Jul
2nd

Dewasa ini sistem operasi (operation system) linux semakin banyak digunakan baik secara perorangan maupun oleh instansi-instansi. Perbedaan utama Linux dengan sistem operasi yang lain terletak pada kernel -kernel merupakan semacam perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi- dan komponen-komponennya yang bebas terbuka. Salah satu faktor yang mempersulit penetrasi Sistem operasi linux ialah keraguan para pengguna komputer unutk melepaskan sistem operasi yang sudah ada. Berikut ini Tips cermat kupas tuntas mempertimbangkan memilih sistem operasi linux:

A. Kelebihan

1. Merupakan sistem operasi bebas dan terbuka sehingga tidak ada biaya lisensi.

2. Mudah digunakan bahkan hampir semudah menggunakan windows, karena Linux sudah menyediakan Graphical User Interface (GUI) yang bagus, tidak melulu menggunakan text command sebagaimana generasi Linux awal.

3. Keamanan yang lebih ungguk daripada Windows. Dapat dikatakan , hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, amir tidak terjadi pada linux.

4. Relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX dikenal stabil berjalan tanpa henti. Mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibility). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas linux.

B. KEKURANGAN

1. Banyak pengguna yang masih belum terbiasa denga Linux dan masih Windows minded.

2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, Anda dapat melihatnya di linux-drivers.org atau LinuxHardware.org.

3. Proses instalasi software/aplikasi yang tidak semudah windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke Internet atau bila mempunyai CD.DVD repositornya. Bila tidak, maka Anda harus men-dowload satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.

4. Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti linux), maka mau tidak mau harus memepelajari lebih detil karakteristik sistem operasi ini lebih dulu, tidak hanya dari buku, namun juga dari internet atau dari forum komunitas linux.



Related Post


  • Tips Cermat Membeli Rumah di Kawasan Bebas Banjir
  • Tips Cermat Memilih Jamu Instan
  • Tips Ampuh Mencegah Jerawat di Punggung dan Dada
  • Tips Kupas Tuntas Fakta Manfaat Cokelat
  • Tips Kupas Tuntas Gaya Rambut Model Bob

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner