Jan
19th

Tips Jitu Mendapat Beasiswa

Jan 19th, 2009 | By | Category: Tips Karir

Semakin tingginya biaya pendidikan dewasa ini, membuat Anda harus mencoba alternatif solusi untuk terus melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya. Ada banyak cara yang dapat Anda tempuh, diantaranya adalah dengan mendapatkan beasiswa pendidikan, baik di dalam maupun luar negeri. Berikut ini adalah Tips jitu agar Anda dapat mencari dan mendapatkan beasiswa pendidikan dengan mudah:

1. Program beasiswa bertaburan dimana-mana. Anda hanya perlu mendapatkannya dari informasi melalui: a) Media Cetak. Sering-seringlah membaca serat kabar harian karena institusi dan kedutaan besar memasang pemberitahuannya di tempat tersebut. Kebanyakan beasiswa yang ditawarkan memang untuk jenjang magister (S2), namun yang S1 pun ada. Jadi, jika Anda masih menempuh diploma atau strata 1, Anda bisa pindah ke kampus tersebut. “Setelah kuliah 2 semester di Fakultas Kedokteran UGM, aku dipanggil Nanyang University, Singapura. Ternyata aku diterima berdasarkan nilai SMA.” kata Yuni Irawan (30), alumnus. b) Mailing List. Tentunya yang berhubungan dengan beasiswa misalnya milis alumni, beasiswa, komunitas dan hobi. c) Rektorat Atau Dekanat. Ini bukanlah tepat angker, melainkan rumah beasiswa yang menanti inisiatif Anda. “Ketika daftar ulang, aku iseng tanya ke bagian Kemahasiswaan di dekanat apa ada beasiswa. Ternyata banyak dan informasi ini tidak banyak diketahui mahasiswa.” kata Yudi (22) Mahasiswa Universitas Indonesia. d) Perusahaan-perusahaan besar. Pemerintah Indonesia mengaharuskan perusahaan-perusahaan besarmelaksanakan CSR (Corporate Social Responsibility) yaitu mengembangkan potensi komunitas/masyarakat. Salah satu wujudnya dalah dengan pemberian program beasiswa. e) Pusat-pusat kebudayaan Asing. Ini “Gudang beasiswa Senang-senang”. Maksudnya belajar sambil tamasya. Misalnya pusat kebudayaan Rusia mengadakan lomba deklarasi mengenang 250 tahun penyair AS Pushkin dengan hadih beasiswa belajar bahasa selama seminggu. Baru-baru ini Pusat Kebudayaan Prancis mengadakan lomba yang sejenis. Pemenangnya jalan-jalan ke Prancis.

2. Pilih program beasiswa yang sesuai dengan kondisi Anda. Perhatikan setiap poin persyaratan yang diminta. Jangan ragu untuk bertanya kepada institusi pendidikan pemberi beasiswa tersebut jika ada hal yang tidak Anda mengerti. Hal ini meminimalisasi kesalahan dalam aplikasi yang Anda kirim.

3. Periksa kembali nilai TOEFL atau IELTS Anda. Perlu diketahui bahwa setiap negara memiliki standar nilai TOEFL yang berbeda-beda bagi mahasiswa internasional. Jika kamu berminat masuk jurusan bisnis, jangan lupa menyiapkan nilai GMAT (Graduate Management Administration Test), yaitu tes yang menentukan sejauh mana pengetahuan ilmu manajemen dan bisnis Anda.

4. Sebelum melamar beasiswa, usahakan untuk mendapatkan acceptance letter dari universitas yang Anda tuju. Biasanya surat penerimaan tersebut akan memudahkan untuk mendapatkan kesempatan loos seleksi beasiswa.

5. Jalin terus komunikasi dengan pihak dosen atau universitas yang menjadi pilihan Anda. Percaya atau tidak, banyak kesempatan yang datang begitu Anda sudah ‘dekat’ dengan pihak universitas. Mereka bahkan akan merekomendasikan Anda untuk menjadi kandidat penerima beasiswa.

6. Mintalah rekomendasi dari dosen atau atasan Anda jauh sebelum tanggal deadline yang sudah ditentukan. Hal ini untuk mengantisipasi kesulitan Anda dalam mengejar dosen-dosen yang super sibuk.

7. ‘Jual Diri’ dalam sesi interview memang wajib tapi jangan berlebihan. Tunjukan keseriusan Anda dengan menjawab jujur semua pertanyaan yang diajukan. Jangan lupa memeprhatika cara Anda berbicara dengan penulis. Karena terlalu mengembar-gemporkan diri mengesankan Anda sombong.

8. Periksa kembali seluruh aplikasi beasiswa sebelum Anda kirim. Terutama dokumen-dokumen seperti: transkrip akademik, esai, referensi dan lain-lain. Periksa juga ejaan bahasa dalam aplikasi Anda, karena satu saja kesalahan ejaan, bisa membuat Anda tersingkir.



Related Post


  • Tips Praktis Meraih Beasiswa Ke Amerika Serikat
  • Tips Jitu Mengatasi Menangis Di Kantor
  • Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Baru
  • Tips Jitu Solusi Mengatasi Pacar Benalu
  • 10 Tips Cermat Memilih Universitas Di Luar Negeri

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner