Mar
27th

Diare terjadi jika tinja menjadi encer, mengandung banyak air, mudah sekali keluar, warnanya kehijauan, dan kadang disertai lendir atau darah. Frekuensi buang air besar (BAB) pada kasus diare lebih dari 3 kali sehari. Makin sering BAB, makin berat keadaanya. jika diare dibiarkan, akan menyebabkan dehidrasi. Gejalanya adalah berkurangnya elastisitas kulit, kulit kelihatan berlipat-lipat jika dicubit, jika diberi air minum maka langsung dimuntahkan, dan matanya cekung ke dalam. Jika keadaan bertambah buruk anak akan menjadi pasif, pernafasannya terganggu, terjadi hipoglikemi yang dapat menyebabkan edema otak serta mnimbulkan kejang dan koma. Bahkan, terjadi kematian jika pertolongan yang tepat tidak segera diberikan. Berikut ini adalah Tips mudah mengatasi diare pada balita Anda:

1. Berikan banyak cairan. Bayi Anda harus menerima 150-200 ml minuman (1 gelas) per kg berat badan selam sehari sebagai pengganti cairan yang keluar bersama tinja.

2. Berikan Cairan Pengganti. Cairan yang dapat Anda berikan yaitu ASI, jus buah, air putih, atau oralit. Anda bisa membuat oralit sendiri dengan cara: 1) larutkan 1 sdt garam, 8 sdt gula ke dalam 5 gelas air matang. 2) Berikan larutan tersebut sesuka bayi, 2 gelas atau 3 gelas. Setelah 1 gelas garam-gula (oralit) tersebut setiap kali mencret

3. Berikan Makan Pengganti Cairan. Jika diare disertai muntah-muntah, pemberian minuman menjadi susah, bahkan sia-sia. Sebaiknya, buatkan makan (bubur) yang banyak mengandung air. Berikan sedikit-sedikit tetapi sering.

4. Berikan makanan yang bisa mempersingkat lamanya diare, seperti bubur yang terbuat dari tempe atau garut. Cara membuat bubur tempe yaitu 1) Dibutuhkan bahan yang terdiri atas tempe (jumlahnya paling dominan), trigu, gula halus, minyak, dan sedikit garam. 2) Cara pengolahannya dalam bentuk semi instan, yaitu tempe direbus, lalu dihaluskan. Campur dengan bahan lain. Masak dalam oven, keringkan dan giling dengan blender kering. 3) Berikan bubur dengan cara memasaknya sebentar dalam air panas.

5. Segera Bawa Ke Dokter. Jika diare semakin berat, bahkan disertai munth maka segera bawa ke dokter atu tempat pelayanan kesehatan terdekat.



Related Post


  • Tips Sederhana Mengatasi Sembelit Si Buah Hati
  • Tips Efektif Merawat Gigi & Mulut Balita/Anak
  • Tips Efektif Mengenalkan Identitas Diri Pada Batita
  • Tips Mudah Menggendong Bayi
  • Tips Mudah Mengatasi Kebotakan

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner