Rokok, begitu banyak bahaya yang ditimbulkannya. Apalagi bagi ibu hamil, karena akan berdampak pada kesehatan ibu maupun janin, bahkan bisa menyebabkan kematian. Jika Anda sedang hamil, berarti Anda perlu memahami berbagai dampak rokok yang merugikan kehamilan. Dengan mengetahui bahayanya dan bagaimana menghindarinya, kehamilan Anda pasti terjaga dan bayi Anda pun sehat. Beriktu ini Tips mengenal 10 alasan mengapa kehamilan harus bebas dari rokok:

1. Bayi yang dilahirkan dari ibu perokok memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan bayi yang dilahirkan dari ibu non perokok. Berat badannya akan berkurang rata-rata seperempat kilogram dan cenderung lahir lebih awal serta memerlukan perawatan ekstra setelah lahir.

2. Merokok mempertinggi kelahiran prematur dan bayi meniggal saat dilahirkan. Hasil studi terbaru menyatakan bahwa rokok menyebabkan risiko kelahiran prematur meningkat hingga 30%.

3. Ibu yang masih tetap tidak merokok setelah melahirkan berarti melindungi bayi dari kemungkinan mengalami asma, infeksi telinga kronis dan gangguan kesehatan lainnya.

4. Merokok dapat membunuh bayi. 13% wanita Amerika Serikat masih tetap merokok saat hamil. Jika seluruh wanita hamil di negara tersebut berhenti merokk, US Public Health Service merperkirakan kematian bayi dapat diturunkan hingga 10%.

5. Hasil studi menunjukan bahwa bayi yang lahir dari wanita perokok berisiko 2 kali lebih besar mengalami kematian bayi mendadak (sudden infant death syndrome) dibandingkan dengan bayi dari ibu non perokok.

6. Wanita hamil perlu menghindari paparan asap rokok. Studi pun memperkirakan bahwa paparan teratur terhadap asap rokok bisa menggangu proses pertumbuhan janin, sehingga mempertinggi risiko lahirnya bayi dengan berat badan rendah.

7. Wanita yang merokok selama kehamilan berlangsung, besat kecenderungannya memiliki bayi dengan cacat lahir. Salah satu studi menemukan bahwa janin yang memiliki gen predisposisi berisiko tinggi mengalami gangguan pembentukan celah bibir dan/atau celah langit-langit, jika ibu tetepa merokok saat usia kehamilan mencapai trimester ketiga.

8. Merokok mempertinggi risiko wanita mengalami kehamilan ektopik (di luar kandungan), yaitu embrio akan tertanam di saluran tuba atau tempat abnormal lainnya, bukan di dalam rahim.

9. Wanita perlu berhenti merokok saat menyusui. Karena nikotin dalam rokok dapat mengalir menuju bayi melalui ASI.

10. Merokok tidak baik bagi kesehatan, tanpa pandang jenis kelamin, baik wanita itu hamil atau tidak.



Related Post


  • Tips Sederhana Meningkatkan Kesuburan
  • Tips Mengenali Bahaya Rokok Bagi Tubuh
  • Tips Praktis Hilangkan Bau Asap Rokok
  • Tips Memilih Terapi Berhenti Merokok
  • Tips Mengenal 15 Alasan Pria Malas Berkomitmen

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner