May
13th

Tips Mudah Mengatasi Sifat Pelupa

May 13th, 2009 | By | Category: Tips Gaya Hidup

Lupa mematikan air kran di kamar mandi, charger ponsel tertinggal di rumah atau lupa janjian dengan rekanan, mungkin sebagian dari hal-hal yang pernah Anda alami selama ini. Sifat pelupa kadang memang membuat semuanya menjadi kacau dan berantakan. Berikut ini Tips mudah mengatsi sidat pelupa Anda:

1. Punya Rencana. Seseorang yang punya sifat pelupa, wajib memiliki daftar untuk menulis semua rencana, termasuk hal-hal kecil sekalipun dan bikin check-list. Misalnya menulis daftar barang belanja yang akan Anda beli. Coret setiap hal yang sudah Anda lakukan. Lama kelamaan, Anda akan terbiasa bikin perencanaan dan tidak (cepat) lupa, sehingga hidup Anda lebih terorganisasi.

2. Lebih Rapi. Kacamata tertinggal di kamar mandi, sikat gigi tertingal dirumah saudara dsb. Untuk itu, tempatkan barang-barang pribadi Anda di satu tempat sehingga Anda mudah mengeceknya jika tidak ada. Sebaliknya, jangan mencampur semua barang menjadi satu, tempatkan sesuai jenisnya.

3. Jangan Panik. Seringkali ketika Anda lupa menaruh barang, Anda justru menjadi semakin panik dan kesal. Perlu Anda ketahui bahwa sikap panik tersebut justru akan membuat Anda semakin lupa. Jadi, sebaiknya Anda perlu menarik nafas dalam-dalam sejenak dan tenangkan diri dulu. Karena di saat santai, Anda akan lebih mudah mengingat.

4. Kembalikan Pada Tempatnya. Karena kesibukan dan keterbatasan waktu yang Anda miliki, kadang Anda sembarangan menaruk barang-barang Anda. Untuk itu, mulai sekarang, biasakan untuk berdisiplin mengembalikan barang pada tempat semula (atau ke pemiliknya, jika Anda meminjamnya), setelah selesai dipergunkan. Dan buat barang-barang milik Anda yang dipinjam, mintalah pada siapa pun yang meminjam buat mengembalikannya di temapt semula.

5. Mengulang. Seringlah mengulang-ulang apa yang hendak diingat aau dihafal. Langka ini membantu memudahkan ingatan dalam memperhatikan hal-hal penting. Misalnya, ulangi dalam hati kalau hari ini Anda harus menelpon klien penting, dsb.

6. Minta Tolong Teman. Masih belum bisa juga menghilangkan sifat pelupa Anda? Coba minta tolong teman atau pacar untuk membantu. Katakan padanya untuk mengingatkan Anda jika bermaksud mengerjakan sesuatu hari ini. Jika teman Anda keberatan, gunakan fasilitas reminder di ponsel. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa otak Anda bekerja seperti halnya harddisk, jadi semakin banyak ruang sisa (freespace) akan semakin cepat kerjanya. Anda bisa membantu kerja otak Anda untuk dengan mengurangi memorynya hanya untuk hal-hal penting saja, sedangkan hal-hal yang tidak terlalu penting (nomor telepon, formula perhitungan, jadwal bertemu klien, to-do-list-job) bisa Anda ‘serahkan’ kepada organizer yang sekarang bisa berbentuk buku, ponsel, ataupun PDA.

7. Jangan Menunda. Semua poin diatas akan membantu mengatasi sifat pelupa Anda kalau segera dilakukan. Menunda-nunda melakukannya, membuat Anda malah ‘menabung’ permasalahan.



Related Post


  • Tips Mudah Mengatasi Kebotakan
  • Tips Mudah Mengatasi Bayi Takut Mandi
  • Tips Mengenali Menu Makanan Sehat Buat Si Pelupa
  • Tips Merubah Sifat Minus Jadi Sifat Plus Anda
  • Tips Jitu Mengatasi Menangis Di Kantor

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner