Aug
18th

Tips Pintar Cuti Tanpa Stres

Aug 18th, 2009 | By | Category: Tips Karir

Gairah kerja mulai drop, otak gampang macet. Itu tandanya Anda butuh break sesaat. Coba manfaatkan jatah cuti Anda untuk recharging energi. Namun, terkadang cuti malah memicu stres. Setelah cuti, alih-alih mendapatkan suntikan tenaga baru, malah seolah ketambahan beban kerja baru. Situasi semacam ini sebenarnya bisa dihindari bila Anda me-manage waktu kerja. Anda cukup mengelola cuti seperti ketika Anda mengelola hari-hari produktif. Berikut ini Tips pintar cuti tanpa stres:

1. Buat Jadwal. Perhitungkanlah kira-kira di bulan apa Anda akan menggunakan jatah cuti tersebut. Sebaiknya sudah direncanakan jauh-jah hari sehingga Anda bisa membereskan pekerjaan sebelum memulai cuti.

2. Atur Beban Pekerjaan. Setelah membuat jadwal, mulailah mengatur beban pekerjaan. Buatlah perencanaan agar selam cuti tidak ada rekan yang kebingungan dengan ketidakhadiran Anda. Dengan begitu, Anda tidak stres menjelang cuti dan pastinya tidak merepotkan rekan lain. Jangan sampai Anda dihubungi saat sedang menikmati cuti. Jika Anda atasan, mulai delegasikan tugas pada bawahan beberapa hari sebelumnya (misalnya, seminggu sebelum cuti). Jika ada yang belum dipahami, mereka masih dapat bertanya. Lalu, minta mereka untuk menyetor tugas maksimum 2 hari sebelum Anda cuti.

3. Rapikan File. Jangan lupa siapkan berkas tugas yang mungkin dibutuhkan rekan lain. Rapikan file untuk tugas-tugas yang sedang berjalan di satu tempat khusus, sehingga rekan Anda mudah mencarinya.

4. Liburan Di Rumah. Kalau sekedar mengistirahatkan otak dan ubuh, mengapa tidak berlibur di dalam kota atau di kota terdekat dengan domisili. Atau Anda juga bisa tinggal di rumah. Pastinya banyak yang bisa Anda kerjakan. Misalnya membereskan rumah yang selama ini kurang Anda perhatikan, membaca buku, nonton film, jalan-jalan ke mal atau salon terdekat, memasak resep favorit atau tidur seharian. Anda tinggal buat jadwalnya dan manjakan diri tanpa memikirkan satu pekerjaan kantor pun. Percayalah, otak Anda akan lebih segar setelah itu.

5. Masuk Lebih Awal. Agar tidak stres setelah cuti, Anda bisa menambahkan satu hari cuti. Misalnya, Anda akan masuk kembali pada tangal 9. Di tanggal 8, Anda sudah masuk kantor untuk menyesuaikan diri. Tugas yang paling banyak menghabiskan waktu di hari pertama kerja adalah membaca e-mail. Jadi gunakan hari itu untuk membaca email, menghapus junkmail, mengelompokan e-mail yang hanya bersifat informasi, yang perlu ditindaklanjuti segera, dan yang dapat didelegasikan. Begitu pula dengan berkas-berkas yang sampai di meja Anda.



Related Post


  • Tips Cerdik Mengurangi Stres Di Tempat Kerja
  • Tips Pintar Memakai Aksesoris
  • Tips Tepat Membesarkan Anak Kembar
  • Tips Sukses Merencanakan Liburan / Cuti Kerja
  • Tips Mengupas Tuntas Mitos Seputar Jerawat

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner