Jun
18th

Jadi, Anda saat ini berusia 50 tahun, usia utama dalam hidup Anda, dan Anda ingin mengubah karir Anda. Apakah Anda ingin kembali bekerja setelah membesarkan anak-anak (khususnya ibu-ibu rumah tangga), atau hanya ingin perubahan karir atau ingin memulai karir baru? Apakah memungkinkan? Jawabnya: Anda berada dalam posisi yang bagus pada usia ini untuk mengetahui apa yang sebenarnya Anda inginkan dan memiliki pengalaman untuk mendapatkannya. Tapi ini hanya awal. Berikut ini Tips mengetahui cara menemukan pekerjaan yang ideal bila Anda di usia lebih dari 50 tahun:

1. Cari Tahu ‘mimpi’ Anda Sebenarnya. Luangkan waktu untuk menilai kekuatan unik dan keterampilan Anda. Salah satu latihan yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda mencari tahu pekerjaanapa yang tepat untuk Anda adalah untuk membuat daftar, apa yang Anda nikmati dalam hidup dan apa yang ingin Anda ubah. Pekerjaan apapun meskipun Anda tidak dibayar untuk itu? Apa yang Anda inginkan dari karier baru Anda: tanggung jawab yang lebih? lebih banyak uang? Atau ingin lebih banyak berinteraksi dengan manusia?

2. Biarkan Imajinasi Anda Berkembang. Bayangkan skenario di masa depan ketika Anda menjalani hidup ideal Anda. Apa rasanya? Apa yang akan Anda lakukan? Apa saja hal-hal yang akan membuat Anda bahagia? Mungkin itu bekerja dengan orang-orang muda, mengelola tim, melakukan sesuatu yang kreatif, atau membantu masyarakat lokal Anda. Sekarang pikirkan tentang jenis pekerjaan yang mungkin memberikan nilai-nilai untuk Anda. Bahkan, jika Anda suatu ketika berada dalam industri yang Anda tidak memiliki pengalaman di dalamnya, itu tidak berarti bahwa di luar jangkauan Anda.

3. Seleksi Daftar Karir yang ideal. Bila Anda memiliki daftar “mimpi” pekerjaan Anda ingin lakukan, persempit dan seleksi mereka menjadi beberapa saja, kemungkinan-kemungkinan yang mendekati realitas sebenarnya. Jelajahi papan dan iklan pekerjaan untuk melihat jenis peluang yang tersedia, dan perusahaan mana yang terdengar menarik.

4. Membangun Rasa Percaya Diri Anda. Bagi banyak orang memasuki pasar kerja atau ganti pekerjaan pada usia 50 tahunan, kepercayaan diri dapat menjadi masalah. Jika Anda sudah tidak bekerja untuk jangka lama karena Anda tinggal di rumah untuk membesarkan anak-anak, misalnya, Anda mungkin merasa asing dari dunia kerja. Cobalah untuk membangun kepercayaan diri Anda, karena ini mungkin akan menjadi penghalang utama yang dapat menghentikan Anda menemukan pekerjaan ideal Anda. Mengambil jenis pekerjaan temporer (part time job) bisa menjadi cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri Anda, dan juga untuk menguji diri Anda apakah Anda tertarik/nyaman pada bidang tersebut atau tidak.

5. Luangkan Waktu Untuk Memperbarui Resume Anda. Kemampuan Mengelola (management Skill) adalah konsep penting di sini. Management Skill adalah suatu ketrampilan yang dapat digunakan dalam semua pekerjaan atau bidang kehidupan, dan juga bisa Anda didapatkan di mana saja. Keterampilan tersebut diantaranya meliputi seperti manajemen orang, organisasi, negosiasi, menyelesaikan masalah (problem solving skill) dapat diperoleh ketika Anda melakukan pekerjaan sukarela, hobi dan minat, kegiatan olahraga dan bahkan ketika saat membesarkan anak-anak sekalipun. Jangan meremehkan nilai pengalaman hidup Anda!

6. Jadilah fleksibel. Sangat penting untuk mempertahankan sikap positif bila Anda telah berusia lebih dari 50 tahun dan berencana mencari karir baru atau mengubah karier Anda. Anda harus fleksibel, dan bersiaplah untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan organisasi baru, yang mungkin Anda akan melakukan hal-hal yang sangat berbeda dari apa yang biasa Anda kerjakan. Anda harus mampu menunjukkan kemauan dan kemampuan untuk belajar keterampilan baru. Ada stereotip umum tentang karakter pekerja di atas 50 tahun, yakni sebagai seorang yang sulit diatur, dan sulit untuk belajar, terutama di daerah baru seperti IT. Maka jika keterampilan komputer Anda lemah, pertimbangkan untuk mengambil kursus komputer untuk memoles kemampuan Anda tersebut.



Related Post


  • Tips Cerdas Mengalokasi Aset Menurut Usia
  • Tips Memilih Tes Kesehatan Wanita Menurut Usia
  • Tips Mengenal Tes Kesehatan Untuk Wanita
  • Tips Mengenal Kelemahan Pernikahan Dini
  • Tips Tepat Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner