Mar
31st

Mobilitas tampakanya menjadi kunci kegiatan dewasa ini. Salah satunya adalah penyimpanan data dalam sebuah hardware khusus yang memungkinkan pemiliknya membawa data digital dalam jumlah besar dengan nama harddisk eksternal. Sebuah harddisk eksternal terdiri dari 3 komponen utama, yakni harddisk sebagai tempat penyimpanan data, casing yang berfungsi sebagai pelindung harddisk sekaligus juga merupakan sebuah rangkaian yang bertugas mengkonversi data di harddsik agar dapat dibaca komputer, dan kabel USB sebagai penghubung. Kapasitas penyimpanannya dapat berkisar antara 160 GB – 500 GB. Untuk saat ini, merk harddsik eksternal yang cukup banyak direkomendasikan, adalah: merk Free Agent dari Seagate, karena selain ‘pemain lama’, seagate juga memiliki kualitas di atas rata-rata. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan untuk merk-merk yang lainnya pada masa yang akan datang. Berikut ini adalah Tips jitu memilih harddisk eksternal:

1. Sistem Operasi. Perhatikan baik-baik sistem operasi apa saja yang kompatibel dengan harddisk eksternal tersebut. Tidak semua sistem operasi mendukung. Namun pada umumnya Sistem operasi Windows XP1, Windows XP2 dan Windows XP3 sudah mendukung fungsi hardware ini.

2. Masa Garansi. Tanyakan berapa lama masa garansi diberikan. Sebuah produk yang bagus umumnya memberikan garansi lebih lama, sebagai jaminan bahwa produk tersebut benar-benar berkualitas.

3. Kecepatan R/W. Lihat berapa kecepatan read dan write dari produk tersebut. Kecepatan ini berpengaruh pada cepat lambatnya proses transfer dari harddisk ke PC/Laptop atau sebaliknya.

4. Casing. Casing atau pembungkus luar sangat berpengaruh terhadap ketahanan fisik sebuah harddisk eksternal. Karena itu harddisk eksternal dengan casing metal sangat disarankan.

5. Kapasitas. Sesuaikan kapasitas penyimpanan dengan kebutuhan



Related Post


  • Tips Jitu Mengatasi Menangis Di Kantor
  • Tips Jitu Memilih Tur Bulan Madu (Honeymoon Tour)
  • Tips Jitu Solusi Mengatasi Pacar Benalu
  • Tips Praktis Membersihkan Personal Computer (PC)
  • Tips Jitu Memilih Pakaian Untuk Bayi

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner