riau (KEPRI), maka hanya harga parfum dan tas (KW Super dan KW 1) saja yang saat ini masih jauh lebih murah dari harga pasar di Indonesia. Walau demikian harga handphone, Kamera, LCD atau laptop masih ada harga discount-nya, sekitar 200-400 ribu rupiah, tergantung dari kepandaian Anda dalam mengajukan penawaran harga. Handphone/telepon selular dan Kamera murah dapat Anda peroleh di Lucky Plaza di kawasan Nagoya, laptop murah dapat Anda peroleh di DC Mall sedangkan parfum/tas murah dapat Anda peroleh di Nagoya Hill.

2. Tempat Wisata.Beberapa tempat wisata di Batam yang merupakan kategori must-visit adalah : 1) Jembatan Barelang. Barelang berasal dari singkatan kata Batam, Rempang dan Galang, yang merupakan nama-nama pulau. Seperti halnya namanya, pada dasarnya jembatan barelang terdiri atas 5 buah jembatan yang menghubungkan 6 pulau. Namun, pada perkembangannya yang dikenal sebagai Jembatan Barelang adalah jembatan pertama, atau jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Rempang. Jembatan inilah yang digunakan sebagai icon Batam sampai saat ini; 2) Camp Pengungsian Vietnam. Pengungsian Vietnam adalah sebuah tempat yang pada tahun 1979 digunakan untuk menampung para pengungsi konflik di Vietnam yang terdampar di pulau Batam. Disana mereka hidup, bertani dan beranak, untuk kemudian dipulangkan ke nagaranya pada tahun 1996. Untuk mengenang peristiwa tersebut pemerintah Otorita Batam mengemas kawasan tersebut menjadi sebuah kawasan wisata, yakni dengan menjaga kondisi peninggalan-peninggalan pengungsi Vietnam tersebut, baik berupa perahu-perahu yang digunakan untuk berlayar dari Vietnam, rumah-rumah penampungan, sekolah, tampat pemujaan agama konghuchu, sampai dengan pemakamannya.

3. Makanan. 1) Gonggong. Gonggong merupakan makanan khas Batam yang berupa kerang kas Kepri, karena jenis kerang tersebut hanya ada di Kepri. Gonggong dapat Anda peroleh di resto-resto sea food di Batam. 2) Pisang Villa. Makanan yang terbuat dari bahan dasar pisang. Anda dapat memperolehnya di Toko Yongki. 3) Sup Ikan. Cocok untuk sarapan pagi. Lokasinya berada di depan Toko Yongki, atau biasa dikenal dengan Sup Ikan Yongki. 4) Oleh-Oleh. Sebagimana disebutkan di atas, bahwa Batam merupakan kota transit, maka mayoritas penghuninya adalah para pebisnis dan wisata, dan pekerja luar daerah, dimana penghuni aslinya merupakan kaum minoritas. Sehingga Batam hampir dikatakan tidak memiliki oleh-oleh khas. Untuk itu biasanya took-toko di Batam menjual barang-baang buata Malaysia sebagai barang-barang buah tangan bagi para wisatawan. Anda bisa mengunjungi supermarket Top 100. Diasana dijual oleh-oleh Batang dengan harga lebih murah sekitar Rp 5000,- dibanding took-toko lain di Batam.

5. Pelabuhan. Pelabuhan merupakan hal penting di kota Batam. Mengapa? Karena bila Anda menuju Singapura menggunakan feri penyeberangan, biayayanya akan jauh lebih murah daripada Anda menggunakan pesawat langsung ke singapura. Hal ini disebabkan penyeberangan feri ‘hanya’ dikenakan fiskal Rp 500.000,-, lebih kurang setengah dari biaya fiskal airport.  Batam memiliki beberapa pelabuhan. Terutama pelabuhan yang paling Anda butuhkan  untuk ‘menyeberang’ ke Negara Singapura dan Malaysia (Kualalumpur) bukan? Pelabuhan tersebut  diantaranya adalah: 1) Harbour Bay. Lokasinya agak jauh dari pusat kota Batam, namun menyediakan penyeberangan ke Singapura sampai dengan pukul 21:50 (last feri). 2) Batam Center. Batam Center, sesuai dengan namanya merupakan pelabuhan yang terletak dekat dengan pusat kota Batam (pengganti pelabuhan batu ampar yang sudah tidak layak pakai), yang menyediakan penyeberangan ke Singapura dan Malaysia sampai dengan pukul 21:50 (last feri). Banyak kapal feri yang ditawarkan disana, namun saya menyarankan untuk menggunakan Berlian Ferries/Wavemaster atau Penguin Ferries, karena perusahaan feri tersebut paling banyak melayani Batam Center-Singapura (hampir setiap jam ada pemberangkatan). 3) Sekupang. Merupakan pelabuhan yang menyediakan penyeberangan ke Singapura dan Malaysia sampai dengan pukul 20:35. Perlu Diketahui bahwa penyeberangan ke Singapura membutuhkan waktu 30-45 menit dengan biaya total SGD 70,-/orang (sekitar 450.000,-/orang pulang-balik) yang terdiri atas Ticket Fare, Passanger Departure Fee, Fuel Surcharge, Indonesia Terminal Fee&Insurance. Sedangkan penyeberangan ke Malaysia membutuhkan waktu 3-4 jam dengan biaya Rp 250.000,- /orang. Informasi lengkap tentang jadwal dan biaya kapal feri di Batam ke Singapura/Malaysia dapat Anda kunjungi di sini

6. Transportasi. Media transportasi Anda butuhkan untuk menuju satu titik tujuan ke satu titik tujuan berikutnya di kota Batam. Media transportasi umum yang tersedia di kota Batam adalah taxi, taxi hitam dan angkutan kota. Mengingat wilayah kota batam yang tidak terlalu luas (lebih kurang 715 km2 atau 115% dari wilayah Singapura), maka biaya transportasipun relatif murah dan biasanya taxi-pun enggan menggunakan argo namun hanya harga pasti per titik. Misalnya pada tahun 2011, biaya transportasi dari Bandara Hang Nadim Batam ke Harbour Bay, menggunakan taxi adalah Rp 75.000,-, kemudian biaya transportasi dari Harbour Bay ke Komplek pertokoan Nagoya, menggunakan angkot ‘hanya’ Rp 1000,- . Namun apabila Anda bermaksud untuk menyewa kendaraan mengunjungi seluruh tempat wisata di Batam (Batam Center-Jembatan Barelang-Pemukiman Vietnam), maka Anda bisa menyewa taxi hitam dengan biaya ‘cukup’ Rp 350.000,-.



Related Post


  • Tips Menikmati Tugas Bisnis Ke Luar Kota/Negeri
  • Tips Menghindari Cinta Lokasi Saat Liburan
  • Tips Lengkap Wisata Ke Makassar
  • Tips Praktis Merancang Liburan Nyaman ke Bandung
  • Tips Cermat Menghitung Biaya Ke Luar Negeri Ala Backpacker

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner