May
6th

Tips Sukses Menghadapi Sidang Skripsi

May 6th, 2009 | By | Category: Tips Karir

Semua ujian semester sudah Anda lalui, tinggal selangkah lagi untuk menentukan kelulusan Anda. Kerja keras lebih dari 3 tahun akan diuji oleh dosen di hari keramat ini. Biar makin tenang menghadapi pertanyaan penguji yang kadang diluar dugaan, berikut ini Tips sukses menghadapi sidang skripsi:

1. Pelajari Materi Sidang. Pelajari mata kuliah yang berhubungan dengan skripsi Anda. Pertanyaan dari penguji pasti tidak jauh-jauh dari skripsi Anda. Selama tenang, Anda pasti bisa menjawab semua pertanyaan dari mereka. Siapkan bahan pembuka sebagus mungkin yang mencakup kesimpulan isi skripsi Anda. Jangan lupa latihan di depan cermin sebelum maju.

2. Pertahankan Argumentasi. Cobalah untuk mempertahankan argumentasi, karena dosen bisa melihat apakah Anda benar-benar melakukan penelitian atau tidak. Tapi jangan sampai bersikap defensif. Karena hal tersebut bisa membuat suasana sidang menjadi ‘panas’ karena perdebatan. Ada kalanya Anda menerima pendapat mereka sebagai masukan skripsi Anda.

4. Sportif. Sikap sportif tidak hanya ada pada kamus olahraga, pada sidang skripsi pun Anda harus dapat bersikap sportif. Kalau Anda tidak bisa menjawab, jujur saja Anda sampaikan bahwa Anda memeng tidak tahu. Yang penting tetap tenang, karena sekalinya Anda tegang dan grogi, Anda bisa blank di depan para dosen penguji.

3. Cairkan Suasana. Tanya senior Anda tentang karakteristik dosen penguji yang terlibat dalam skripsi Anda. Untuk mencairkan suasana, Anda bisa membawa camilan atau kue-kue kecil untuk para dosen penguji ketika sidang berlangsung. Secara personal, beberapa dosen penguji menyukai hal tersebut dan akan menilai ‘keluwesan’ Anda. Tapi jangan sampai hal ini seakan-akan masuk dalam ‘gratifikasi’.



Related Post


  • Tips Sukses Lewati Masa Transisi Ke Dunia Kerja
  • Tips Efektif Menyelesaikan Skripsi/Tugas Akhir
  • Tips Fengshui Meraih Sukses Lewat Meja Kerja
  • Tips Membuat Daftar Isi Otomatis Pada MS Word
  • Tip Sukses Melakukan Bulan Madu Kedua

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner