Dalam sebuah diskusi, baik di rumah atau di sekolah, banyak anak yang aktif dan berani mengemukakan pendapat, tapi tidak sedikit pula yang hanya pasif dan diam. Orang-orang yang tampil berani itu kerap mendapat berbagai label positif seperti cerdas, berani, “pede”, berwawasan luas, serba tahu, dan lain sebagainya. Sebaliknya orang yang hanya diam dan menjadi pendengar setia sering dijuluki sebagai pengekor dan tidak tahu apa-apa. Padahal mungkin saja dia tidak tahu apa-apa. Padahal, mungkin saja dia tahu banyak tapi tidak berani mengemukakan pendapat, berwawasan luas tapi tidak tahu bagaimana mengungkapkan idenya. Nah, berikut ini Tips mengasah keberanian berpendapat pada anak:

1. Beri Kesempatan pada setiap anak untuk mengemukakan pendapat. Memang, di dalam sebuah kelas bisanya ada anak yang terkenal aktif dan pasif berbicara. Begitu pun di keluarga. Jangan biarkan anak yang aktif terlalu mendominasi, berikan kesempatan kepada anak-anak lain yang jarang atau malah tidak pernah berbicara sama sekali dalam diskusi. Dengan cara ini, anak merasa pendapat dan idenya akan dihargai dan diperhatikan.

2. Saat anak mengutarakan pendapatnya berikan perhatian dengan seksama. Dengarkan apa yang dibicarakan, peliharan kontak mata dengan anak. Sangat mungkin anak masih berbicara dengan terbata-bata, sehingga guru/orang tua harus sabar dalam mendengarkan.

3. Hindari menertawakan saat menemukan kesalahan, baik pendapat maupun cara berbicara anak karena dapat menyebabkan anak grogi dan enggan berbicara. Jangan sekali-kali memotong pembicaraan sebelum anak selesai mengemukakan pendapat.

4. Tunjukkan bahwa Anda menghargai pendapatnya, katakan itu di depan teman-teman atau anggota keluarga. Jika ada hal yang kurang jelas atau penjelasan anak kurang tepat, coba gali lagi dengan pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang lebih spesifik, misalnya, “Ibu tertarik pada pendapatmu, namun bisakah kau jelaskan mengenai…” Dengan penghargaaan seperti itu, anak merasa nyaman dan dijamin akan senang mengeluarkan pendapatnya dalam diskusi yang lain.



Related Post


  • Tips Cerdas Mengajarkan Anak Dua Bahasa
  • Tips Mudah Memotivasi Anak Untuk Membaca
  • Tips Bijak Berkendara Bersama Anak
  • Tips Menjadi Ayah Yang Dibanggakan (Super Dad)
  • Tips Menciptakan Suasana Rumah Aman Bagi Anak

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner