Aug
23rd

Tips Etika Resign Kerja Dengan Elegan

Aug 23rd, 2009 | By | Category: Tips Karir

Anda masuk perusahaan secara baik-baik,maka keluar pun harus dapat menimbulkan kesan baik di mata atasan dan rekan kerja Anda. Mengapa? Karena dengan memberikan kesan positif, Anda mungkin dapat mudah kembali bekerja sama dengan mereka di masa yang akan datang. Berikut ini Tips etika resign kerja dengan elegan:

1. Diskusikan terlebih dengan atasan sebelum Anda mengajukan surat resign. Hal ini perlu dilakukan mengingat atasan Anda juga perlu mengatur SDM pengganti yang akan menggantikan Anda menyelesaikan pekerjaandan strategi-strategi bisnisnya.

2. Ajukan surat pengunduran diri satu bulan sebelumnya. Masing-masing perusahaan mempunyai aturan yang berbeda terkait dengan pemberitahuan dari karyawan yang melakukan pengunduran diri. Yang penting, jangan melakukannya tanpa pemberitahuan. Hal ini akan mencitrakan bahwa diri Anda tidak profesional dan elegan serta egois.

3. Ajarkan hal-hal spesifik yang perlu diketahui oleh pengganti Anda. Sebaiknya Anda melakukan transfer of knowledge terlabih dahulu sebelum Anda meninggalkan pekerjaan Anda. Sehingga hal ini akan memudahkan pengganti Anda untuk meneruskan pekerjaan Anda.

4. Ucapkan terima kasih dan pernyataan maaf pada atasan rekan-rekan. Dalam suatu hubungan kerja, pasti ada ketidaksepahaman antara Anda dan rekan kerja yang lain, yang mungkin menimbulkan friksi atau perdebatan, bahkan menyinggung perasaan mereka, baik yang Anda sengaja maupun tidak sengaja. Untuk itu, sudah sewajarnya Anda menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan-kesalahan Anda serta terima kasih atas bantuan mereka selama bekerja sama dengan mereka.

5. Adakan acara kecil-kecilan. Untuk lebih memberikan kesan elegan pada pengunduran diri Anda, buatlah satu acara kecil-kecilan bertema farewell party. Dalam acara tersebut, Anda bisa menyempaikan point-point diatas secara runtut sekaligus mentraktir rekan kerja Anda makan-makan, dengan harapan perpisahan Anda tidak otomatis memutus hubungan personal Anda dengan mereka.



Related Post


  • Tips Elegan Membuat Alasan Keluar Pekerjaan (Resign)
  • Tips Etika Ngobrol di Kantor
  • Tips Jadi Cewek Ber-Etika Dgn 3 Kata Sederhana
  • Tips Etika Bertemu Dengan Klien/Kolega Anda
  • Etika Memberikan Tip (Uang) Tanda Terima Kasih

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner