Feb
1st

Anda sering terlibat konflik dan perdebatan dengan pasangan? Atau bahkan perkawinan Anda sedang di ujung tanduk? Komunikasi sering disebut sebagai kunci dalam mengatasinya. Namun, apa yang harus Anda komunikasikan, apabila awal kemunikasi Anda justru merupakan awal konflik Anda. Mungkin Anda harus lebih banyak belajar tentang cara wanita ‘berbicara’. Brian Klemmer, pengarang buku The Compassionate Samurai : Being Extraordinary in An Ordinary World, menggambarkan kepribadian orang yang berlainan dengan rincian sebagai berikut: 1) Pengatur dengan ciri: orientasi pada hasil, bisa jadi sangat keras dan ingin selalu memegang kendali. 2) Analis dengan ciri: Berpikir secara terstruktur, termotivasi oleh alasan yang logis. 3) Promotor dengan ciri: terbuka, bosan dengan hal-hal rutin, spontas dan kadang sulit berkonsentrasi. 4) Pendukung dengan ciri: Bergaya informal, termotivasi pertemanan, susah berkata tidak, menerima sesuatu dengan mudah. Setelah keempat kepribadian tersebut Anda pahami, Anda akan bisa mengurangi konflik yang terjadi antara Anda dengan pasangan Anda, seperti:

1. Bicara Dengan ‘Bahasanya’. Jika istri Anda seorang analis, bicaralah dengan lambat/pelan dan berikan semua faktanya. Jika ia seorang pendukung, ia akan senang jika diajak bicara tentang teman atau keluarganya. Jika ia seorang promotor, maka cobalah sekali waktu untuk berdiskusi sesuatu hal yang bersifat breakthrough dalam hidup Anda, atau ajaklah ia untuk keluar dari zona nyaman Anda berdua (think out of the box). Sedangkan si pengatur selalu menginginkan yang terbaik (fokus pada hasil), uang serta kekuasaan selalu menarik bagi mereka.

2. Konflik? Tenang Saja. Kepribadian yang bertolak belakang dari itu, akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi karena masing-masing termotivasi oleh hal yang berbeda (misalnya si pendukung tidak suka berkonfrontasi, si pengatur tidak bisa bertoleransi dengan orang plin-plan, dsb). Cobalah untuk mengingat-ingat konflik yang pernah terjadi diantara Anda dan pasangan, dan sesuaikan penanganannya.

3. Cobalah Kepribadian Baru. Bermain peran dapat memberi ruang yag lebih luas bagi Anda dan pasangan untuk keluar sejenak dari kebiasaan Anda. Misalnya, jika Anda seorang analis, satu waktu ketika hendak memesan makanan di restoran, targetkan diri Anda untuk dapat membuat keputusan pesanan menu makanan kurang dari 1 detik (tidak terlalu lama menganalisa menu makanan yang harus Anda pilih). Hal ini tentu saja akan membuat hari-hari Anda lebih menarik, karena Anda akan memperoleh ‘sesuat’ yang beda dari biasanya.

4. Berani Berkompromi. Anda mungkin seorang pengatur, tapi ada cara yang lain lebih baik untuk mendapatkan sesuatu dengan mencoba mengatur dan mengendalikan percakapan, misalnya dengan sekali waktu menjadi pendengar yang baik.



Related Post


  • Tips Jitu Solusi Mengatasi Pacar Benalu
  • Tips Jitu Memijat Pasangan Laki-laki Anda
  • Tips Jitu Mengontrol Amarah Saat Bertengkar
  • Tips Jitu Mengatasi Menangis Di Kantor
  • Tips Mencegah Konflik dgn Pasangan Selama Berlibur

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner