Feb
13th

Tips Mudah Membiasakan Diri Menabung

Feb 13th, 2009 | By | Category: Tips Keuangan

“Saya ingin sekali menabung, tetapi kebutuhan saya banyak sekali. Uang saya habis terus tiap bulan. Apalagi harga-harga kebutuhan naik terus..”. Ungkapan tersebut kadang akrab di telinga Anda atau mungkin Anda ingin sekali bisa menabung, tetapi dalam praktiknya, hal itu sulit dilakukan. Apakah Anda termasuk orang yang seperti itu? Selalu kehabisan uang di akhir bulan sehingga tidak bisa menabung? Jangan berkecil hati. Semua orang hampir pasti mengalaminya. Menabung secara rutin, seringkali dilakukan untuk berbagai macam tujuan. Dengan menyisihkan uang Anda secara rutin, maka uang yang terkumpul tersebut bisa sangat bermanfaat. Berikut ini adalah Tips menabung dengan mudah yang dapat membantu Anda menyimpan uang dengan lebih baik:

1. Pay Your Self First. Kalau selama ini Anda selalu berbelanja dulu dan tak sempat menabung, kenapa sekarang Anda tidak membalik proses itu? Mulailah dengan menyisihkan 1/3 gaji Anda untuk tabungan sebelum Anda membayar kebutuhan lainnya. Bila itu Anda lakukan secara rutin dan disiplin, maka setelah setahun, Anda sudah akan memiliki simpanan dalam jumlah besar.

2. Jadikan Tabungan Sebagai Pos Pengeluaran. Masukkan pos tabungan ke dalam pos pengeluaranrutin tiap bulan. Anggaplah menabung sebagai pengeluaran rutin Anda sama dengan membayar cicilan hutang atau biaya rumah tangga lainnya, seperti tagihan listrik, PAM, makanan, transportasi dan lainnya.

3. Jangan Remehkan Uang Receh. jangan pernah membayar dengan uang logam. Berbelanjalahhanya denganuang kertas saja. JIka Anda dapat kembalikan uang logam, masukanlah uang logam tersebut ke dalam celengan (celengan ayam atau kaleng). Jangan dibuka sebelum penuh, jika sudah penuh masukanlan ke dalam rekening Anda di Bank.

4. Naikkan Setoran Tabungan Setiap Kali Penghasilan Naik. Setiap kali Anda mendapat uang lebih seperti bonu tahunan atau THR maka sisihkanlah terlebih dahulu untuk menambah tabungan Anda. Begitu juga jika gaji Anda naik maka naikkan juga jumlah setoran rutin tabungan Anda.

5. Miliki Rekening Khusus Tabungan. Sebuah keluarga sebaiknya memiliki satu rekening khusus yang digunakan untuk membiyayai pos-pos pengeluaran keluarga terpisah dari rekening pribadi. Sedangkan rekening khusus tabungan sebaiknya juga dibuat terpisah agar akumulasi dana yang terkumpul untuk tujuan keuangan yang ingin dicapai, tidak terpakai untuk pengeluaran lain.



Related Post


  • Tips Mengenal 6 Alasan Utama Malas Menabung
  • Tips Jitu Mengurangi Jajan Anak
  • Tips Cerdas Mengenal 7 Kesalahan Mengelola Uang
  • Tips Cermat Bagaimana Mempersiapkan Dana Pensiun
  • Tips Jitu Shopping Sambil Menabung

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner