May
14th

Anda sering mendengar tentang perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional adalah perusahaan asing yang yang melakukan kegiatan operasionalnya di banyak negara, seperti misalnya IBM, Cisco, Microsoft dsb. Karena kegiatannya ini, perusahaan multinasional banyak merekrut pegawai dari berbagai negara. Dalam banyak hal, perusahaan multinasional benar-benar berbeda dibandingkan dengan perusahaan lokal. Banyak orang yang ingin sekali bergabung dan menjadi pegawai perusahaan multinasional. Mengapa? Perusahaan multinasional mampu menawarkan kepuasan-kepuasan kerja seperti:

1. Jaringan Kerja Perusahaan Lebih Luas. Perusahaan multinasional mempunyai orientasi yang luas, tidak terbatas di Indonesia saja. Dengan orientasi yang lebih luas ini, Anda berkesempatan dikirim ke luar negeri, baik sebagai peserta pelatihan, instruktur pelatihan, maupun menjadi ekspatriat.

2. Pendapatan Lebih Tinggi. Bukan rahasia lagi, bahwa perusahaan multinasional menawarkan gaji yang lebih tinggi daripada perusahaan biasa (nasional/swasta). Mengingat tingginya tuntutan perusahaan, gaji yang lebih tinggi itu merupakan suata hal yang wajar. Perusahaan multinasional juga memberikan fringe and benefits (fasilitas lebih). Bentuknya bisa beragam, dari fasilitas rekreasi bagi pegawai, bonus-bonus, juga fasilitas lain falam bentuk materi maupun pelatihan. Yang belum banyak diketahui, dalam perusahaan yang sama, pemegang jabatan setaraf menerima besar gaji yang berbeda. Hal ini ditentukan oleh latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, sertifikasi internasional serta prestasi kerja.

3. Deskripsi Pekerjaan Lebih Jelas. Deskripsi pekerjaan yang diberikan perusahaan multinasional lebih jelas dan tidak pernah tumpang tindih dengan pekerjaan (limpahan) yang lain. Selain itu, perusahaan multinasional juga lebih tertib mematuhi undang-undang ketenagakerjaan di mana perusahaan ini beroperasi. Karena melanggarnya berarti dikenakan sangsi yang bisa menyebabkan kerugian materi yang tinggi serta buruknya reputasi perusahaan. Jadi jangan kuatir, hak-hak Anda seperti tunjangan, asuransi serta pensiun Anda akan dipenuhi di sini.

Bagaimana Agar Anda dapat bersaing dalam sebuah perusahaan multinasional yang sangat tinggi tingkat persaingannya? Berikut adalah Tips sukses bekerja di perusahaan multinasional:

1. Ketrampilan Berkomunikasi. Kemampuan berbahasa asing sangat penting. Namun ketrampilan berkomunikasi yang efektif bukan hanya didukung oleh kemampuan berbahasa asing. Anda juga harus bijaksana menyikapi perbedaan pandangan dan pendapat dari rekan kerja dan atasan Anda (open minded). Anda tidak harus setuju setiap ada perbedaan dengan mereka, tapi Anda bisa menunjukan kepada mereka sikap tidak setuju tersebut dengan sikap yang tidak konfrontatif. Itu kuncinya! Yang penting, Anda harus memahami apa penyebab perbedaan itu, kemudian berusaha menyampaikan pendapat Anda dan membuat rekan kerja maupun atasan bisa mengerti.

2. Kemampuan Beradaptasi. Kemampuan bahasa asing memang penting, namun hanya salah satu faktir untuk bisa berkomunikasi dengan efektif. Faktor lain yang harus Anda perhatikan adalah sikap Anda dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan rekan kerja maupun atasan Anda. Hal ini meliputi, itikad kerja yang baik, integritas, kematangan emosi, motivasi tinggi dan tidak cepat puas. Perusahaan multinasional menetapkan tenggat waktu yang lebih ketat dibandignkan perusahaan biasa, jadi Anda harus bisa bekerja dengan cepat. Untuk itu dibutuhkan pula kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja. Selain itu mempelajari banyak hal yang berbeda, berkenalan dengan orang baru dan menerima pendapat orang lain -yang mungkin jauh berbeda- juga sangat mendukung kemampuan beradaptasi Anda.

3. Prestasi vs Masa Kerja. Kesempatan memperoleh kenaikan jabatan di perusahaan multinasional bukan ditentukan oleh lamanya Anda bekerja. Prestasi kerjalebih diperhitungkan dalam kemungkinan promosi ini. Jenjang karir di perusahaan multinasional memang lebih jelas. Tetapi biarpun Anda sudah bekerja cukup lama, tanpa prestasi kerja, Anda tidak dapat berharap begitu banyak untuk bisa dipromosikan.Jadi jangan cepat puas dengan prestasi kerja Anda yang biasa saja. Langsung menduduki jabatan manajer di perusahaan mulitnasional? Mungkin saja terjadi. Asalkan Anda memiliki latar belakang pendidikan, pengalaman kerja serta prestasi kerja yang sesuai, manajemen bisa menghargai itu dan mempercayakan posisi manajerial pada Anda.



Related Post


  • Tips Sukses Berbisnis Bersama Teman
  • Tips Sukses Lewati Masa Transisi Ke Dunia Kerja
  • Tips Tepat Busana Wawancara Kerja Untuk Pria
  • Tips Sukses Memiliki Profesi Ganda
  • Tips Menjadi Pegawai Yang Memiliki Karir Cemerlang

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner