Jul
21st

Area intim perempuan atau vagina atau seringkali disebut dengan miss V, adalah area yang penting dan perlu dijaga kebersihannya. Menurut Dr. Tina Wardhani, SpKK, pakar kulit dan kelamin yang berpraktek di Klinik Sakti Medika, Tebet Barat, Jakarta, vagina yang sehat adalah vagina yang tanpa keluhan – tidak gatal, tidak becek, tidak ada peradangan/iritasi serta keputihan. Namun kadang wanita punya sejumlah kebiasaan yang justru membuat Miss V terabaikan kesehatannya. Berikut ini adalah Tips aman menjaga dan merawat kesehatan area intim wanita:

1. Agar tidak memicu kelembaban di daerah vagina dan area sekitarnya, pilih celana dalam dari bahan katun yang agak longgar. Hindari pula penggunaan stocking dengan model sampai menutup pantat. Karena model stocking ini akan memicu kelembaban. Gunakan model stocking yang hanya sampai pantat sebagai penggantinya.

2. Ganti panty liners setiap 2 jam sekali. Jika tidak cairan vagina akan kontak dengan kulit di sekitar area intim. Hal ini semakin penting jika Anda adalah perempuan dengan aktivitas tinggi. Biasanya cairan yang akan diproduksiberbanding lurus dengan tingginya aktifitas Anda.

3. Usahakan membawa botol air ketika buang air kecil di toilet umum agar bisa membersihkan miss V dengan air. Lalu keringkanlah dengan tissue berserat rapat.

4. Anda tidak terlalu dianjurkan untuk menggunakan sabun atau cairan khusus pembersih vagina terlalu sering. Saat mandi pagi, sore atau malam, barulah Anda boleh membersihkan vagina dengan sabun atau cairan khusus. Ingat, di dalam Miss V Anda, ada kuman normal yang bertindak sebagai benteng pertahanan vagina, sehingga kalau kuman normal tersebut ikut mati maka kuman jahat akan leluasa bergerak. Lakukanlah proses pembersihan tersebut dengan cara yang benar, yaitu dengan cara sambil berjongkok, bukan berdiri. Karena dengan berjongkok semua cairan atau sisa-sisa keputihan akan keluar.

5. Konsumsi buah dan sayur. Keduanya berpengaruh untuk kesehatan seluruh area intim Anda.

6. Minum minimal 2 liter air per hari. Air yang masuk dalam jumlah banyak akan membuat Anda buang air kecil. Hal ini baik untuk ‘membilas’ saluran kencing.

7. Hindari keiasaan menggaruk Miss V yang gatal karena keputihan. Kalau luka, maka area itu akan semakin lembab. sehingga kuman akan senang bersarang di sana.

8. Cukum minum vitamin, mineral dan zinc. Penyembuhan luka atau lecet pada Miss V akan sangat terbantu oleh zinc.

9. Sebaiknya cepat konsultasikan ke dokter bila terjadi keputihan yang tidak normal -dapat diindentifikasi dari kuantitas, warna dan bau- Jangan menundanya. Apalagi jika area tersebut luka, karena kuman akan senang bersarang di sana.



Related Post


  • Tips Memilih Pakaian Dalam Untuk Merawat Organ Intim Wanita
  • Tips Memilih Tes Kesehatan Wanita Menurut Usia
  • Tips Cepat Mengatasi Migren
  • Tips Mengenal Tes Kesehatan Untuk Wanita
  • Tips Aman Transaksi Online Dgn Internet Banking

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner