May
18th

Tidak ada istilah terlalu dini untuk memperkenalkan anak Anda pada dunia membaca. Membaca adalah jendela dunia. Jadi, kebiasaan membaca di usia dini akan berlanjut terus sampai dia dewasa nanti, dan hal tersebut sangat baik untuk menjadikannya seorang yang berwawasan luas. Berikut ini adalah Tips mudah memotivasi anak untuk membaca:

1. Sosialisasi Dini. Bicara dengan anak Anda tentang apa yang sedang Anda baca, seperti berbagi artikel koran dan majalah yang menarik, tunjukkan indah kata-kata dari buku dan perkenalkanlah kosakata-kosakata baru kepadanya.

2. Berikan Alternatif Pilihan. Berikan pilihan dari beberapa buku-buku terbaik untuk anak Anda sehingga ia selalu bisa menemukan salah satu yang paling menarik baginya. Biarkan anak memilih sendiri buku. Jika Anda memilih buku mereka dan mereka tidak tampaknya menikmati membaca, mereka mungkin menemukan buku yang Anda pilih membosankan. Biarlah mereka menemukan buku-buku tentang hal-hal yang menarik bagi mereka. Mereka mungkin menemukan banyak buku yang akan Anda bahkan tidak mengira dia akan memilihnya.

3. Pembahasan Bersama. Lakukan sedikit pembahasan ringan dan santai tentang buku yang baru saja mereka baca. Tanyakan tentang tema, karakter cerita dalam buku tersebut dan bagaimana kaitan cerita dengan kehidupan nyata. Misalnya implementasi cerita tentang kejujuran, berbakti pada orang tua dan keberanian dalam kehidupannya sehari-hari.

4. Reward. Berikanlah penghargaan pada anak Anda untuk keinginannya membaca buku-buku baru.

5. Apabila Memugkinan, Buatkan Ruang Perpustakaan di Sudut Rumah Anda. Tidak perlu besar dan lengkap, namun setidaknya Anda dan dia bisa menikmati suasana membaca di sana. Lama-lama, dia akan terbiasa dengan sausana dan budaya membaca, sehingga apabila dia menginginkan buku untuk dibaca, dia akan ke ruang ‘perpustakaan’ tersebut.



Related Post


  • Tips Efektif Mendorong Anak Agar Senang Membaca
  • Tips Memberi Stimulasi Anak di Masa Golden Age
  • Tips Agar Si Kecil Tidak Menangis Saat Disuntik
  • Tips Smart Melatih Anak Menjadi Kutubuku
  • Tips Membantu Si Kecil Belajar Tentang Waktu

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner