Feb
16th

Masalah kelebihan berat badan bisa dialami siapa saja, termasuk penderita maag . Program diet seringkali gagal, karena asam lambung naik tanpa kompromi. Padahal, jika dilakukan dengan benar, diet tetap bisa berjalan lancar bagi para penderita maag. Gangguan pada maag akan terjadi ketika pola makan berubah. Jadwal makan yang tidak beraturan, menyebabkan lambung sulit beradaptasi. Jika produksi asam lambung ini terjadi terus menerus, maka akan membuat iritasi dinding mukosa pada lambung. Inilah yang menyebabkan rasa perih dan mual, yang akhirnya memudarkan niat untuk berdiet. Berikut ini Tips program diet sehat dan nyaman khusus untuk para penderita maag:

1. Kurangi Pemicu. Meski menderita gangguan lambung, prinsip menurunkan berat badan tetap sama, yaitu makan teratur, mengurangi asupan lemak dan rutin berolah raga. Bedanya, bagi penderita maag, ada baiknya mengurangi makanan yang merangsang asam lambung, seperti durian, kopi, keju, makan yang terlalu pedas dan yang banyak mengandung gas.

2. Makan Teratur. Makan dengan jarak waktu teratur adalah prinsip utama bagi penderita maag. Makanlah dalam porsi kecil setiap 3 jam sekali. Jangan pernah membiarkan perut terlalu lama kosong. Selain mengurangi makan, cobalah lebih teratur berolah raga, misalnya jalan kaki 30 menit sehari.

3. Step by Step. Menurunkan berat badan, sebagaiknya tidak dilakukan secara drastic. Capailah berat badan ideal dalam beberapa tahap. Misalnya, tahap pertama, tentukan target menurunkan berat badan sekitar 5-10% atau 4-9 kg dari berat badan saat ini. Setelah target pertama tercapai, barulah menentukan target kedua dan selanjutnya.

4. Perkecil Porsi. Kurangilah jumlah makanan hingga 1/3 atau ½ dari porsi yang biasa Anda makan. Ganti camilan dengan buah-buahan segar tidak asam. Minum susu nonfat tanpa gula atau the hangat tanpa gula. Sebagi teman minum the, Anda bisa memilih crackers sehat. Selain itu hindari pengolahan makanan dengan minyak atau santan kental. Di tengah menjalani program diet ini, jika perlu berkonsultasilah dengan dokter untuk konsumsi obat maag.



Related Post


  • Tips Jitu Seputar Persiapan Berdiet
  • Tips Menu Diet Bagi Penderita Asam Urat
  • Tips Cerdas Kupas Tuntas Pencegahan Obesitas
  • Tips Mengenali 5 Diet Terlarang Bagi Tubuh
  • Tips Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Hilang Energi

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner