Dalam urusan bersyukur, ungakapan size does matter kadang masih sering berlaku. Anda mungkin masih sering berhitung tanpa Anda sadari, seperti Anda mengucap syukur hanya ketika memperoleh nikmat yang ‘terhitung’ besar: mendapatkan bonus, naik jabatan, pernyataan cinta Anda diterima, menang doorprize dan sebagainya. Sedangkan untuk hal-hal yang sederhana, sering sekali Anda lupa atau bahkan menganggapnya hal biasa, sehingga merasa tidak perlu Anda syukuri. Padahal, banyak hal-hal di sekitar Anda yang sebenarnya merupakan ‘anugerah tersembunyi’ yang sudah sepantasnya Anda syukuri. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangatlah pedih” , demikian bunyi salah satu ayat dalam surat Ibrahim ayat 7 (QS 14:7). Dengan kata lain Alloh akan selalu menambahkan nikmat yang diberikan kepada Anda,apabila Anda selalu mensyukuri nikat yang diberikannya tersebut, sekecil apapun nikmat itu. Selalu mensyukuri hidup merupakan gerbang awal menuju kebiasaan berpikir positif dalam hidup. Berikut ini Tips selalu mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup Anda:

1. Gaji Kecil. Setidaknya Anda punya pekerjaan tetap dan tidak termasuk satu dari puluhan juta pengangguran yang ada di Indonesia. Lagipula kalau akan menambah pemasukan, tersedia segudang cara.

2. Jalanan Macet. Bersyukurlah karena bertumbuknya kendaraan menunjukan Anda tinggal di kota besar, dimana transportasi bukanlah kendala dalam bepergian. Bandingkanlah dengan orang-orang yang tinggal di pedalaman yang harus berjalan kaki melintasi hutan dan bukit untuk menujut tempat tujuannya.

3. Rumah Sempit. Anda masih punya temapt berteduh, tidak seperti tunawisma yang selalu hidup nomaden di emperan toko dan kolong jambatan. Rumah sempit juga menunguntungkan, setidaknya Anda tidak perlu capek dalam membersihkannya serta pembayaran PBB-nya pun tidak terlalu mahal.

4. Orang Tua Bawel. Bersyukurlah karena orang tua masih punya energi untuk ngomel-ngomel, bukannya terbaring tidak berdaya di tempat tidur karena sakit.

5. Rambut Sulit Diantur. Anda memiliki ‘mahkota’ untuk ditata -meski harus bangun pagi-pagi untuk catok dan blow. Bayangkan mereka yang harus kehilangan rambut karena efek kemoterapi.

6. Pakaian Di Lemari. Anda dapat memiliki baju yang bisa dikenakan bergantian setiap hari -meski modelnya tidak up to date. Bayangkan mereka yang terpaksa memakai baju itu-itu saja hingga butut karena tidak ada pilihan lainnya.

7. Satu Liter Beras. Bersyukurlah karena memiliki persediaan makanan untuk hari esok, sementara banyak manusia di dunia yang kurus kering dan mengalami malnutrisi akibat kekurangan pangan.

8. Kaki Pegal. Anda masih merasakan letih setelha kaki digunakan untuk berlari, berdiri di atas bus maupun turun-naik lantai gedung. Bayangkan mereka yang kakinya cacat sejak lahir atau harus diamputasi karena suatu hal.

9. Rekening Di Bank. Bersyukurlah karena memiliki cadangan uang -meskipun nomunalnya terus menyusut seteiap mendekati akhir bulan. Bersyukurlah juga saat menemukan uang receh di saku baju, selipan dompet dan tempat-tempat tak terduga lainnya. Anda lebih kaya dari jutaan manusia lain yang harus mengemis demi uang.

10. Dosen Galak. Disisi lain, Anda mampu mengenyam pendidikan dengan layak hingga jenjang kuliah. Pikirkan berapa juta anak yang terpaksa putus sekolah.

11. Pemadaman Listrik Bergilir. Artinya, daerah temapt Anda tinggal dialiri listrik. Tanpa listrik, Anda tidak bisa menontonTV, bermaik komputer, charge ponse, menyalakan AC dan sebagainya.

12. Kakak/Adik Reseh. Bersyukurlah karena memilik keluarga dan tidak hidup sebatang kara di dunia.

13. Tampang Pas-Pasan. Sebagai cewek, Anda aman dari godaan cowok-cowok iseng -yang cenderung kurang ajar- seperti yang sering dialami cewek-cewek cantik. Sebagai cowok, Anda mungkin akan dicap sebagai laki-laki setia justru karena tampang pas-pasan Anda. Bayangkan kalau dengan wajah tampan, Anda justru dicap sebagai seorang playboy, yang tentunya Anda akan susah mendekati cewek.

14. Keuangan Keluarga Memprihatinkan. Karena terbiasa hemat, Anda punya daya juang besar dalam menghadapi kerasnya kehidupan dibanding mereka yang sejak kecil berlimpah kemewahan.

15. Disuruh Kerja Lembur. Bersyukurkah karena diberi kepercayaan oleh atasan. Jika atasan meragukan kempampuan Anda, kecil kemungkinan mereka memberikan tugas ekstra.

16. Ponsel Butut. Bersyukurlah karena Anda telah mampu membelinya. Bayangkan mereka yang menyisihkan uang untuk makan saja terkadang masih sulit.

17. Orang Terdekat Meninggal. Bersyukurlah karena Anda telah diberikan sekian waktu oleh tuhan untuk melewati hari-hari indah bersama mereka.

18. Digosipkan. Artinya, masih ada orang yang memperhatikan keberadaan dan tingkah laku Anda. Berhubung bukan seleb dan politikus, gosip seputar Anda pun beredarnya cuma di lingkup terbatas -bukan skala nasional.

19. Musik Berisik. Bersyukurlah, karena sejelek apapun lagu yang Anda dengar, setidaknya fungsi telinga masih normal. kalau masih pusing karena berisik, Anda tinggal menutup telinga Anda untuk sementara waktu.

20. Kehujanan di Jalan. Hujan turun dengan lebatnya ketika Anda tengah menuju kantor, sehingga Anda harus basah kuyup dibuatnya. Bayangkan daerah yang kering kerontang dan tandus karena tidak pernah diguyur hujan sepanjang tahun. Selain itu, hujan yang mengguyur Anda tidak serta merta membuat banjir bah yang dahsyat.

21. Ban Kempes. Masih beruntung hanya ban kempes yang menjadi masalah sehingga Anda hanya perlu mencari tambal ban untuk memperbaikinya dan biaya yang Anda keluarkan pun juga tidaklah besar. Kejadian lebih parah bisa saja menimpa motor Anda, misalnya pada bagian seker atau bagian mesin yang lain sehingga membutuhkan biaya yang besar.

22. Tubuh Tidak Terlalu Tinggi. Tinggi badan Anda hanya merupakan salah satu faktor kecil dari seluruh potensi yang Anda miliki. Anda masih punya kepintaran, wajah yang lumayan menarik dan kemampuan bergaul yang baik.

23. Badan Kurus Tidak Berisi. Banyak orang yang memiliki tubuh gemuk susah untuk mendapatkan ukuran baju yang sesuaidisamping tentu saja tubuh gemuk berpotensi terhadap munculnya berbagai penyakit dalam seperti jantun, kelebihan kolesterol ataupun darah tinggi.

24. Ditolak Cinta. Jika Anda mengalami penolakan ketika menyatakan cinta Anda, makan Anda adalah salah satu orang yang justru beruntung karena pernah mengalaminya. Karena Anda bisa merasakan salah satu perasaan paling menyakitkandalam hidup tersebut, sehingga hal tersebut justru akan mendewasakan Anda serta mematangkan emosi Anda di masa yang akan datang.

25. Motor Butut. Banyak orang disekitar Anda yang kesulitan menuju ke tempat tujuan tertentu karena keterbatasan alat transportasi atau mereka yang harus naik bis sehingga sering terlambat ke kantor karena ketidakpastian jadwal keberangkatan bus. Bersyukurlah karena biarpun Motor Adan butut tapi tidak pernah mogok.



Related Post


  • Tips Memotivasi Diri Dgn Kumpulan Kata Mutiara Terbaik Sepanjang Masa
  • About
  • Tips Mudah Menentukan Pasangan Hidup
  • Tips Bijak Mengatasi Sifat Sombong Pada Anak
  • Tips Memilih Sepatu Untuk Si Kecil

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner