Mengkomunikasikan apa yang Anda mau dan “menangkap” apa yang orang lain kehendaki dari Anda atas suatu pekerjaan, merupakan modal dasar dalam karir. Berkomunikasi yang tepat dapat diperlajari dengan cara menguasai 4 tahap berikut ini:

1. Tekanan Dan Ekspresi. Modal berkomunikasi adalah suara. Dengan suara yang berintonasi baik, jelas, dinamis, bertempo yang tepat dan dijeda dengan baik. Anda dapat mengutarakan maksud atau ide dengan efektif. Selain itu, latihlan ekspresi untuk menunjang komunikasi verbal.

2. Kekuatan Kata-kata. Akan lebih baik kalau Anda sendiri merasa nyaman dengan kata-kata yang diucapkan. Rasa percaya yang Anda ungkapkan lewat kata-kata yang maknanya kuat bagi diri sendiri, akan mudah ditangkap oleh lawan bicara Anda.

3. Percakapan. Keahlian berkomunikas dapat ditunjukan dengan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh lawan bicara. Konsep-konsep yang penting dan berbobot dapat diungkapkan dengan kata-kata yang sederhana. Di sinilah, keindahan dari kesederhanaan dapat dipancarkan.

4. Pendengar Yang Aktif. Dengarkan apa yang diungkapkan lawan bicara dengan baik dan tampilkan bahwa Anda benar-benar tertarik. Anda juga harus mengetahui, kapan waktunya harus bicara, kapan mesti diam dan kapan waktunya Anda harus menyela percakapan. Semuanya ini dapat diraih bila Anda memberikan perhatian yang cukup, bersikap sensitif dan menunjukan rasa simpati.



Related Post


  • Tips Lancar Berkomunikasi Ketika Berpergian ke Luar Negeri
  • Tips Cerdas Mengajarkan Anak Dua Bahasa
  • Tips Menguasai Spesifikasi Dasar Kamera Digital
  • Tips Memprediksi Tren Peluang Profesi Cerah sampai 5 Tahun Mendatang
  • Tips Sukses Jadi Seseorang Karismatik & Wibawa

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner