Mar
13th

Tidak ada pertanyaan yang terdengar ‘bodoh’ kalau Anda peduli terhadap keadaan kulit. Makin banyak pengetahuan pasti membikin Anda benar-benar berusaha menjaga keindahan dan kesehatan kulit. Anda pun jadi lebih sayang pada diri Anda sendiri. Berikut ini adalah tips kupas tuntas 30 permasalahan kulit Anda:

1. Kenapa Kulit Berjerawat? Bagaimana Menghilangkannya? Setiap orang pasti mengalami masa pubertas yang ditandai dengan munculnya jerawat. Hormon androgen (hormon pertumbuhan) menyebabkan kelenjar minyak di bawah kulit sangat aktif menghasilkan minyak yang kemudian mengental dan akhirnya mendesak keluar dalam bentuk lemak kental (biasa disebut jerawat). Pada wanita jerawat rutin akan muncul di wajah seminggu sebelum haid. Makanan berminyak atau berlemak, pemakaian kosmetik, dan faktor emosional juga memicu produksi kelenjar lemak. Rajin mencuci muka bisa meminimalisasi timbulnya jerawat. Obat jerawat efektif menghambat perkembangan kuman dan mengurangi jumlah asam lemak bebas. Seandainya jerawat tetap muncul, jangan sekali-sekali memencetnya agar kulit tetap mulus.

2. Apakah Kulit Berjerawat Boleh Memakai Scrub? Jerawat menandakan kulit Anda sensitif sehingga tidak dianjurkan memaki scrub untuk membersihkan wajah. Rawat kulit dengan hati-hati dan lakukan secara teratur supaya keindahannya terjaga.

3. Bagaimana Cara Membersihkan Wajah Yang Benar? Membersihkan wajah adalah kegiatan rutin yang harus Anda lakukan setiap pagi dan malam hari. Gunakan air suam kuku agar pori-pori kulit terbuka dan kotoran bisa luruh. Pilihlah susu pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda supaya kulit tetap lembut dan segar. Ratakan dengan telunjuk dan jari tengah kedua tangan Anda ke seluruh wajah dengan gerakan memutar ke arah luar. Bersihkan dengan tisu wajah, ulangi sekali lagi jika rias wajah Anda agak tebal atau jika Anda banyak melakukan aktifitas di luar ruangan.

4. Apa Keuntungan Masker Wajah? Masker dapat membersihkan kulit wajah secara efektif. Masker akan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga lebih cepat terjadi regenerasi sel baru di permukaan kulit. Gunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit setiap 2 minggu sekali.

5. Apakah Luluran Bisa Menghaluskan Kulit? Cara kerja luluran mirip masker yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Luluran akan membersihkan kulit dari kotoran yang menempel di tubuh Anda. Bahan yang digunakan untuk luluran bermacam-macam, ada yang berupa butiran halus dan kasar.

6. Bagaimana Cara Menghilangkan Flek di kulit? Flek hitam di wajah akan timbul jika Anda tidak tahan panas sengatan matahari. perubahan suhu dari panas ke dingin secara tiba-tiba membuat kulit ‘kaget’. Setelah 3 sampai 7 hari timbulah titik-titik hitam tersebut. Flek bisa hilang jika Anda rajin melakukan perawatan wajah atau kulit. Lindungi kulit dengan pelembab atau sun block sehingga bisa meminimalisasi sengat sinar matahari pada kulit.

7. Bagaimana Mencegah Kulit Agar Tidak Cepat Kering? Minum 6 – 8 gelas air putih dalam sehari membantu menjaga kelembaban kulit. air putih bisa memulihkan keadaan tubuh dari dehidrasi karena olah raga atau diet. Jangan terlalu sering berada dalam ruangan ber-AC karena alat pendingin ruangan tidak memiliki efek kelembaban. Jika Anda harus berada di ruangan ber-AC dalam jangka waktu lama, sebaiknya mengoleskan krim pelindung kulit atau pelembab supaya kulit tidak terlalu kering.

8. Apakah Semua Orang Perlu Pelembab? Pelembab adalah pilihan yang amat personal karena berkaitan dengan jenis kulit muka Anda. Sebenarnya hanya orang yang memiliki jenis kulit kering yang paling membutuhkannya. Bagi mereka yang memiliki jerawat berlebih disarankan memakai produk pelembab bebas minyak. Sedangkan kulit sensitif sebaiknya menghindari produk beraroma atau memiliki kandungan alpha/beta/hydroxy acid yang bisa membuat kulit iritasi.Gunakan pelembab ketika kulit tubuh terasa kering dan oleskan perlahan. Sebelum melakukan aktifitas biarkan pelembab benar-benar meresap di kulit (kering)

9. Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah? Manusia lahir dengan jenis kulit wajah berbeda-beda. Jika Anda memiliki pori-pori kulit wajah yang besar dan hal ini membuat Anda tidak percaya diri, Anda tidak bisa mengecilkan pori-pori tersebut tetapi hanya bisa mengakalinya. Pori-pori besar akan tampak jelas saat kulit kotor. Untuk mengakalinya, Anda harus rajin membersihkan wajah dari minyak agar perhatian orang tidak terfokus ke daerah tersebut. gunakan kertas minyak dan bedak supaya wajah tidak terlalu mengilap.

10. Adakah Makan Yang Bisa Membuat Kulit Sehat dan Segar? Untuk mempertahankan keseimbangan jaringan di bawah kulit, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan berkalori sesuai kebutuhan tubuh. Memakan buah-buahan yang mengandung air dan sayuran berserat sangat dianjurkan untuk kelancaran proses buang air kecil maupun besar. Pilihlah makanan yang mengandung vitamin A, B, C, E dan memiliki mineral di dalamnya. Jangan lupa menjaga berat badan normal supaya kulit tidak melar.

11. Apa Kegunaan Olah Raga Buat Kulit? Seperti halnya nutrisi, kegiatan fisik yang rutin penting untuk kesehatan tubuh serta kulit tentunya. Dengan berolah raga, metabolisme tubuh tetap terjaga dan aliran darah yang terpompa membuat kulit terlihat sehat. Olah raga akan membakar kalori berlebih serta membuat jaringan otot yang menyangga kulit tetap kencang.

12. Bagaimana Diet Tanpa Merusak Kesehatan Kulit? Ketika Anda memutuskan diet mati-matian dan membatasi pasokan makan yang masuk ke dalam tubuh, metabolisme tubuh akan melemah. Cara diet aman adalah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung antioksidan untuk menjaga kesegaran kulit. Hasil maksimal bisa Anda peroleh jika penurunan berat badan diimbangi dengan olah raga teratur supaya fungsi jaringan otot penyangga kulit tetap kencang.

13. Berapa Lama Mengembalikan Keadaan Kulit Setelah Luka? Biasanya setiap 28 hari kulit manusia mengalami pergantian atau regenerasi. Usia jadi faktor penentu bagi cepat/lambatnya pergantian sel kulit. Semakin tua usia seseorang maka proses pergantiannya semakin lambat.

14. Apakah Bekas Lukas Cacar (Bopeng) Bisa Hilang? Luka cacar yang dalam , sulit dihilangkan. Kecuali Anda melakukan operasi. Tetapi Anda bisa menutupinya dengan menggunakan alas bedak cair dibagian tersebut sehingga terlihat rata. Guankan bedak tabur supaya warnanya lebih membaur.

15. Apa Maksud SPF Dalam Kosmetik? Dulu kandungan SPF (Sun Protection Factor) hanya ada dalam tabir surya atau sun block. Sekarang Anda beruntung karena bedak ataupun pelembab yang ada dipasaran sudah dilengkapi SPF. SPF berfungsi menurunkan jumlah sinar ultraviolet (UV) yang mencapai kulit. Jika tertulis SPF 15 dalam kemasa kosmetik yang Anda gunakan, artinya kulit akan mulai terbakar setelah 15 x 20 menit = 300 menit. 20 menit merupakan batas toleransi kulit dari sengatan UV. Biasanya zat SPF yang terkandung dalam suatu kosmetikberkisar antara SPF 2 – SPF 34.

16. Bolehkah Menambah Bedak Tanpa Mencuci Muka? Sebaiknya cuci muka (paling tidak wajah dibersihkan dulu) sebelum menambah bedak. Ketika bedak luntur, setelah beraktifitas, kotoran dan debu pasti menempel di permukaan kulit. Jika Anda langsung menambahkan bedak, kotoran tersebut akan terdesak masuk ke dalam kulit dan bisa membuat kulit teriritasi.

17. Bagaimana Cara Mencegah Penuaan Dini? Biasakan membersihkan wajah secara teratur setelah beraktifitas dan gunakan sun block untuk melindungi wajah dari radiasi UV. kerutan lebih cepat tampak pada jenis kulit muka kering sehingga memerlukan pelembab. Anda bisa memperoleh pelembab alami dari makanan yang mengandung vitamin C, A dan E. Langkah terakhir, pakailah anti-wrinkle cream sebelum tidur untuk memperbaiki penampilan kulit.

18. Apakah Gejala Kanker Kulit? Noda kecil berwarna abu-abu hingga pink -kadang terasa kasar- yang muncul di wajah, telinga, leher, atau tangan perlu Anda waspadai, apalagi kalau disertai dengan benjolan. Kanker kulit dapat menyerang siapa saja dan orang yang selalu berada di luar ruangan atau sering terkena sinar matahari berlebih akan lebih berpeluang terkena kanker kulit. Segera konsultasikan ke dokter kulit jika terjadi perubahan warna atau bentuk pada kulit!

19. Benarkah Pemakaian Lotion Bisa Menyebabkan Kanker Kulit? Sinar matahari memang bisa menyebabkan kanker jika Anda terlalu lama berada dibawahnya. Pemakaian lotion yang mengandung SPF akan membantu kulit tetap lembab dan sekaligus menjaga kulit dari sengatan sinar matahari.

20. Sabun Apa Yang Bisa Memebersihkan Sekaligus Merawat Kulit? Semua sabun memiliki fungsi untuk membersihkan kulit berkat kandungan surfactant didalamnya. Bahan tersebut akan membuat minyak dan air tercampur sehingga kotoran mudah dibersihkan. Semakin tinggi kandungan surfactant dalam sabun, semakin banyak sisa minyak yang bisa diluruhkan. Pilih sabun yang paling sesuai dengan jenis kulit Anda supaya tidak terjadi iritasi. Anda juga bisa memilih sabun yang mengandung pelembab yang berfungsi membersihkan sekaligus melembabkan kulit.

21. Amankan Waxing Atau Bleaching Untuk Kulit? Waxing atau bleaching aman untuk dilakukan, kecuali kalau Andaalergi terhadap kandungan obatnya. Jika ternyata terjadi iritasi pada kulit, segera bersihkan menggunakan air dan sabun. Untuk amannya, Anda bisa meminta bantuan tenaga profesional untuk melakukannya.

22. Bolehkan Mandi Air Hangat Setiap Hari? Anda bisa menggunakan air hangat untuk mandi. Tetapi jangan menggunakan air yang terlalu panas karena akan membuat lapisan kulit paling atas cepat terkikis sehingga kulit jadi kering. Lapisan kulit paling atas yang mengandung lemak penting untuk pertahanan kulit dari sinar matahari.

23. Seberapa Penting Mandi Sauna Untuk Kulit? Penguapan akan melancarkan peredaran darah dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Sisa racun dalam tubuh ikut terbuang bersamaan dengan keluarnya keringat. Badan yang bersih dari kotoran membuat kulit lebih bersih.

24. Adakah Hubungan Antara Stress dan Kulit? Perhatikan, ornag yang stres mempunyai kebiasaan mengkonsumsi alkohol, merokok, pola makan tidak teratur dan insomnia. Semakin tinggi tingkat stres yang Anda alami maka akan semakin sering Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk untuk melepaskan diri dari stres itu sendiri. Artinya, stres punya andil dalam ‘merusak’ keseimbangan dalam hidup Anda. Stres akan memaksa tubuh bekerja lebih keras untuk memproduksi hormon (yang biasanya menjadi biang masalah kulit).

25. Seberapa Jauh Rokok Merusak Kulit? Rokok akan membuat kulit terlihat cepat tua karena mempengaruhi sirkulasi udara pada kulit dan menyebabkan keriput. Zat benzopyrene dalam asap rokok bisa menghabiskan vitamin C pada tubuh sehingga produksi kolagen menurun dan terjadilah kerutan di kulit.

26. Apakah Kulit Membutuhkan Kolagen? Kolagen membuat kulit tetap kencang dan kenyal, biasanya terdapat dalam produk pelembab dan perawatan kulit. Saat ini sudah ada suntik kolagen untuk mempercepat penyerapan molekul pada kulit. Hasilnya, keriput pada kulit berkurang dan wajah tetap kencang hingga 6 bulan.

27. Dari mana asal mula Varises? Sebenarnya varises adalah indikator tidak maksimalnya kerja pembuluh darah. Kita tahu bahwa aliran darah ‘berputar’ dalam tubuhdan pada saat kita berdiri atau berjalan maka urat darah harus melawan gravitasi untuk mendorong darah kembali ke jantung. Jadi, hindari berdiri atau memakai sepatu berhak tinggi terlalu lama. Agar kaki Anda tetap indah dan mulus.

28. Apakah Keuntungan Operasi Plastik? Operasi plastik sebenarnya digunakan untuk rekonstruksi wajah dan tubuh yang mengalami kerusakan karena kecelakaan, luka bakar, penyakit, atau cacat bawaan. Sementara operasi plastik untuk kecantikan fisik disebut cosmetic surgery. Keuntungannya tergantung pada tujuan Anda.

29. Apa Hubungan Antara Pijat dan Kulit? Pemijatan membuat tubuh rileks. Keadaan bebas stres ini membuat peredaran tubuh lebih lancar sehingga tubuh terasa lebih segar.

30. Apakah Kulit Juga Butuh Istrirahat? Kulit juga membutuhkan istirahat untuk ‘bernafas’ setelah Anda poles dengan produk kecantikan. Jika tidak punya rencana untuk keluar rumah, sebaiknya tidak perlu memakai riasan wajah. Biarkan otot wajah rileks supaya tidak cepat berkerut.



Related Post


  • Tips Ampuh Mencegah Jerawat di Punggung dan Dada
  • Tips Cermat Kupas Tuntas Memilih Linux
  • Tips Mengupas Tuntas Mitos Seputar Jerawat
  • Tips Optimal Memanfaatkan Minyak Esensial
  • Tips Kupas Tuntas Penanganan Penyakit Cacar Air

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner