Dec
10th

Memilih mainan untuk bayi kadang cukup merepotkan bagi orang tua. Ada banyak mainan berderet di rak mainan tapi Anda tak tahu benar mana yang pas untuk bayi Anda. Bukankah lebih mudah bagi Anda bila bayi bisa mengarahkan telunjuknya pada mainan yang dimauinya? Tentu tidak mungkin terjadi, bukan? Sebab dia masih belum dapat berkomunikasi. Berikut ini adalah tips yang akan membantu Anda dalam memilih mainan terbaik untuk bayi Anda:

1. Utamakan Keselamatan. a) Apapun yang bisa dipegang oleh tangan bayi pasti akan berakhir di mulutnya. Maka pastikan mainan tidak mengandung bagian-bagian kecil yang dapat tertelan oleh bayi. b) Setelah itu pastikan warna mainan tidak mengandung zat-zat beracun yang membahayakan bayi. c) Mainan bayi seharusnya tidak mudah rusak/pecah. Karena mainan yang pecah dapat meninggalkan potongan-potongan tajam yang bisa melukai bayi Anda, atau bahkan mungkin mencelakai Anda.

2. Merangsang Otak Bayi. Banyak mainan dibuat dengan tujuan membantu bayi Anda dalam mengenali kata-kata dan binatang, mendorong bayi menggunakan koordinasi, merangsang pemahaman sebab-akibat dan kemampuan berpikir kritis. Pilihlah mainan yang akanmembantu bayi belajar dan mendorong otaknya bekembang.

3. Tempat bermain. Di mana bayi Anda menggunakan mainan tersebut? Ada saatnya dalam kehidupannya, bayi Anda membutuhkan beragam luas mainan dan permainan. Di ruang tamu rumah Anda bisa meletakan sebagian besar mainan, baik kecil maupun besar, berbagai bentuk dan ukuran. Ketika anak Anda sudah bisa bermain di kamar mand, Anda harus memberikan mainan di air agar dia tetap terhibur saat mandi. Karena jika dia bisa menikmati proses mandinya, dia akan belajar mencitai mandinya sehingga pada akhirnya akan memudahkan tugas-tugas Anda. Ada mainan-mainan yang didesain untuk dimainkan di dalam mobil dan dibawa pergi untuk membuatnya teteap nyaman dan senang, tak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga seluruh keluarga.

4. Mainan Dari Benda Di Sekitarnya. Anda tak harus selalu membeli untuk mendapatkan mainan bagi bayi Anda. Bayi dapat terhiburoleh benda-benda yang ada di sekitar rumah. Gelas dan piring plastik yang sudah tak terpakai bisa menghibur bayi Anda berjam-jam. Panci, mangkok dan sendok kayu bisa membuatnya menciptakan ‘kegaduhan’ sendiri dan membuat dirinya sendiri terhubur. Atau Anda juga dapat memanfaatkan kaos-kaos tak terpakai untuk dibuat tambang, lalu bermainlah tarik tambang dengan dia.



Related Post


  • Tips Mudah Mengatasi Bayi Takut Mandi
  • Tips Mempertajam Sensorik Si Kecil
  • Tips Jitu Memilih Pakaian Untuk Bayi
  • Tips Mudah Menggendong Bayi
  • Tips Mengukur Kecukupan ASI untuk Bayi Anda

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner