Pasca melahirkan umumnya tubuh menggemuk, bahkan bisa mencapai puluhan kilogram. Masa cuti telah usai, tubuh belum kembali ke ukuran normal, namun Anda sudah kembali ke kantor. Apa yang bisa dilakukan agar tubuh kembali langsing? Menurut dr. Fiastuti, dokter gizi dari klinik Nutrifit, untuk kembali langsing Anda hanya perlu mengubah sedikit kebiasaan-kebiasaan kecil, terutama setelah bekerja. Sekali dua kali memang terasa menyiksa, tapi jika sudah terbiasa, Anda akan dapat menikmatinya. Berikut ini Tips kembali langsing setelah cuti melahirkan:

1. Jalan Kaki. Bila semala ini Anda tergolong manja dengan selalu memarkir mobil dan diantar sopir hingga persis di depan pintu kantor, sebaiknya kebiasaan ini mulai Anda tinggalkan. Bakar lemak tubuh Anda dengan jalan kaki. Dengan jalan kaki yang dilakukan selama 30 menit akan membakar 3.5 kg lemak per tahun. Anda tidak harus memutari kantor setiap pagi, cukup dengan mencoba kebiasaan baru. Parkir atau turun dari mobil di tempat yang agak jauh dari kantor. Hindari terlalu lama duduk, tapi gantikanlah dengan sering-sering berjalan-jalan. Misalnya, jika Anda butuh sesuatu pada rekan yang berada di ruangan lain, hampiri dia. Jangan melulu menggunakan telelpon untuk menghubunginya, tapi manfaatkan kaki Anda.

2. Gunakan Tangga. Jangan terlalu manja dengan melulu menggunakan lift. Jika ruangan Anda hanya beberapa lantai, lebih baik menggunakan tangga daripada menunggu lift, agar lemak-lemak di paha ikut terbakar, serta menguatkan tulang Anda. Awali dengan yang ringan-ringan saja, misalnya mulailah dengan naik satu lantai saja. Kemudian tambahkan porsinya secara bertahap. Lama-lama Anda akan terbiasa. Tidak perlu setiap hari, tapi setidaknya lakukan 3 kali dalam seminggu. Kenakan sepatu yang agak longgar di depan, sehingga Anda tidak cedera.

3. Minum Air Putih. Banyak orang membiasakan makan ketika mereka jenuh. Padahal minum air putih jauh lebih baik. Karena aair putih tidak membuat Anda menggemuk karena air putih tidak mengandung kalori. Fungsi air dalam tubuh membawa nutrisi dan membuang racun serta menghanyutkan kotoran yang mengendap di dalam tubuh. Minumlah air putih sebelum makan siang, sehingga perut akan terasa penuh dan ini bisa mengurangi nafsu makan.

4. Kualitas Makan Siang. Jangan terlalu sering makan siang di luar, karena bisa menimbun banyak lemak. Lebih baik membawa lunch box sendiri dari rumah. Tapi, kalau tidak memungkinkan, Anda masih tetap bisa makan di luar dengan mempertimbangkan porsi dan asupan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Sebaiknya hindari makanan yang hanya bisa mengenyangkan, seperti goreng-gorengan, makanan manis dan yang berkalori tinggi. Pilihlah yang lebih banyak mengandung nutrisi, seperti banyak sayur dan ikannya ketimbang banyak nasinya. Usahakan juga uantuk konsisten dalam porsi. Jika porsi makan Anda cukup banyak, sedikit demi sedikit kurangi porsinya sampai pada porsi yang wajar. Setelah itu pertahankan porsi ini, sehingga bobot tubuh Anda tidak turun naik seperti yoyo.

5. Camilan Sehat. Kebiasaan yang memacu sulitnya mnurunkan berat badan adalah kebiasaan ngemil yang tidak sehat. Saat stres dan didera kejenuhan di kantor, pelampiasan yang cukup efektif adalah ngemil. Sebenarnya tidak ada yang melarang Anda untuk ngemil, tapi jenis cemilannya yang mungkin sebaiknya diganti. Jika cemilan Anda selama ini snack, kue-kue manis dan sejenisnya, kini beralihlah ke yang segar-segar, seperti jus, yogurt dan buah. Sesekali mencoba kue manis boleh-boleh saja, tapi batasi potongan kecil saja.

6. Ubah Mindset. Keberhasilan diet sebenarnya ada di otak Anda. Daripada memikirkan perut yang kelaparan, menderitanya diet Anda karena tidak bisa makan sesuka hati, sebaiknya ‘tanamkan’ pada diri Anda bahwa langsing itu cantik dan langsing itu bugar. Bila Anda merasa lapar, jangan langsung makan, tunda sejenak dan minumlah. Atau Anda bisa mengalihkan pekiran dengan melakukan kegiatan lainya. Jika memang masih lapar, Anda bisa makan, tapi pilihlah yang lebih sehat dibanding sekedar kenyang.

7. Olahraga. Gunakan waktu makan siang Anda untuk lari ke gym terdekat. Di sini Anda bisa berolah raga sepeda yang bisa membakar 800 kalori selama kurang lebih 1 jam. Atau Anda bisa melakukan olahraga bersama rekan-rekan lain selepas jam kantor dengan memanggil instruktur aerobik atau yoga. Untuk mengendalikan berat badan, aturan mainnya sebenarnya sederhana. Anda hanya perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi. Aktifitas yang efektif membakar kalori, tentunya aktifitas fisik. Jadi, banyak-banyaklah bergerak bisa cepat langsing.



Related Post


  • Tips Pintar Cuti Tanpa Stres
  • Tips Bergaya Busana Agar Berpenampilan Langsing
  • Tips Cepat Alami Tampil Ramping Setelah Melahirkan
  • Tips Kupas Tuntas Baby Blues Syndrome
  • Tips Sukses Merencanakan Liburan / Cuti Kerja

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner