Aug
17th

Melanjutkan posting saya sebelumnya tentang Tips Rahasia Lolos Seleksi Psikotes dan berdasarkan permintaan dari beberapa rekan, maka berikut ini akan saya ulas dengan tuntas Tips sukses mengerjakan Psikotes Penalaran : Soal Deret Gambar. Deret Gambar merupakan model soal psikotes yang paling sering Anda jumpai, baik dalam tes seleksi penerimaan pegawai (negeri/swasta), maupun pada tes seleksi masuk mahasiswa program master/S2, yakni pada tahap Tes Potensial Akademik (TPA). Beberapa instansi yang menggunakan Deret Gambar sebagai bagian dari seleksi penerimaan pegawai diantaranya adalah: Bank Mandiri (Officer Development Program), Bank Negara Indonesia 1946, Bank Niaga (Program Pendidikan Eksekutif), Bank Central Asia (Management Development Program), Bank Danamon (Officer Development Program), Bank Pembangunan Daerah, PT Samudra Indonesia Tbk, PT Astra Internasional Tbk (Management Trainee). Sedangkan Perguruan Tinggi yang menggunakan Tes Model Deret Gambar sebagai bagian dari Tes Potensial Akademik (TPA), diantaranya adalah Magister Managemen Universitas Gadjah Mada (MM UGM). Secara umum, tahap ini akan menilai kemampuan Anda tentang : 1) Pemahaman Anda terhadap suatu permasalahan, 2) Kemampuan Anda melakukan analisa permasalahan, 3) Bagaimana kecepatan Anda dalam membuat keputusan. Untuk sukses mengerjakannya, Anda cukup melakukan Tips berikut ini:

1. Tenang & Konsentrasi. Mengingat soal ini memiliki tipe bertingkat, yaitu dimulai dari soal yang paling mudah ke soal yang lebih rumit, maka Anda perlu tenang dan konsentrasi dalam mengerjakannya. Karena ketika anda tidak tenang dan konsentrasi, soal semudah apapun akan terasa sulit dan terasa ‘buntu’ dalam menemukan jawabannya.

2. Ingat Waktu. Deret Gambar terdiri atas lebih kurang 97 buah soal dengan waktu pengerjaan yang relatif pendek. Untuk itu, jangan terpaku pada satu soal yang sulit. Tentukan waktu maksimal yang Anda butuhkan dalam mengerjakan setiap soal, karena terkadang ‘soal sulit’ sengaja dipergunakan untuk mengacaukan konsentrasi Anda dalam mengerjakan Deret Gambar secara keseluruhan. Tinggalkan soal sulit dan segeralah melangkah ke soal berikutnya, jika ada waktu sisa, silahkan Anda ulangi lagi ‘soal sulit’ tersebut.

3. Latihan. “Practice Makes Perfect”. Rasa-rasanya ungkapan tersebut paling tepat untuk menggambarkan bahwa proses latihan akan membuat segalanya menjadi lebih mudah, dan jangan salah, hal ini juga berlaku untuk Psikotes Penalaran : Deret Gambar. Untuk itu, berikut ini adalah link soal lengkap yang dapat download secara cuma-cuma, dalam rangka menyiapkan diri Anda menghadapi Psikotes Penalaran Deret Gambar:

>>Download Soal Psikotes Penalaran : Deret Gambar I (61 Soal)
>>Download Soal Psikotes Penalaran : Deret Gambar II (36 Soal)



Related Post


  • Tips Rahasia Lolos Seleksi Psikotes
  • Tips Cepat Mengubah Foto Menjadi Gambar Kartun
  • Tips Browsing Yang Efektif
  • Tips Cepat Membuat Mug Bergambar
  • Tips Komposisi Fotografi Pemula (Negatif Space)

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner