Feb
18th

Tips Jitu Membeli Mobil Baru

Feb 18th, 2009 | By | Category: Tips Gaya Hidup

Jika Anda ingin membeli mobil baru, hendaknya jangan asal beli. Sebab bila salah perhitungan Anda kan rugi besar. Anda harus mencari informasi dari teman dekat, saudara, tetangga ataupun orang lain yang sudah lebih dulu memilikinya. Yang perlu diperhatikan saat mencari mobil baru adalah kualitas, suku cadang dan harga. Ketiga faktor ini, sangat mempengaruhi keberadaan sebuah mobil baru. Idealnya memang Anda mengaharapkan untuk mendapatkan mobil baru yang memilki kualitas tinggi, suku cadang tersedia dimana-mana dan harga yang tidak terlalu mahal. Berikut ini beberapa Tips untuk membeli mobil baru:

1. Suku Cadang Mudah Didapat. Banyak mobil yang dijual di pasar tidak dilengkapi dengan suku cadang (spare-parts). Jika Anda membeli mobil seperti ini, dan pada suatu saat muncul masalah, Anda tentu akan menghadapi kesulitan. Masalah ini harus diperhatikan betul oleh calon pembeli. Sebab, sekali melangkah, tanpa mempertimbangkan keberadaan suku cadang, maka kesulitas Anda akan semakin panjang. Dalam hal ini, mobil-mobil keluaran Jepang -seperti Honda, Toyota, Mitsubisi, Suzuki- lebih mudah dalam mendapatkan suku cadang-suku cadangnya. Kadang antara merk satu dengan merk yang lainnya bisa di adjust dan saling mendukung. Lain halnya dengan mobil-mobil keluaran eropa -seperti BMW, Mercedez dsb- yang agak sulit dalam memperoleh suku cadangnya dengan harga-harga murah. Dimana satu spare part untuk satu merk.

2. Jangan Tergiur Tawaran. Banyak produsen yang menawarkan berbagai macam kelebihan dan keunggulan sebuah produk. Namun, Anda sebagai calon pembeli, hendaknya jangan mudah tergiur dengan berbagai tawaran tersebut. Pertimbangkan keutungan dan kerugian yang ada di balik penawaran tersebut. Selain itu pertimbangkan pula kemudahan saat membeli kendaraan atau mobil baru tersebut. Seperti masalah garansi, dealer resmi di kota Anda, service dan ketersediaan suku cadang.

3. Pilihlah Produk Yang Unggul. Carilah keunggulan dari barang yang ditawarkan, sebab hal ini akan menguntungkan Anda. Misalnya, bahan bakar yang irit, mesinnya yang bandel dan suku cadang yang mudah didapatkan. Tetapi, Anda juga harus mempertimbangkan secara cermat setiap keunggulan produk yang ditawarkan tersebut. Karena itu, perlu pertimbangan yang matang untuk memutuskannya, baik melalui riset, meminta pendapat orang maupun lainnya.

4. Biaya Murah. Selain itu, periksa pula ongkos pemeliharaan dan perbaikan dari mobil-mobil prospektif di masa datang. termasuk ongkos bahan bakar, penyetelan reguler, perbaikan kecil maupun biaya pajak tahunan (biaya perpanjangan STNK). Perhitungan tinggi-rendahnya biaya pajak ditentukan diantaranya oleh tahun keluaran,merk dan kapasitas mesinnya -1600 cc akan berbeda perhitungan dengan 2000 cc.

5. Purna Jual. Sebagai tambahan dari poin-poin sebelumnya adalah bagaimana prospek harga purna jualnya, apakah tetap tinggi ataukah malah ‘jatuh’. Sebagai gambaran kasar, type mobil seperti toyota kijang, honda jazz dan mobil niaga keluaran Jepang lainnya masih menduduki peringkat pertama dalam hal purna jual. Sedangkan untuk type sedan, kembali mobil Jepang lebih bagus prospeknya dibanding harga purna jual mobil-mobil keluaran Eropa, seperti BMW, Mercedes, Peugeot, Volkswagen dan sebagainya.



Related Post


  • Tips Jitu Memodifikasi Mobil
  • Tips Jitu Membeli Dolar
  • Tips Teliti Membeli Mobil Toyota Great Corolla 1994
  • Tips Jitu Membeli Anjing
  • Tips Pintar Mengatasi Akal-Akalan Montir Bengkel

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner