Melanjutkan posting saya sebelumnya tentang Tips Jitu Membeli Mobil Bekas (Second Hand), maka pada posting kali ini akan dibahas lebih spesifik tentang mobil bekas dengan merk Toyota Great Corolla 1994. Mengapa? 1) Seperti halnya beberapa mobil-mobil bekas tertentu, masing-masing dari mereka punya keunikan tersendiri dan mereka memiliki pangsa pasar tersendiri. 2) Selain bentuknya yang tidak pernah out-of-date, pasaran harga purna jualnya pun relatif stabil (berkisar antara 60-70 juta rupiah dan harga tinggi biasanya ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri). Namun seperti halnya membeli mobil second hand yang lain, Anda pun dituntut teliti mengamati barang tersebut, agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ini Tips Teliti Membeli Mobil (Second Hand) Toyota Great Corolla 1994:

1. Body. Tentang body mobil, mengingat tahun pembuatannya juga relatif lama, maka pasti ada beberapa bagian dari body yang sudah ‘dipoles’atau bahkan di-byur (cat ulang keseluruhan). Yang perlu Anda cermati disini ada presicion dari alur-alur bukaan body, seperti posisi kap mesin dan alur garis pintu. Selain itu, bentuk spatboard depan Toyota Great Corolla 1994 memiliki ciri yang membedakan dengan Toyota Great Corolla 1993, yaitu pada ujung bawah yang sedikit meruncing.

2. Lampu. Periksa bagian ini satu persatu mulai dari fungsi lampu kota, lampu jauh dan sign lamp. Perhatikan bentuk lampu belakang original Great Corolla 1994 yang mempunyai ciri kombinasi warna putih dan merah. Pada Toyota Great Corolla 1993 kombinasi warnanya adalah kuning dan merah, bahkan pada beberapa mobil kombinasi lampu belakang ini diganti dengan plat plastik berwarna hitam.

3. Jok. Jok original Toyota Great Corolla 1994 adalah dari kain wol berwarna abu-abu. Di beberapa mobil, karena alasan kondisi jok yang sudah tidak bagus, diganti dengan bahan leather.

4. Air Conditioner (AC). AC merupakan salah satu bagian perlu Anda cermati kondisinya, karena ali-alih Anda menikmati kenyamanan mobil, Anda justru disibukan oleh perbaikan AC mobil Anda. Indikator pemeriksaannya mudah: 1) Anda cukup menyalakan mobil dan AC, tunggu 5 menit apakah ruangan kabin mobil menjadi dingin atau tidak. 2) Perhatikan perubahan RPM ketika AC dinyalakan, apabila tidak berubah, berarti ada masalah pada dinamo AC-nya. Hal ini akan menyebabkan timing belt AC cepat aus dan rusak (putus), kadang bisa sampai mengeluarkan suara parau ketika timing belt bergesekan dengan body dinamo yang tidak berputar.

5. Power Window. Perbaikan power window kadang gampang-gampang sudah. Untuk itu, periksa satu persatu kondisi power windows untuk semua pintu. Periksa pula central kontrol untuk power window di pintu kemudi serta central lock-nya.

5. Test Drive. Toyota Great Corolla 1994 memiliki kelemahan (karena usia) pada komponen Ball Joint, Power Steering dan Kopel. Untuk memeriksanya, Anda cukup melakukan test drive. Jalankan mobil pada jalan halus dan berbatu. Rasakan putaran steer-nya ketika Anda belokan/putar dalam keadaan diam dan dengarkan suara yang mungkin keluar dari bagian bawah mobil dan roda-roda ketika melaju. Kalau terdengar suara ‘gemerutuk’ berarti bagian komponen-komponen tersebut telah bermasalah.



Related Post


  • Tips Jitu Membeli Mobil Baru
  • Tips Praktis Membeli Mobil Bekas (Second Hand)
  • Tips Menghindari Perilaku Salah Penggunaan Mobil
  • Tips Pintar Mengatasi Akal-Akalan Montir Bengkel
  • Tips Menjaga Cat Mobil Tetap Berkilau

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner