Dec
6th

Di era teknologi sekarang ini, semakin banyak pilihan baru bagi Anda untuk mencari pendamping hidup, diantaranya adalah melalui kencan online. Banyak situs-situ besar telah memfasilitasi hal tersebut, seperti Instant Messanger (IM) dari Yahoo! atau IM gratisan seperti ICQ (www.icq.com). Andapun dapat mendaftarkan diri ke situs mak comblang seperti Match.com atau Yahoo!Personal. Pada situs-situs semacam ini Anda harus mendaftarkan diri terlebih dulu dengan cara mengisi formulir secara online. Data yang diisikan biasanya berupa alamat e-mail, nama, usia dsb. Sayangnya jika Anda ingin memanfaatkan situs pencari jodoh ini secara maksimal, ada biaya yang haus Anda keluarkan. Alternatif lain yang dapat dipilih adalah bergabung dengan situs kuminitas gratis seperti friendster atau facebook. Namun mekanisme pencarian jodoh melalui internet juga menyimpan beberapa kekurangan, diantaranya adalah seseorang bisa menyembunyikan identitas diri yang sebenarnya, maka akan ada kemungkinan munculnya tindakan-tindakan yang tak bertanggung jawab. Untuk itu berikut ini adalah tips aman mencari jodoh melalui internet:

1. Simpan Informasi Pribadi. Sebelum segalanya jelas dan pasti bagi Andaa, usahakan menyimpan rapat-rapt informasi pribadi tentang diri Anda, seperti tempat Anda bekerja, alamat tempat tinggal, nomor telepon atau informasi lain yang dapat dipergunakan untuk menelusuri Anda. Hal ini akan ‘mengamankan’ Anda dari hal-hal negatif yang (mungkin saja) dilakukan seseorang -yang tidak Anda kehendaki, misalnya seperti teror telepon, pengiriman barang-barang tidak senonoh, atau bahkan membuntuti Anda.

2. Bertanyalah Sebanyak Mungkin. Semakin banyak Anda bertanya, semakin banyak pula info yang Anda dapat tentang kenalan baru Anda. Yang terpenting, perhatikan jawaban-jawaban yang ia berikan.

3. Bersikap Jujur. Kalau Anda tidak mau membohongi, maka jangan berbohong. Ceritakan dengan jujur informasi-infromasi tertentu dengan jujur, seperti nama asli, usia, jenis kelamin atau kota tempat Anda tinggal.

4. Pilah Informasi Yang Diberikan. Sejalan dengan poin 1 dan 3, walau Anda harus jujur, jangan memberikan informasi yang memungkinkan kenalan baru Anda memiliki akses secara fisik dengan Anda. Berikan informasi ‘tertentu’ tersebut setelah Anda yakin kenalan baru Anda bisa dipercaya.

5. Gunakan Telepon. Untuk mengenal kenalan baru Anda lebih jauh, lakukan pembicaraan lewat telepon. Dengan berbicara, mendengar suara, kata-kata, topik pembicaraan dan intonasi secara langsung, Anda dapat menilai seseorang yang baru Anda kenal dengan lebih baik

6. Percayai Intuisi Anda. Setelah beberapa kali mengobrol lewat internet (chatting) dan telepon, Anda mungkin telah memiliki sedikit gambaran tentang kenalan baru Anda. Jika merasakan sesuatu yang tidak beres dengan orang tersebut, percayai perasaan tersebut. Sebaliknya, apabila Anda merasakan postif-chemistry dengan seseorang tersebut, maka percayai perasaan tersebut. Mana yang lebih kuat.

7. Lakukan Pertemuan Yang Aman. Jika Anda sudah yakin bahwa seseorang tersebut baik-baik saja, Anda boleh janjian bertemu secara langsung, Lakukan kencan pertama tersebut di tempat netral, seperti restoran atau mal, dan jangan meminta ia menjemput Anda di tempat kerja atau tempat tinggal Anda. Jika Anda masih merasa kurang sreg, ajaklah teman baik Anda menemani Anda.



Related Post


  • Tips Aman Transaksi Online Dgn Internet Banking
  • Tips Cepat Memperoleh Informasi Lowongan Kerja
  • Tips Aman Belanja Obat di Internet
  • Tips Mengamankan Anak Dari “Ancaman Internet”
  • Tips Mudah Menggaet Kenalan Baru

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner