Feb
14th

Tips Menjadi Pembawa Acara Yang Baik

Feb 14th, 2011 | By | Category: Tips Karir

Menjadi seorang Master Of Ceremony (MC)/Public Speaker, tidak cukup hanya dengan modal vocal suara bagus. Artinya Pembawa Acara harus memiliki kepribadian & intelektual, pengetahuan luas, kaya akan perbendaharaan kata, luwes sekaligus memiliki sense of humor. Di bawah ini saya coba akan memberikan tips yang barangkali bisa membantu anda untuk belajar menjadi seorang Pembawa Acara yang baik:

1. Kemampuan Protkoler. Sebaiknya seorang Pembawa Acara memiliki kemampuan menyusun acara yang sesuai dengan aturan protokoler, sehingga pembawa acara bisa memberi masukan pada penyelenggara acara, dan tidak sekedar menuruti keinginan penyelenggara yang belum tentu tepat.

2. Membaca Situasi. Seorang pembawa acara diharapkan bisa membawa suasana audien. Biasanya acara-acara yang diselenggarakan secara formal cenderung membuat audien pasif dan ‘dingin’, disinilah peran pembawa acara untuk bisa membuat suasana menjadi lebih ‘hangat’, bisa dengan cara menciptkan humor atau sekedar permainan-permainan kecil dengan audien.

3. Improvisasi. Pembawa Acara harus bisa berfikir dan bertindak cepat serta punya rencana cadangan, jika terjadi masalah yang tidak dikehendaki saat acara berlangsung. Sehingga acara tidak tampak kacau atau audience merasa bosan.

4. Kemampuan Bernyanyi. Terlepas dari deskripsi pekerjaan seorang pembawa acara, lebih disarankan untuk bisa memiliki kemampuan bernyanyi. Mengapa? Karena menyanyi dapat dipahami semua orang sehingga merupakan media penghubung efektif antara Anda dan audien.

5. Kemampuan Bahasa Asing. Kemampuan lain yang sebaiknya dimiliki oleh seorang pembawa acara adalah kemapuan berbahasa asing. Bahasa asing yang wajib dikuasai oleh seorang MC adalah bahasa inggris, namun sebagai seorang pembawa acara Anda akan tampak lebih menarik dan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan pembawa acara lain, apabila menguasai bahasa lain seperti bahasa mandarin, prancis atau spanyol.

sumber



Related Post


  • Tips Praktis Bergaya Dengan Rambut Pony-Tail
  • Tips Mengontrol Kebiasaan Anak Menonton TV
  • Tips Kreatif Mengumpulkan Dana Dengan Mudah
  • Tips Membuat Pesta Perkawinan Di bawah 35 Juta
  • Tips Sukses Membuat Acara Pesta di Kantor

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner